Tafsir Khamr versi Dicky Zainal Arifin


Hikmatul Iman dari depan terlihat sebagai bela diri. Sebenarnya, ini hanyalah kedok karena dalam prakteknya mereka juga aktif membahas pemahaman agama. Selain membahas masalah aqidah berdasarkan pemahaman tunggal Guru Utamanya, mereka juga membahas masalah fiqih yang murni bersumber dari ra’yu (akal) semata, tanpa merasa perlu untuk merujuk pada dalil dan pembahasan dari ulama terpercahaya. Salah satunya bahasan tentang khamr.

Dalam komentarnya di Facebook, Dicky Zainal Arifin, Guru Utama Hikmatul Iman, menyatakan bahwa apapun bisa jadi khamar kalau sudah berlebihan dan jadi mabuk. Diungkapkan muridnya, Dicky ZA pernah menyatakan bahwa khamar adalah perbuatan berlebihan. Salah satu pelatih Hikmatul Iman juga menyatakan bahwa rokok adalah khamar.

Definisi khamar menurut Dicky Zainal Arifin.
Definisi khamar menurut Dicky Zainal Arifin.

Risti Dicky Zainal Arifin
Betul , jadi jangan dipersempit yang namanya Khamar itu dengan hanya zat nya saja , karena apapun bisa jadi khamar kalau sudah berlebihan dan jadi mabuk
Suka · 3 · 3 Mei 2010

Dicky Zainal Arifin menyatakan khamar adalah perbuatan berlebihan.
Dicky Zainal Arifin menyatakan khamar adalah perbuatan berlebihan.

Gani Kurnia
Dulu pernah denger KD Ceramah, jadi Khamar itu istilah perbuatan yg kurang bermanfaat dan berlebih-lebihan, yang termotivasi dari tindakan lari dari kenyataan. Ini juga berlaku untuk Sabu, seperti kita tahu sabu itu tidak memabukkan tapi menyegarkan. Minuman alkohol itu pahit di lidah, jadi memang secara logika tidak mungkin kita menyukai yang pahit2, kecuali kita memang niat untuk “Mabuk”.
Suka · 4 Mei 2010

Khamar adalah segala sesuatu yangmerusak otak dan fungsi kesadaran manusia.
Khamar adalah segala sesuatu yangmerusak otak dan fungsi kesadaran manusia.

Ades Urang Lemur
jadi ada cara sederhana ga buat menjelaskan tentang khamr kepada yang awam, bahwa khamr itu bukan arak dan sejenisnya? mengingat mereka berpikiran sempit tentang khamr,,mohon petunjuk
Suka · 3 Maret 2012
Kang Tedi Teh Eli
kang ades, sederhananya Khamar arti segala sesuatu yang memabukan. sedang mabuk adalah hal-hal yang merusak otak dan fungsi kesadaran manusia. Mabuk biasanya pada hal2 yang menyenangkan. baik ada sesuatu nyata atau abstrak.
Suka · 3 Maret 2012
Ades Urang Lemur
nuhun penjlasanya kang tedi
Suka · 4 Maret 2012
Kang Tedi Teh Eli
sawangsulna.

Pelatih Hikmatul Iman: Rokok termasuk khamr.
Pelatih Hikmatul Iman: Rokok termasuk khamr.

Dedi Misbah
@Kang Teguh: udud (rokok) itu, klo saya bilang, termasuk satu diantara khamr.
Kenapa?
Karena:
1. Udud (rokok) jelas-jelas merusak dan mengandung bahan berbahaya melebihi narkoba jenis apapun.
2. Sifat merusaknya ini meliputi segi mental, pikiran, fisik, ekonomi dan sosial.
3. Udud (rokok) juga disebarluarkan sifat merusaknya melalui asap pada orang-orang di sekitar perokok tersebut, hingga perokok pasif sangat dirugikan oleh ulah perokok aktif.
Disunting · Suka · 5 · 6 jam yang lalu

