Mengulas Generator Tanpa Bahan Bakar Kang Dicky


Pengantar Admin HIW

Sepertinya tidak ada bantahan untuk khayalan Generator Tanpa Bahan Bakar Dicky Zainal Arifin yang lebih baik dari ini. Artikel ini ditulis oleh Muhammad Firmansyah Kasim, Graduate student di University of Oxford, pernah magang di CERN (the European Organization for Nuclear Research), dan alumni Institut Teknologi Bandung.

Mengulas Generator Tanpa Bahan Bakar Kang Dicky

Demonstrasi GTBB (credit: HI Watch)
Demonstrasi GTBB (credit: HI Watch)

Generator Tanpa Bahan Bakar (GTBB) baru-baru ini diklaim oleh penemunya, Dicky Zainal Arifin (atau Kang Dicky), sebagai solusi krisis energi dunia. GTBB dinyatakan dapat menghasilkan energi terus-menerus tanpa menggunakan bahan bakar. Beritanya dapat dilihat di link ini. Selain diklaim di website Hikmatul Iman, ternyata penemuan Kang Dicky ini menarik perhatian banyak pihak, seperti Iwan Piliang, Kang Ridwan Kamil dan Kang Dedi Mizwar. Bahkan di websitenya dikatakan bahwa GTBB masuk koran Kompas edisi 10 September 2014! Sepertinya terdengar cukup fantastis penemuan Kang Dicky ini, tapi apakah generatornya benar-benar akan bekerja? Mari kita ulas penemuan beliau dari sisi sains dan teknologi.

Menurut beliau, GTBB ini bekerja dengan menggunakan konsep generator overunity atau energi yang terus diputar-putar atau di-recycle sehingga dapat bekerja terus-menerus. Contoh sederhananya adalah seperti gambar di bawah.

Konsep generator overunity sederhana (credit: 4vector.com)
Konsep generator overunity sederhana (credit: 4vector.com)

Di gambar tersebut terlihat bahwa air yang jatuh akan memutar turbin/generator. Energi yang dihasilkan oleh turbin kemudian dapat digunakan untuk keperluan listrik (seperti menyalakan lampu) dan termasuk memompa air ke atas.

Sekilas terlihat bahwa turbin tersebut akan berputar selamanya karena energinya diputar-putar. Tapi hal ini tidak akan pernah terjadi. Mengapa? Dalam proses air memutar turbin, akan ada energi yang ‘hilang’ sehingga menyebabkan energi yang dihasilkan turbin tidak akan pernah cukup untuk memompa air kembali ke atas. Hal yang sama juga dapat diterapkan untuk mesin GTBB Kang Dicky. Meskipun energi dari aki diputar-putar, tapi suatu saat pasti energinya akan habis.

Konsep overunity/perpetual motion ini bukanlah suatu ide yang baru. Ide ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan beberapa orang sudah mematenkan ide serupa di Amerika Serikat. Akan tetapi, konsep ini sudah dinyatakan “tidak mungkin” sejak ratusan tahun yang lalu, karena menyalahi hukum dasar termodinamika. Selengkapnya dapat dibaca di sini: History of Perpetual Motion Machine.

Hal kedua yang menarik dari penemuan Kang Dicky ini adalah “wireless energy“. Sebagian dari kita mungkin terkejut dengan “wireless energy” ini. Apakah energi benar-benar bisa ditransfer tanpa menggunakan kabel? Jawabannya bisa. Konsep wireless energy ini bukanlah konsep yang benar-benar baru. Konsep ini sudah cukup banyak diterapkan. Beberapa perusahaan sudah membuat wireless charger untuk telepon genggam (contoh: Nokia), bahkan sudah ada tutorial untuk membuat wireless electricity sendiri! Jadi, meskipun wireless energy ini bukanlah temuan Kang Dicky, saya perlu mengapresiasi beliau karena sudah memperkenalkan konsep wireless energy ke masyarakat.

Sebagai simpulan, GTBB Kang Dicky ini sekilas terlihat sangat menjanjikan, tapi apabila dikaji secara fisika dan teknologi, GTBB ini tidak akan mungkin berjalan terus-menerus. Klaim yang mengatakan bahwa GTBB mampu menghasilkan energi baru tanpa input energi sama sekali adalah tidak benar secara ilmiah.

