Memahami Mushaf KDZA


Beberapa bulan ini, secara berkala Lanterha/Hikmatul Iman Watch (HIW) mengeluarkan 10 jilid kumpulan diskusi murid HI yang diberi judul Mushaf KDZA Grazdavoda Drentaga. Artikel ini akan membantu Anda untuk memahami Mushaf KDZA, mulai dari sumber hingga isinya.

Sumber Data

Mushaf KDZA diperoleh admin HIW dari mantan Pengawas dan Pengendali (wasdal) Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) yang kini berubah nama menjadi Lanterha the Lemurian Meditation (LtLM), Sigid Triasworo.

sigid-triasworo-mantan-wasdal-hikmatul-iman
Sigid Triasworo, mantan wasdal LSBD HI.

Sigid Triasworo memperolehnya dari Dedi Misbah, mantan Pelatih LSBD HI dan kini Sekretaris Umum di Lanterha.

File Sumber Mushaf KDZA

Data Mushaf KDZA berasal dari kiriman email Dedi Misbah ke Sigid Triasworo berjudul Fw: catatan Jilid 4 pada tanggal 12 Januari 2016, pukul 16:32.

bukti-screenshot-email-sigid-dedi-misbah-mushaf-kdza
Bukti screenshot kiriman file dari Dedi Misbah (Pelatih LSBD HI) ke Sigid Triasworo (Wasdal LSBD HI).

Dalam email tersebut, Dedi Misbah menyertakan file berjudul KUMPULAN MATERI CATATAN BBG LSBD HI KE-4 dalam format doc.x dengan total isinya 1.308 halaman.

Maka, sumber mushaf KDZA adalah Dedi Misbah > Sigid Triasworo > Admin HIW.

Bagi yang menginginkan bukti berupa file dalam email asli, silakan hubungi kami. Kami akan forward-kan email Dedi Misbah ke email Anda.

Isi File Kiriman Dedi Misbah

Dedi Misbah adalah orang dekat Dicky Zainal Arifin (DZA), Guru Utama Lanterha. Dedi Misbah aktif mendokumentasikan semua diskusi yang terjadi antara DZA dan para murid.

Sebagaimana dinyatakan di halaman terakhir dokumen KUMPULAN MATERI CATATAN BBG LSBD HI KE-4.docx, yaitu halaman 1.308, dokumen ini berisi kumpulan catatan yang bersumber dari DZA.

PUDYA SADYANA KAWAZA.

Alhamdulillah,

Kumpulan catatan atau note atau “mushaf” yang bersumber dari KDZA GRAZDAVODA DRENTAGA berhasil saya susun.

Terima kasih kepada Mbap yang berkenan berbagi ilmu dan terus menerus membimbing kami. Terima kasih pada jajaran WPUPAP dan segenap anggota HI serta partisipan HI. Khususnya pada Kang Gunadi, Kang Yoli, Mang Jejep “Jack Napier”, Kang Teguh LENTHRAKA, dan Kang Fahmi yang berkenan berbagi file.

Disusun di LEMURIAN Prapanca & Cipete – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12 Januari 2016. [ Dedi Misbah]

KUMPULAN MATERI CATATAN BBG LSBD HI KE-4, hal 1.308

Proses Editing Mushaf KDZA

Di bawah adalah tampilan file kiriman Dedi Misbah. Terlihat bahwa dokumen ini sulit sekali dibaca. Tidak ada daftar isi, judul, atau sub judul. Bahkan nomor halaman pun tidak ada. Isinya hanya hasil copy paste dari diskusi DZA dan muridnya di berbagai forum (di antaranya WhatsApp, Grup BBM, dan Facebook).

editing-mushaf-kdza
Editing file sumber Mushaf KDZA.

Untuk mempermudah pengkajian paham diduga menyimpang DZA oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat dan Polda, maka tim HIW mengedit dokumen ini tanpa mengubah substansi isinya.

Layout dan Perbaikan Minor

Layout teks dibuat dua kolom sehingga bisa menghemat jumlah halaman. Hasil akhirnya, total halaman Mushaf KDZA menjadi 847 halaman dari asalnya 1.308 halaman. Isi teks tetap sama, hanya tampil dalam layout yang berbeda. Sebagian diskusi muncul berulang kali sehingga kami menghapusnya. Kami juga menambahkan catatan kaki untuk memperjelas istilah asing yang digunakan dalam diskusi mereka. Kesalahan penulisan yang mengganggu seperti penambahan spasi sebelum koma atau spasi ganda (misalnya Budi , Wati , dan  Susi) kami perbaiki (menjadi Budi, Wati, dan Susi).

editing-mushaf-kdza-1
Teks ditulis dalam dua kolom.

Kami juga menambahkan judul tema diskusi dan rangkuman isi catatan. Judul dan rangkuman ini kami tulis dalam font khusus sehingga bisa dibedakan dari teks asli.

editing-mushaf-kdza-2
Ditambahkan tema diskusi, ringkasan, dan highlight pada teks-teks penting.

Pembagian Ke Dalam 10 Jilid

Agar Mushaf KDZA terasa lebih ringan, kami membaginya ke dalam 10 jilid. Pembagian ini dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah halaman dan tema diskusi. Setiap jilid rata-rata berisi 80 halaman. Tema diskusi diupayakan agar tidak terpotong ke dalam jilid yang terpisah.

mushaf-KDZA
Mushaf KDZA GRAZDAVODA DRENTAGA

Secara bertahap, setiap jilid file ini kami publikasikan di blog HIW untuk bahan kajian bagi pihak-pihak yang ingin mempelajari langsung paham diduga menyimpang Dicky Zainal Arifin yang beredar di Lanterha.

Intinya….

Kami menyediakan semua data, baik data asli berupa email dari Dedi Misbah, file dalam format file word kiriman Dedi Misbah, versi Mushaf KDZA yang telah kami rapikan, dan juga ringkasannya. Semua bersumber dari data yang sama namun dengan tambahan untuk mempermudah semua pihak.

  1. Resume Mushaf KDZA (PDF, 54 Halaman)
  2. Mushaf KDZA (PDF, 847 Halaman)
  3. KUMPULAN MATERI CATATAN BBG LSBD HI KE-4 (PDF, 1308 Halaman)
  4. kumpulan-materi-catatan-bbg-lsbd-hi-ke-4.docx (File mentah, format docx dari Dedi Misbah, 1308 Halaman)

Jika Anda ingin ringkas, silakan baca resume yang tersedia. Ingin lebih lengkap, baca Mushaf KDZA. Ingin dalam format aslinya, tanpa nomor halaman dan tanpa penjelasan, silakan baca dalam format word-nya.

Jika ingin langsung dari sumbernya, silakan minta ke Dedi Misbah melalui email dedimisbah[et]yahoo.com.

 

 

Iklan

2 thoughts on “Memahami Mushaf KDZA”

  1. alhamdulillah hiw punya banyak bukti untuk memblok tuduhan mereka tentang “fitnah” dan “edit sana sini….” mudah2an banyak anggota kembali ke jalan yang benar…

    1. Kami mempersilakan Dicky Zainal Arifin dan para pendukungnya untuk membantah data yang ada. Jika mau, silakan kirimkan ke kami. Kami akan memuatnya secara utuh sebagai hak jawab pihak Dicky Zainal Arifin dan pendukungnya.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s