Transkrip Lengkap Tafsir Khamr versi Hikmatul Iman

tafsir-khamr-versi-dicky

Kang Tedi Teh Eli menulis catatan baru: Khamar “makhluk” apakah itu?
3 Mei 2010
Al Baqarah ayat 219
يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَآ أَكْبَرُ مِن نَّفْعِهِمَا وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبيِّنُ اللّهُ لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ
Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfa’at bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfa’atnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: ” Yang lebih dari keperluan.” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,
Khamar dikenal kebanyakan orang adalah minuman keras, psikotropika atau pun narkoba. sebenarnya makna dari khamar itu sangat dalam untuk dikaji, dan kenapa ayat itu disandingkan antara Khamar dan judi.
Secara bahasa Khamar arti segala sesuatu yang memabukan. karena pengertiannya sesuatu berarti bukan hanya yang kita kenal saja. itulah yang akan coba penulis lebih dalami lagi.
untuk lebih jelasnya kita harus memahami definisi mabuk itu sendiri, mabuk adalah hal-hal yang merusak otak dan fungsi kesadaran manusia. Mabuk biasanya pada hal2 yang menyenangkan.
Seperti dibahas pada bahasan sebelumnya bahwa di otak ada hormon atau senyawa kimia yang membuat kita merasa senang yaitu DOPAMIN, Dopamin adalah salah satu sel kimia dalam otak sejenis neurotransmiter yaitu zat yang menyampaikan pesan dari satu syaraf ke syaraf yang lain, yang merupakan perantara bagi biosintesis hormon adrenalin dan noradrenalin. opamine dan Neuropinephrine hormon yang perasaan tenang dan nyaman. Hormon Neuropinephrine adalah hormon pemicu semangat, memicu aliran darah mengalir lebih cepat sehingga kita merasa lebih enerjik dan happy. Kandungan dopamin juga mengakibatkan adanya “perasaan ketagihan”, bentuk yang sama dirasakan pemadat atau pengguna obat-obatan terlarang ketika sakau atau ketagihan.
Love ‘as addictive as cocaine` begitu komentar para neuroscientist yang memang bisa dibuktikan oleh mekanisme molekuler. Diatas telah disebutkan bahwa saat jatuh cinta merupakan ulah dopamin. Begitu pula mekanisme kecanduan yang diberitakan oleh Eric J. Nestler dalam Jurnal Nature Neuroscience oktober 2005.
Beberapa jenis obat dan senyawa yang menyebabkan adiksi diantaranya ialah amfetamin, kokain, opiat, alkohol dan nikotin. Senyawa seperti kokain misalnya, dapat menyebabkan beberapa ribu kali peningkatan kadar dopamin dalam otak. Hal ini akan menyebabkan kecanduan dan perasaan ingin mendapatkan `pengalaman rasa` yang sama. Gangguan pada ketersediaan dopamin maupun jumlah reseptor dopamin akan dapat menyebabkan abnormalitas perilaku dan aktifitas gerak.
amygdala, hippocampus, hipotalamus, dan beberapa wilayah di korteks frontal. Beberapa area ini adalah bagian penting dari sistem penyimpanan memori di otak. Hal ini menghantarkan kepada pemahaman bahwa aspek-aspek penting dalam mekanisme adiksi sangat terkait dengan memori.
INTI PERTAMA, yang bisa kita ambil adalah bahwa sebenarnya bahwa efek yang membuat kecanduan dan ketagihan adalah perasaan senang dan perasaan ini adalah ulah dari hormon dopamine. sedangkan kesenangan itu sendiri memiliki makna sesuatu yang kita ingat2, sesuatu yang ingin kita ulang, sesuatu yang ingin dinikmati.
sebuah kesenangan itu akan terekam di memori kita dan cendrung di ulang, rekaman emosi atau perasaan senang itu terekam di Amigdala. dan bila sering dan terus2 dilakukan kesenangan itu maka hormon dopamine terus keluar dan semakin tidak terkendali dan cendrung tidak bisa mengendalikan diri
contohnya :
Jika anda menginginkan sebuah permen yang pernah anda rasakan sebelumnya, reward yang ditimbulkan ketika anda ingin merasakan nikmatnya pengalaman mengunyah permen tersebut juga adalah peran dopamin. Ketika manusia lapar dan melihat makanan, sel-sel dopamin akan teraktivasi. Kalau anda memakan makanan yang sangat lezat dan pada waktu yang lain anda melihatnya kembali, sel-sel dopamin anda akan teraktivasi hingga mengumpul dan menjenuh.
INTI KEDUA, sesuatu yang menyenangkan itu, bisa berupa akatifitas kita, makanan, minuman dan prilaku atau perbuatan kita. banyak orang tidak bisa menghindar dari makanan yang enak2 walaupun sudah tahu makanan itu berbahaya bagi kita, karena yang dicari adalah kesenangannya atau yang enak-enaknya buka baik atau tidaknya.