Saran saya adalah janganlah kita mudah percaya dengan klaim fantastis orang-orang, apalagi ditambahkan embel-embel “karya anak bangsa” atau “akan menghebohkan dunia”. Kajilah klaim tersebut lebih dulu dan dengarkanlah pendapat orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Jangan sampai kita jadi bahan tertawaan seluruh dunia karena klaim fantastis seperti ini.

Penulis

Muhammad Firmansyah Kasim, Graduate student at University of Oxford, former intern at CERN, and former student at Institut Teknologi Bandung.

Muhammad Firmansyah Kasim, Graduate student at University of Oxford, former intern at CERN, and former student at Institut Teknologi Bandung. Blog: www.kompasiana.com/mfkasim
Muhammad Firmansyah Kasim, Graduate student at University of Oxford, former intern at CERN, and former student at Institut Teknologi Bandung.
Blog: http://www.kompasiana.com/mfkasim

Sumber: http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2014/09/13/mengulas-generator-tanpa-bahan-bakar-kang-dicky-674081.html

Iklan

121 thoughts on “Mengulas Generator Tanpa Bahan Bakar Kang Dicky”

  1. Lha wong generator dari mesin diesel aja masih bisa drop/ tekor apalagi ini hahaha . ya klo memang ndak d kasih beban sih mungkin bisa sedikit lebih awet tuh accu .
    Tp klo di kembangin misal di tambahin solar pannel atau energi lain kyk nya bisa deh bwt ngecharge accu ny gitu.

  2. beginilah wajah indonesia tatkala ada orang yg pintar menciptakan dan penemu teknologi banyak orang yg iri apa lagi yg ilmunya pas-pasan selalu mengutarakan teori-teori bodoh dan menyerang .seharusnya banggalah kita semakin banyak orang2 seperti KD bangsa kita bisa maju. ngak kaya sekarang banyak orang pinter-pinter tp pinter ngomong,,,

    1. Sebenernya percobaannya mas dicky memang gak mungkin karena dalam generator belum ada yang efisiensinya 100% plus ada loss juga saat memompa air dan gak mungkin kalau gak pakai energi aktivasi di awal jadi gak Mungkin secara nalar terjadi secara terus menerus dan kalau di pakai listriknya di sumber luar apa mungkin daya yang dihasilkan generator masih bisa untuk memompa air pake motornya ? Tapi kalau motornya cuma bertujuan buat naikin air sama mutar turbin tanpa energi tambahan gak mungkin berputar terus menerus karena ada gesekan dari air + gaya berat yang di hasilkan air dari perkalian dot antara massa dan gravitasi jadi terjadi hambatan antara gaya air yang jatuh dikurangi dengan gaya berat air yang diangkat jadi kemungkinan percobaan ini benar adanya secara teori HAMPIR mustahil tanpa adanya energi tambahan dari luar dan energi yang di hasilkan kecil. Jadi kalau ada yang seperti ini lebih baik di logika dan dikaitkan dengan fakta dan teori dahulu.

  3. Ini Dia Kalau yang datang dari indonesia selalu Konotasinya Jelek ..? yang mengomentari Orang indonesia Juga , Saya termasuk Orang yang bangga JAdi Bangsa Indonesia walau Banyak Orang Indonesia yang merasa Pinter belum bisa menghargai Ide ide Orang Indonesia Sendiri , Saya bukan sientis ,bukan ilmuan ,bukan orang terpelajar tetapi sy selalu mau belajar apa apa yang orang lain Pelajari kalau ada manfaatnya buat manusia dan alam sekitar, kalau sekedar komen saya ahlinya ( mohon maaf hanya Joke ) yang terbaik yang Punya Ide Buktikan Kebenarannya yang Menonton Beri masukan jika ada kecuali jauhkan rasa iri karena keduluan Punya ide …?
    Semoga Yang berkomentar membuat orang lebih Pintar dan yang dikomentari juga akan lebih Pintar dari pada yang mengomentari dalam Disiplin ilmu yang sama .
    wasalam and Bravo Indonesia
    Kita Pasti Bisa insya alloh.

  4. Bikin alat dengan konsep yang sama bro, buktikan tipu2nya konsep kang dicky, baru bisa dianggap fair. Kalo cuma adu teori, kurang memuaskan pembaca. Soalnya timpang, kasian yg satu bikin alat & pamerin ke public (dengan segala pertanyaannya), yg satu cuma komen.

