Sekum MUI Jabar Bahas Paham Menyimpang LSBD HI/Lanterha


Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat, KH. Rafani Akhyar, M.Si, pada tanggal 6 Juni 2016 menerima para pelapor paham menyimpang Dicky Zainal Arifin, Guru Utama Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) yang sekarang sudah berubah nama menjadi Lanterha the Lemurian Meditation.

Koordinator Mantan Wasdal yang juga mantan Ketua LSBD HI, Jehan Hidayat, memberikan berkas permintaan fatwa pada MUI.
Koordinator Mantan Wasdal yang juga mantan Ketua LSBD HI, Jehan Hidayat, memberikan berkas permintaan fatwa pada MUI.

Para pelapor terdiri dari jajaran mantan Pengawas dan Pengendali LSBD HI yang merupakan murid angkatan pertama dan juga pendiri ranting dan cabang LSBD HI di berbagai daerah, termasuk di Sumatera, Banjar, dan Jakarta. Bersama mereka, datang juga mantan Pelatih Utama, mantan Pelatih, dan mantan Asisten Pelatih LSBD HI. Pelaporan ini juga dikuatkan oleh pemilik situs hikmatulimanwatch.org yang telah mengamati pergerakan paham LSBD HI sejak 2011, pelajar MAN 1 Cijerah yang merasa resah dengan keberadaan LSBD HI sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, dan juga masyarakat umum yang merasa ikut terpanggil untuk bergerak. Hadir juga Ustadz Taryana Iskandar dari Pembela Ahlu Sunnah (PAS) Jabar, Ustadz Ahmad Dion dari Gerakan Reformis Islam (GARIS) Bandung, dan beberapa media cetak.

Di antara paham menyimpang yang mereka sebarkan adalah 60% isi Al-Qur’an saat ini palsu, ajaran Ritual Sholat Tanpa Bacaan (RSTB), dan kisah khayalah para nabi versi sains fiksi, misalnya dengan menyatakan Nabi Adam sedang berkeliling galaksi menggunakan pesawat raksasa dan Nabi Muhammad adalah penguasa teknologi Bangsa Lemurian dengan tenaga dalam lebih dari 100%.

Ustadz Rafani menyatakan bahwa berdasarkan laporan, paham ini sudah jelas kesesatannya dan bahkan sudah bisa masuk kategori penistaan agama. Paham ini akan segera dikaji di MUI Jabar sehingga dapat menghasilkan fatwa pernyataan sesat. Beliau juga menyarankan pelapor untuk melaporkan Dicky Zainal Arifin ke Kepolisian Daerah Jawa Barat dengan dugaan penistaan agama.

KH. Rafani Akhyar, M.Si, Sekum MUI Jabar.
KH. Rafani Akhyar, M.Si, Sekum MUI Jabar.

Dari data awal yang sudah ada, ajaran menyimpang ini dipastikan oleh Ustadz Rafani sebagai ajaran yang mengancam akidah umat. Dari sepuluh kriteria aliran sesat versi MUI, setidaknya ada dua poin yang dipenuhi, yaitu:

  1. Mengingkari keaslian isi Alquran
  2. Menafsirkan Al-Quran tanpa berdasarkan pada kaidah-kaidah tafsir.

Jehan Hidayat, mantan wasdal dan Ketua Umum LSBD HI terakhir, juga menyatakan kekhawatirannya karena pihak LSBD HI sudah memiliki akses ke sekolah dan kampus. Rian Irawan Hariadi, mantan murid dekat Guru Utama LSBD HI, menceritakan bahwa saat ini para anggota fanatik menyamakan Lanterha dengan Bahtera Nabi Nuh sebagai penyelamat mereka. Mohamad Jepri, pendiri situs hikmatulimanwatch.org, menceritakan bahwa ajaran RSTB sudah cukup lama meresahkan, bahkan di akhir tahun 2015 ada beberapa anggota LSBD HI di Banjar yang keluar dari keanggotaannya.

Terakhir, Ustadz Rafani memberikan pesan pada semua orang yang masih bergabung dengan Lanterha the Lemurian Meditation dan masih mendukung paham menyimpang Dicky Zainal Arifin untuk segera keluar dan kembali ke ajaran agama yang benar sesuai dengan penjelasan para ulama terpercaya.

Publikasi di media massa:

  1. Pikiran Rakyat: Dinyatakan Sesat, Hikmatul Iman Masih Jalankan Kegiatan
  2. Pikiran Rakyat: Hikmatul Iman: Kami Sedang Diadu Domba
  3. Percikan Iman: Puluhan Mantan Anggota HI Datangi MUI Jabar Laporkan Penyimpangan Ajaran Pendirinya
  4. Percikan Iman: LSBD Hikmatul Iman Bantah Ajarkan Paham Menyimpang Dari Islam
Anggota masyarakat yang resah dengan keberadaan paham diduga menyimpang ini ikut hadir.
Anggota masyarakat yang resah dengan keberadaan paham diduga menyimpang ini ikut hadir.
Audiensi ini dihadiri mantan wasdal dan murid dekat Dicky Zainal Arifin, Guru Utama LSBD HI/Lanterha the Lemurian Meditation.
Audiensi ini dihadiri mantan wasdal dan murid dekat Dicky Zainal Arifin, Guru Utama LSBD HI/Lanterha the Lemurian Meditation.
Audiesi para mantan wasdal, mantan HI, HIW, dan masyarakat ke MUI Jabar.
Audiesi para mantan wasdal, mantan HI, HIW, dan masyarakat ke MUI Jabar.
Iklan

27 thoughts on “Sekum MUI Jabar Bahas Paham Menyimpang LSBD HI/Lanterha”

  1. Itu yg mana mantan wasdal yg mana mantan murid ….
    Konsep ketuhanan nya kalo d resapi mirip kaya orang2 filsafat yah jadinya, jd memikirkan terus menerus n jawbannya th harus selogika mungkin, sya pikir jd pusing juga sih klo gt dan juga konsep ketuhanannya th jd bedasarkan energi dan teknologi yaaa …. jd pusing juga, oh iya saya mau tabayun juga : apa iya para wasdal itu keluar karena mereka barisan sakit hati yg kecewa karena setelah lama ikut hi mereka tidak ikut menjadi sejahtera seperti kang dicky ? Begitukah ? Klo yg saya tau kang yudi th bisa levitasi yah benarkah ? N kang sigid katanya jago mata batin nya .. ?? …. mudah2n allah membuka mata hati kita semua … amin

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s