begitupun aktifitas kita seperti internetan, facebook, yang terlepas dari kita malah banyak dianatara kita perceraian gara2 hal ini.
begitu pun juga perilaku kita dalam hal ini dosa2 yang kita lakukan, karena sudah merasakan enaknya dan itu terekam di memori kita cendrung di ulang, apalagi prilaku itu dalam jangka waktu lama, maka perlu perjuangan untuk bisa berubah.
INTI KETIGA
Kadar dopamin meningkat berlebihan, perilaku kegilaan atau Schizophrenia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). abnormalitas pada schizophrenia terjadi dalam bentuk rantai panjang serta komplek yang dimulai dengan perubahan pirosin menjadi dopa, dopa menjadi dopamin, dan dopamin menjadi noradrenalin. Masing-masing mata rantai ini terjalin menggunakan enzim yang spesifik. Ketika adanya gangguan saat proses konversi kritis ini berlangsung, maka memungkinkan terbentuknya ketidakseimbangan kadar dopamine sehingga menimbulkan gangguan perilaku dan mental.
makanya tidak heran klo ada orang di mabuk cinta dan seks hilang kesadarannya bisa meninggal kan anak istrinya, bahkan ada kasus ayah yang memperkosa anaknya.
percerian karena gara keasyikan internetan dan facebook.
orang gemuk yang tidak bisa mengendalikan keinginan makan.
dosa yang susah ditinggalkan.
dan prilaku lainnya.
INTI YANG KEEMPAT
Otak adalah amanah yang perlu dijaga, karena dengan mengenal dan memahami otak, maka sisi kemanusian, fungsi rasionalitas dan kesadaran kita akan terjaga. dan tugas kita mengendalikan semua kesenagan kita agar tidak berlebihan dan masuk kategori memabukan.
Juga dijaga dari makanan, minuman serta zat-zat berbahaya yang merusak otak.
Suka·Komentari·Bagikan
Ari Uhenk dan 41 orang lainnya menyukai ini.
Dedi Misbah
Jadi khamar itu makhluk, benda mati atau sifat?
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
sifat kang ded , itu mah judul aja kang biar menarik begitu….he…he…..
Suka · 3 Mei 2010
Teh Eli Kang Tedi
FB an mlulu termasuk “khamr” n “mabuk” ya ???
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Satu diiantaranya..
Apalagi sampai melupakan kewajiban2 yg lain..
Suka · 3 Mei 2010
Sunarty Syam
Alhamdulillah,jazakallahu khairan, Wabarakallahu fikum.Insyaallah manfaat Cu2..K.Tedi.Kiriman ilmunya.Smg Allah mmberi ketabahan,dn kkuatn iman kpd Cu2 yg msih blm tuwa(yg masih aktif)…Mabuk dn kecanduan itu rupanya yg menghanyutkn kali ya Cu.,hm…Astaqfirrullah…Ma’af Cu.,klw tdk brkenan d hati..Matur suwun.Wilujeng.(mbah.p).
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Pertanyaannya: bagaimanakah hukum nya jika kita mengkonsumsi makanan/minuman/obat yang mengandung alkohol/zat adiktif ?
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
klo kita lihat semua obat2 kedokteran banyak yg mengandung zat aditif/alkohol. klo menurut saya tidak menjadi masalah, selama tidak ketergantungan klo sudah ketergantungan berati masuk kategori mabuk.
asal makanan itu tidak diperuntukan sengaja buat mabuk, sedikit atau banyaknya adalah haram.
bagaimana tape, durian juga mengadung alkohol apakah itu juga haram.
seperti dijelaskan ayat diatas bahwa khamar memiliki manfaat bagi manusia.
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
bagaiman menurut kang ded?
Suka · 3 Mei 2010
Ahmad Basyir
Subhanallah… Makasih banyak, Kang. InsyaALLAH mdanfaat banget buatku dan teman2 yang membacanya. Skalian mau tanya, gimana mengobati/mengendalikan dopamin yang sudah termemori akn meluap drastis jika terangsang pada sesuatu? Hatur nuhun?
Suka · 3 Mei 2010
Ryan Rudiansyah
mantafff
mari jadikan kecanduan/kesenangan ma kebaikan…, sehari tak memberi manfaat pada orang rasanya ada yg hilang…
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
seperti dijelaskan dalam note akang yg judulnya CINTA, HORMON CINTA.
karena setiap tubuh kita memiliki pasangan, nah hormon pasangan ini adalah serotonin, yang bisa menurunkan kadar dopamine dalam tubuh. hormon ini muncul bila perasaan kita tenang dan damai, itu artinya dalam tubuh kita ada sebuah proses dimana hormon serotonin pelan masuk kedalam darah kita.
klo lagi hebatnya2 dorongan itu, dengan mengatur nafas, tarik pelan2 dan buang nafas pelan. terus2 sampai kimia tubuh kita kembali normal. atau pergi dari kondisi lalu mandi air dingin untuk menurunkan suhu tubuh, terutama kepala.