    1. kl buat alat ini buat nipu, kl berhasil dia dpt income. tp kl buat alat ini cuma buat buktikan tipuan orang, kl berhasil dpt apa?
      itu kan setelah dipamerkan ke public, semua ngomong gara2 aki nya besar jadi memang bisa nyala lama. ya kl bener2 bukan tipuan kan tinggal ganti aki dengan kapasitas yg jauh lebih kecil kan. ganti dengan kapasitor.

  5. gini aja…
    setelah nyala, paralelkan aki nya dengan kapasitor bank.
    setelah kira2 5 menit, lepaskan akinya, supaya tinggal pakai kapasitor bank.
    kalo dengan kondisi ini bisa bertahan smp 20 menit saja, pendapat Muhammad Firmansyah Kasim bisa dikatakan salah.

  6. Tak ada yang belum bisa di pastikan.semua teori manusia hanya sebuah sifat dan hubungan yang di dapat sampai sekarang.
    Menurut saya semua masih bisa mungkin.allah yang maha tahu.
    Jadi meski sudah tinggi sudah bersekolah tinggi belum tentu pasti,kecuali tuhan.

  7. free energy yang ane pake adalah ALTENATOR BEDINI baru itu OK ga kya KD inverternya aja masih beli ditoko dimana letaknya klu barang itu ciptaan KD

  8. kirain bener ciptaan KD pas ane liat banyak tu orang2 latin yg bikin kaya gitu malah lebih bagus dari KD lagi terus ada skemanya lagi klu KD saya bilang PELIT mana ada dia kasih skema

  9. Asalamualaikum ….wr wb
    saya sangat mendukung riset kang diky ……
    yg mana bsa bermanfaat bagi semua umat
    dan saya tertarik dgn alat listrik ini krn didaerah pedalaman
    kalimantan msh ada yg belum teraliri listrik dan yg plg bagus efisien
    klo boleh bertanya kang diky ….
    bagaimana pemesanannya dan tentu juga harganya …..
    terima kasih
    salam buat keluarga besar HIKMATUL IMAN …………Alfatekah
    sholawat dan salam pada Nabiyullah Muhammad saw
    wabillahi taufik walhidayah ….
    wasalamualaikum …..wr wb

  10. di kompas TV tadi kang Dicky menyatakan akan “dimasyarakatkan” agar rakyat punya daya tawar, nah hayu mulai saja kang dari rumah sendiri lalu tetangga dst. tidak perlu harus ada rumus yg mengguncangkan dunia dirahasiakan dan takut “dipateni” seperti yang kang Dicky sampaikan tadi, karena hakikatnya kalaupun “rahasia’ ada itu milik Allah kang, teu kedah khawatir, salut dan bangga buat kang Dicky.

  11. MAS DUDUL, KASI TAU DONG ALAMATNYA KANG DICKY, SAYA MAU COBAIN ALATNYA. MAS PASTI TAU RUMAHNYA KRN MAS TAU LISTRIK DI RUMAH KANG DICKY MASIH PAKAI PLN

  12. klo ada contoh brarti sy bisa bust, klo ada bukti says may bikin 20000watt buat usaha says yg masih ngabisin solar sd 40 an liter Dan belum lagi Bensin, gas, listrik DLL,

  13. ngomong ngalur ngidul…sekarang bukti nya mana itu generator..udah dibikin massal belum???? listrik di rumah Mr Dick aja masih pakai PLN!!!!

      1. kalau tidak salah sudah dipakai kok dan generatornya sudah dijual bebas, admin HIW sudah mencoba beli belum? dan coba dibongkar isi generatornya lalu buat referensinya kalau memeang genertor itu bohong

    1. Apapun risikonya saya mau beli dn kl terbukti joss akan saya gunakan menerangi dan menghidupi masyarakat di KTI yg sangat amat tertinggal, kasihan mereka juga warganegara Indonesia, yg belum “merdeka”

  14. mas widjoyo mungkin anda kurang referensi atau anda memang bukan orang teknik. saya bisa membuktikan penemuan tesla yang fenomenal yang mungkin kurang dikenal saat ini. barangkali kalau kita bisa bertemu dalam sebuah seminar atau simposium apa deh agar kita bisa saling mengenal. Trims

    1. Setuju dgn royke,,mas widjoyo itu kurang ilmu,,masih perlu bnyak belajar,,maklum org indo bnyak yg ngiri,,cth aj tu si widjoyo,,hahaha

  15. saya seorang pengamat sains. Sebenarnya penemuan KD sudah pernah ditemukan oleh pakar sains zaman dahulu. … namanya Nikolai Tesla. beliau juga mempunyai pendapat yang sama dengan KD ttg energy overunity hanya saja pendapat itu ditentang sama pesaingnya waktu itu, pesaingnya kebetulan lebih populer daripada tesla… orang itu juga sbg penemu lampu namanya “Thomas Alva Edison” beliau menolak pandangan tesla dengan alasan berbahaya.