atau sering berzikir dan istigfar juga bagus.
klo HIers bisa dengan latihan dan sering salur energi ke otak.
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Bagaimana dg dalil yg menyatakan bahwa JIKA BANYAKNYA HARAM, MAKA SEDIKITPUN TETAP HARAM?
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
seperti yg dijelaskan sebulmnya kang ded, barang atau benda yang disengajakan untuk mabuk, misalnya heroin, gaza, morpin, minuman keras. jadi sedikit atau banyaknya adalah haram.
itu pendapat saya kang, klo salah mohon dikoreksi.
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
nah itu @kang ryan itu “mabuk” benar. he…he…
Suka · 3 Mei 2010
Kang Den
sesuatu di dunia baik itu,zat adiktif,sifat,prilaku yg dpat melupakan jati diri nya sebagai manusia seutuh nya,melupakan esensi kehidupan,,berarti itu dapat masuk kategori ”KHAMAR”….karena akibat yg di timbul nya hanya kesenangan dunia belaka,,,sedangkan dunia adalah keindahan dalam sangkar sangkar perangkap syaithon…subhanalloh…..
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
betul @kang deni, maka waspadalah….waspadalah….
Suka · 3 Mei 2010
Risti Dicky Zainal Arifin
Betul , jadi jangan dipersempit yang namanya Khamar itu dengan hanya zat nya saja , karena apapun bisa jadi khamar kalau sudah berlebihan dan jadi mabuk
Suka · 3 · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
haturnuhun, comena kang.
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah

mangga dilajengkeun..
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
yeh…kang ded, he…he…., baturmah diantosan komenna
Suka · 3 Mei 2010
Setiawan Sudrajat
ternyata minum khamar itu sangat berbahaya efeknya baik dari segi fisik maupun segi mental.
Usman Bin Affan Berkata : “sesungguhnya arak adalah raja segala kejahatan”.
Jadi Arak itu sangat berbahaya untuk dikonsumsi walaupun hanya setetes air saja.
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
@Kang Tedi: note ieu sami pisan sareng artikel pribados kapungkur (th 1994) judulna ALKOHOL & KHAMAR SEBAGAI OBAT.
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
haturnuhun @kang ded.
heunteu, abdi mah bilih pendapat abdi leupat, pang leureus kang?
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Diluhur tos disimpulkeun ku Kang Dicky.
Mung kapungkur aya patarosan, naha OD & janin kedah dikeueum ku “arput”? Pan “arput” téh kalebet alkohol? Naha alkohol dijantenkeun bahan obat?
Suka · 3 Mei 2010
Roedi Soediro
nuhun kang!!!!
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
muhun eta nu jadi pemikiran abdi kapungkur kang, di bumi kan murangkalih plesnta na kan diolah ku KD setelah diteliti dari berbagai sumber, alhamdulilah saya jadi paham esensi sebenarnya khamar itu
Suka · 3 Mei 2010
Jake Napier
bukan hanya HEINEKEN..JACK DANIELS..CONTRENAU..CHATEAU DE BRAZELIAC…TQUILLA..
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Tambahan saja, mengapa alkohol digunakan sbg media obat di HI, khususnya untuk plasenta -sebetulnya digunakan juga di dunia farmasi- alasannya karena:
1. Alkohol yg digunakan adalah jenis ETANOL (ETIL ALKOHOL).
2. Alkohol berfungsi sbg media untuk mereaksikan berbagai bahan hingga bisa menjadi obat.
3. Di dalam alkohol, jasad renik (jamur, bakteri, dll) tidak akan berkembang biak.
4. Semua alkohol bersifat toksik (beracun), tetapi ETANOL tidak terlalu beracun karena tubuh dapat menguraikannya dengan cepat.
Suka · 3 · 3 Mei 2010
Jake Napier
mun HEINEKEN kang dedod ? hehehehehe
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Tah, merk2 nu disebatkeun di luhur mah kandungan na METANOL (METIL ALKOHOL), engkéna janten racun kana getih, liver & otak.
Suka · 3 Mei 2010
Kang Tedi Teh Eli
nuhun kang ded,
Suka · 3 Mei 2010
Jake Napier
HALAAAAAAHHHHH……..tapi METANOL pan spiritus oge aya metanol na..tos kitu efekna pan langsung buta..pernah niingali celeb nginum di Bar..ngan uyeng2 hungkul…kumaha tah ?
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Enya, memang kitu, matakna, mun tos pada terang bahan na tinu METANOL masih kénéh diuyup, nya kejer atuh !
Suka · 3 Mei 2010
Jake Napier
kejer kumaha maksud akang ?
Suka · 3 Mei 2010
Dedi Misbah
Lami2 matak tiasa sasalaman sareng Pendekar Giam Lo-ong sapertos Mang Jejef alias pi-maot-eun he5…
Suka · 3 Mei 2010
Roedi Soediro
wakakaka….mang jefri tos sabaraha gelas minum alkohol teh ..
Suka · 4 Mei 2010
Gara Anbu
diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a:
Rasulullah saw bersabda: Setiap minuman yang memabukkan adalah khamar, dan setiap yang memabukkan adalah haram. Barang siapa meminum khamar di dunia lalu ia mati dalam keadaan masih tetap meminumnya (kecanduan) dan tidak bertobat, maka ia tidak akan dapat meminumnya di Akhirat (Syurga)
(Bukhari – Muslim) kutifan hadist ini sudah jelas dan mudah sekali dipahami tentang keharaman khamar,tp dihadist ini ada kalimat dan”srtiap yg mamabukan adalah haram” berarti yg haramkan itu bukan dari jenis2 minuman atw pun makanan saja yg umum kita ketahui,khamar berbentuk sifat jg ada dan menurut saya itu lebih berbahaya dari pada yg di minum atw yg dimakan karena banyak yg tidak manyadari nya..???
Suka · 4 Mei 2010
Gani Kurnia
Hidup di Jakarta, membuat makanan menjadi membosankan, ini mungkin efek hormon Dopamin yg sudah mulai melemah.
Suka · 4 Mei 2010
Gani Kurnia
Dulu pernah denger KD Ceramah, jadi Khamar itu istilah perbuatan yg kurang bermanfaat dan berlebih-lebihan, yang termotivasi dari tindakan lari dari kenyataan. Ini juga berlaku untuk Sabu, seperti kita tahu sabu itu tidak memabukkan tapi menyegarkan. Minuman alkohol itu pahit di lidah, jadi memang secara logika tidak mungkin kita menyukai yang pahit2, kecuali kita memang niat untuk “Mabuk”.
Suka · 4 Mei 2010
Jake Napier
@Uda Rudi : TIDAK SETETES PUN..hahahahahaha..sumkpeh deh gue…
Suka · 4 Mei 2010
Nurdin Noseph
Khamar=neraka
Suka · 12 Mei 2010
Ades Urang Lemur
jadi ada cara sederhana ga buat menjelaskan tentang khamr kepada yang awam, bahwa khamr itu bukan arak dan sejenisnya? mengingat mereka berpikiran sempit tentang khamr,,mohon petunjuk
Suka · 3 Maret 2012
Kang Tedi Teh Eli
kang ades, sederhananya Khamar arti segala sesuatu yang memabukan. sedang mabuk adalah hal-hal yang merusak otak dan fungsi kesadaran manusia. Mabuk biasanya pada hal2 yang menyenangkan. baik ada sesuatu nyata atau abstrak.
Suka · 3 Maret 2012
Ades Urang Lemur
nuhun penjlasanya kang tedi
Suka · 4 Maret 2012
Kang Tedi Teh Eli
sawangsulna.
Suka · 4 Maret 2012
Teguh Subroto
Udud (merokok) termasuk khamr jg? Manfaat mungkin ada sedikit tapi mudaratnya besar sekali. (Komen dihalaman sebelumnya tidak terbaca/tidak bisa dibuka, siapa tahu mungkin sdh ada yg bahas rokok).
Suka · 4 Maret 2012
Dedi Misbah
@Kang Teguh: udud (rokok) itu, klo saya bilang, termasuk satu diantara khamr.
Kenapa?
Karena:
1. Udud (rokok) jelas-jelas merusak dan mengandung bahan berbahaya melebihi narkoba jenis apapun.
2. Sifat merusaknya ini meliputi segi mental, pikiran, fisik, ekonomi dan sosial.
3. Udud (rokok) juga disebarluarkan sifat merusaknya melalui asap pada orang-orang di sekitar perokok tersebut, hingga perokok pasif sangat dirugikan oleh ulah perokok aktif.
Disunting · Suka · 5 · 6 jam yang lalu
Jake Napier
BECHUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUULLLL
Suka · 6 jam yang lalu
Angga ‘Ara’ Wirawan
Nyimak
Suka · 5 jam yang lalu
Jake Napier
NYIMAK JUGA
Suka · 1 · 5 jam yang lalu
Ari Uhenk
Msh manco….
Suka · 5 jam yang lalu
Faishal Hermawan
punten kang ijin menyebarkan artikel diatas
Suka · 3 jam yang lalu
Roni Saeba Lemurian
ikutan sama mang jeff ma kang angga aahh…
Suka · 2 jam yang lalu
Jepe Sigarutur Enympheena
Izin share
Suka · 2 jam yang lalu