    Nah kalau zaman sekarang didunia ini sudah banyak yang mencoba dan kemajuan teknologi kapasitor juga sudah maju. dari segi keamanan listrik juga canggih tak ada salahnya kita mencoba.

    mengenai penemuan KD seharusnya kita memberi apresiasi karena beliau sudah melakukan pengkajian seperti itu. atau mungkin KD menyelenggarakan seminar insya Allah bisa membuka mata nuansa kita semua.

  16. kepada sudara2 yg pinter2 mohon kiranya bantu kami yg membutuh kan energi alternatif yg dapat membatu kami di pelosok negeri, kita bersukur KD…dan KD lainnya bisa menciptakan energi yg benar2 dapat di manfaatkan masyarakat Indonesia khususnya …kita sebaiknya tidak saling menyalahkan kami bersukur dapat informasi demikian..ayolah kita berkreatifitas,,,kalu perlu KD bantu saran dan pendapat agar kami bisa merasakan hasil karya anak bangsa…..terima kasih

  17. Salut buat KD ,,walau saya orang awam di bidang sains,,tapi saya suka baca2 buku sains,,mngkin benar,kata om dicky,,RUMUSNYA…
    saya jg prnah tonton you tube,nyalakan lampu tanpa arus listrik,,mungkin prinsipnya sama.
    Teruskan om,,kita tunggu produk massalnya,,
    Biar orang2 yg mencemooh,tau kebenarannya..
    Apa yang tidak mungkin?
    Tidak ada yang tidak mungkin,,bila kita berusaha..
    Jadikan indonesia pelopor tehnologi energi masa depan.

      1. Tidak perlu pelotot-pelototan, tunjukkan saja satu jurnal ilmiah yang mengkonfirmasi bahwa output suatu alat bisa melebihi inputnya (menyalahi hukum pertama termodinamika).

  18. z bukan anak tehnik maupun orang yg ahli dalam bidang ini.

    z cuman mau beri pendapat mengenai hal di atas.

    dari sekian baxk yg komen, kebanyakan hx mengacu pada hukum absolut/mutlak dri ilmu pengetahuan.

    padahal, jika tdk adanya evolusi, jngnkan hukum energi kekal sperti GTBB, handphone sj mungkin tdk akan secanggih sekarang.

    z tidak memihak siapapun krn jika di kaji ulang, maka pro dan kontra sama2 akan menunjukkan kebenarannya meski hx 1 yg benar.

    ilmu pengetahuan tdk selamanya benar sebab ilmu pengetahuan itu lahirnya dari manusia. jadi sah sah saja jika manusia memiliki berbagai macam pola pikir yang berbeda.

    sama halnya agama, agama tdk bisa di pastikan dengan hx ilmu pengetahuan tapi manusiax yg mencari kebenarannya.

    jadi soal bisa atau tidaknya ilmu pengetahuan di tentang oleh kang dicky, kiranya bisa di maklumi.

    lebih baik bxk salah, di banding sok benar tapi diam 🙂

    sory bawa2 agama :v

    1. Kalau di video itu, baterainya yang akan habis.

      Generator Tanpa Bahan Bakar diklaim bisa menghasilkan energi tanpa perlu input sama sekali, cukup aki untuk start awal.

      1. video yg mana pak yg baterainya yg akan habis??? bpk sudah lihat link video yg saya kasi???disitu jls klo energi magnet itu sifatnya overunity

      1. itu bukan PERHITUNGAN tetapi PEMBUKTIAN FAKTA!…

        JADI teori mestinya ikut fakta. MEMANG METODE ILMIAH mengharuskan penemuan2 bisa berubah, karena pembuktian baru….

        Dulu manusia bilang benda terkecil itu molekul. TERNYATA SALAH, Ternyata benda terkecil itu atom. itu pun salah setelah ada penemuan baru. itupun salah lagi karena yang terkecil itu netron elektron proton dan itu pun salah lagi

        Yang pinter itu yang bisa memahami ilmunya walaupun sedikit, apalagi mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan hingga manusia lain bisa ikut menikmati hasilnya…

        SELAMAT ATAS BANYAKNYA penemuan oleh bangsa INDONESIA… dan HANCURLAH kaum PENJAJAH.