Sumber: https://m.facebook.com/notes/kang-tedi-teh-eli/khamar-makhluk-apakah-itu/390863640854

Iklan

21 thoughts on “Tafsir Khamr versi Dicky Zainal Arifin”

  1. dulu waktu saya kuliah.ada anak2 hi yang demontrasi,mecahin beton tp karena pengen keliatan wah sama adik kelas nya.itu beton di siram pake minyak terus di bakar.saya baca aja ayat kursi sebanyak2 nya.alhasil setelah 3x percobaan ga pecah2 itu beton.yang ada malah tangan nya yang terluka(berdarah).apa karena saya bacain ayat kursi terus2an.wallahualam bisawab

    1. Perlu dicatat bahwa Hikmatul Iman Watch (HIW) tidak pernah menyatakan bahwa Hikmatul Iman (HI) menggunakan jin, ilmu hitam, atau mengeluarkan klaim-klaim yang tidak bisa dibuktikan secara real.

      Kami hanya menyampaikan kesalahan-kesalahan HI yang dapat dibuktikan melalui bukti-bukti real yang kami miliki berupa rekaman audio, video, capture diskusi online, atau dokumen HI.

      1. Hikmatul Iman (HI) bkrjasama dg jin muh.Jibril ada Data dan buktinya dlm thesis disertasi fropesor ian wilson di bwh ini:

        hikmatulimanwatch.org/2012/04/20/kekuatan-imajinasi-kasus-hikmatul-iman/

        metafisis.net/2012/06/30/kekuatan-imajinasi-kasus-hikmatul-iman/

        krjsama dg jin dan konco2nya mnjdi aliran ilmu hitam berkedok ilmu putih ato menyampaikan ‘ajaran agama’

        menyebut HI krjsama dg ustad Solmed ato dg Wali Songo bs dsebut fitnah krn bukti dan Datanya tdk ada,
        dg jin gorila putih data dan buktinya Ada.

        hikmatulimanwatch.org/2012/04/20/powers-of-the-imagination-the-case-of-hikmatul-iman/

  2. yg pasti semua zat yg mlebihi dosis shingga memabukkan itu haram dikonsumsi … tak perduli apa namanya .mau bodrex, antangin, dll.. sekarangkan udah modern bahkan ada kiai yg kecanduan obat sejenis morphin yg dikira obat..ceramahpun jadi kuat. . stelah ada kasus dan diperiksa .bru ktahuan klo dia kcanduan… dan hendak direhab

      1. jelas haram bang menurut hiers…klo mereka sakit cukup dgn td dan tm dari sang mahaguru merangkap mahadokter…..hihihihi….kebanyakan profesi dan gelar jg khamr lho…..hahaha

    1. Di bawah adalah foto Dicky sedang mentransfer energi metafisika pada murid-muridnya.

      Dicky mentransfer ilmu metafisika

      Dicky mengangkat tangannya, membentuk parabola mengarah ke atas, seolah-olah berat, nanti tangannya turun. Lalu tangannya dia buka ke arah murid dan melepas energi ke muridnya. Murid-murid membuat parabola dengan kedua tangannya dan berkonsentrasi menerima energi dari gurunya. Di kondisi ini, semua diminta diam. Buat yang skeptis, gak percaya mistis kesannya ada awkward silence.

      awkward silence

      1. Begitulah. Dulu kan karena kedok kedok “ilmiah” orang jadi percaya. Lha orang banyak anak SMA yang nilai pelajarannya bagus ikut HI, ketipu juga. mahasiswa di kampus-kampus unggulan ada aja yang ikut ketipu. Faktor peer juga sih Mas Admin. Kita ngeliat “Oh kakak kelas gua/temen/anak alim yg pinter ini ikut kok, ya berarti ga ada masalah kan”.

    2. Nggak enak lah ceritanya kalo harus mbahas lagi pas diruqyah, traumatis. yg jelas dulu ada sensasi tersendiri kalo lagi nyerap/charge, banyak yang terhimpun di tangan. Makin berat makin berat terus disapukan itu energi ke seluruh tubuh, saat itulah ada rasa enak yang saya sebut diatas.

      1. Bisa jadi efek ruqyah itu berasal dari sugesti, bisa jadi benar. Oleh karena itu, kami tidak menggunakan ruqyah sebagai dasar bantahan terhadap TD, TM, atau paham-paham HI.

        Yang jelas, bahwa TD dan TM adalah hoax itu bisa dibuktikan. Caranya… ya dengan pembuktian TD dan TM itu sendiri.

        Klaim bahwa dengan TD bisa mengangkat benda berat –> Kuat bench press berapa ratus kg?

        Klaim bahwa dengan TM bisa melihat benda tersembunyi –> Apa password situs ini?

      2. Gimanapun juga saya nggak bisa 100% mengconfirm reaksi negatif spontan yang saya alami saat proses ruqyah itu memang semuanya murni berasal dari HI. Tapi rata-rata hal kayak begini memang ada dokumentasi kasus kasus abnormalnya. Coba sama agan google qigong psychosis atau the trouble with qi, atau the danger of chi. Wallahua’lam yah.

  3. nanti minum, akan didefinisikan ulang
    yaitu mengambil oksigen dari pori pori kulit secara langsung dari udara, menggunakan tenaga dalam 0,1%

    wkwkwk

  4. Charge tm itu paling seram…. Naudzubillah.itu yang udah pernah ngerasain apalagi sering ngelakuin pasti tahu. Ada feeling enak enak gmn gt… Berasa merinding aneh.Begitu insyaf dari hi, naudzubillah gak lg lg gw nyentuh gituan.

  5. klo gitu……..
    ngibul berlebihan=?????
    make logika berlebihan=?????
    percaya dicky berlebihan=??????
    dibohongin dicky berlebihan=??????
    tenaga dalam berlebihan=?????
    ilmu kulmi berlebihan=??????
    apakah khamr semua?????
    Ditunggu NGELESX….SILAHKEN

    1. Kecanduan yg plg seram adalah tm… Tm itu kalo sering diisi lama lama sifat orangnya berubah. Ada rasa enak tp kita jd gmpg marah dan berat.

      1. Admin HIW, walaupun ketika masih aktif di HI sudah tidak lagi berurusan dengan Tenaga Metafisika. Ketika di HI, hanya berlatih fisik (tenaga dalam dan jurus silat).

        Sejak awal tidak percaya dengan klaim-klaim luar biasa Tenaga Dalam atau Tenaga Metafisika, kecuali yang sudah ada buktinya. Selama bertahun-tahun, bisa dibilang semua tidak ada buktinya.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s