  19. Coba pelajari secara detail teori bedini motor termasuk perkembangan pemanfaatannya sampai saat ini, mungkin bisa jadi pencerahan,
    Wassalam

  20. Terima kasih atas penjelasannya pak Widjojo. Penjelasan bapak kali ini bisa saya pahami. Jadi, energi yg hilang pada setiap siklus membuat GTBB ini menjadi mustahil, kecuali dalam waktu pendek. Tidak obahnya kita makai aki dlm waktu 3 jam ya pak?

    1. Sudah ada yang bahas dalam komentar di atas.

      Aki dan baterai secara prinsip sama saja, menghasilkan listrik DC.

      Kalau memang bisa, kenapa produsen HP tidak menambahkan dinamo yang akan mengisi HP dan sekaligus mengisi ulang baterai HP? Karena lebih efektif baterai langsung menjalankan HP.

      Jadi, lebih efektif langsung saja listrik dari aki digunakan untuk menyalakan peralatan (TV, PC, lampu). Tidak perlu menambahkan beban tidak berguna, yaitu GTBB.

    2. Tapi, jangan harap logika sederhana semacam ini akan berguna bagi penemu alat ini, Dicky Zainal Arifin. Karena beliau mengklaim sudah menemukan rumus rahasia yang tidak diketahui dunia. Jadi, lebih baik kita anggap GTBB ini sebagai alat ajaib Doraemon saja.

  21. Izin nimbrung pak Widjojo.
    Sebelumnya saya tertarik dengan “temuan” KD ini ketika searching Google soal listrik. Biasanya saya akan segera mencari pendapat orang lain tentang GTBB sebelum mengancungkan jempol tanda simpatik. Dan saya ketemu blog ini.
    Membaca tulisan bapak ada yg membuat saya sedikit tertarik, namun sebelumnya saya ingin menjelaskan bahwa saya bukan pendukung atau pun kontra (sampai saat ini) dg GTBB KD.
    Bagian yg menarik adalah kalimat ini:
    “Di gambar tersebut terlihat bahwa air yang jatuh akan memutar turbin/generator. Energi yang dihasilkan oleh turbin kemudian dapat digunakan untuk keperluan listrik (seperti menyalakan lampu) dan termasuk memompa air ke atas.

    Sekilas terlihat bahwa turbin tersebut akan berputar selamanya karena energinya diputar-putar. Tapi hal ini tidak akan pernah terjadi. Mengapa? Dalam proses air memutar turbin, akan ada energi yang ‘hilang’ sehingga menyebabkan energi yang dihasilkan turbin tidak akan pernah cukup untuk memompa air kembali ke atas. Hal yang sama juga dapat diterapkan untuk mesin GTBB Kang Dicky. Meskipun energi dari aki diputar-putar, tapi suatu saat pasti energinya akan habis.”

    Pada paragraf pertama bapak mengatakan bahwa turbin bisa berputar menghasilkan listrik. Kemudian di paragraf kedua bapak mengatakan “Sekilas….berputar selamanya….” Kemudian ada “sehingga menyebabkan energi yang dihasilkan turbin tidak akan pernah cukup untuk memompa air kembali ke atas”.

    Di sini saya menyimpulkan bahwa tanggapan penulis yg bapak kutip mengakui bahwa GTBB KD bisa menghasilkan listrik hanya saja klaim terus menerusnya yg tidak terbukti karena Hukum Termodinamika. Di Youtube saya mendengar KD mengatakan bahwa alatnya bisa terus menerus hidup kecuali aki atau dinamonya rusak.

    Yang ingin saya ketahui apakah benar yg saya simpulkan tersebut di atas?
    Mohon maaf jiak terlalu panjang.

    1. Generator Tanpa Bahan Bakar (GTBB) Kang Dicky memang bisa menghasilkan listrik. Sumbernya sendiri dari listrik (aki), dinamo juga bisa menghasilkan listrik.

      Tapi, mustahil akan bisa menghasilkan jumlah listrik yang sama seperti inputnya, apalagi lebih.

      Illustrasinya (dengan efisiensi 100%): Baterai mengeluarkan energi 100%, masuk ke dinamo dan 100% berubah jadi listrik. Output listrik dinamo 50% (setengah) masuk ke alat yang digunakan dan 50% (setengah) sisanya masuk lagi men-charge baterai.

      Di siklus selanjutnya, baterai start dengan energi 50%. Energi 50% ini selanjutnya masuk ke dinamo dan diubah jadi listrik. 50% listrik output dinamo masuk alat sebesar 25% (setengah) dan 25% (setengah) masuk lagi men-charge baterai.

      Di siklus ketiga, baterai start dengan energi hanya 25%. Energi 25% ini selanjutnya masuk ke dinamo dan diubah jadi listrik. 25% listrik output dinamo masuk alat sebesar 12,5% (setengah) dan 12,5% (setengah) masuk lagi men-charge baterai.

      Di siklus selanjutnya, charge yang masuk baterai semakin kecil, akhirnya habis. Tidak mungkin kembali 100% seperti semula.

      Ini ibaratnya seperti orang makan 1x lalu seumur hidup kerja dan olahraga, tanpa perlu makan lagi. Dianggapnya dia baru akan berhenti ketika ototnya sudah aus atau rusak.

      Secara logika, mustahil. Illustrasi di atas menggunakan asumsi efisiensi 100%, artinya dinamo menghasilkan output 100% tanpa ada energi yang terbuang sama sekali, tanpa ada gesekan dan panas yang membuang energi.

      Siklus Mustahil Energi Generator Tanpa Bahan Bakar Dicky Zainal Arifin

    2. komentar anda tidak salah. munkin yang salah justru sang penemu alias KD. salah KD dimana?……. salah cara menjelaskannya.

      kebanyakan seorang praktisi tidak dapat menjelaskan dengan sempurna dgn apa yg dia lakukan. begitu juga paradigma masyarakat masih mengenal metode/ paradigma fisika konvensional.

      bila ditilik dari hukum kekekalan energi “energi tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dimusnahkan” itu sdh bisa mejelaskan di tambah rumus
      E = mc2 (sorry nulisnya jd bgini) jadi E = massa X kwadrat kec cahaya.
      itu sudah membuktikan energy overunity bisa terjadi.

      Amerika, ingris, perancis, israel, sudah melakukan kajian seperti ini tapi mereka tidak mempublikasi untuk umum karena suatu hal tertentu (politik atau sejenisnya).

      ketahuilah temuan KD ini bukan lah hal yang baru tapi pernah ditemukan ilmuwan terdahulu namun banyak penentangnya akibatnya tidak berkembang sama sekali.

      bisa anda bayangkan bila alat itu di gunakan semua mayarakat….. maka ga ada embargo dan negri kita lepas dari yang namanya krisis. dan inilah yang tidak di inginkan negara2 adi kuasa tsb
      sudah dulu ah sampai disini

      1. Amerika, ingris, perancis, israel, sudah melakukan kajian seperti ini tapi mereka tidak mempublikasi untuk umum karena suatu hal tertentu (politik atau sejenisnya).

        Tidak ada yang tahu, kecuali Anda ya? Wow!

  22. dulu orang bilang BESI / BAJA tidak mungkin bisa melayang di udara.. krn bertentangan dengan gaya grativasi bumi.. skrg ?? tiap hari bulak – balik di atas pala itu besi… =D …

    dulu org bilang para “penemu” itu GILA… teori mrk salah, tpi skrg bnyk hasil temuan mereka kita gunakan [ HP, bohlam DLL ]…

    intiny seh bukan menjatuhkan, tpi harusny di KOREKSI dgn masukan” yg lebih “masuk akal” di pemikiran penulis…

    ane cm org biasa, yg nyambung kabel listrik aj masi bingung.. tpi ane senang dgn mempelajari ilmu baru… 🙂 salam diskusi yg hangat….

  23. aku tidak terlalu pandai soal yang begituan, tapi bila seandainya pembangkit listrik tersebut efisien karna tidak menggunakan bahan bakar, alangkah baiknya di coba ke desa desa terpencil yang bukan hanya susah mendapat bahan bakar tapi juga susah mendapat bantuan pemerintah, bukannya itu juga bagus sebagai penelitian mahasiswa kedepannya, bukan hanya membantu perkembangan masyarakat pelosok tapi juga membantu mengembangkan permasalahan energi negara kita, dan menurutku bila di terapkan di daerah yang belum terkena listrik bisa lebih mengetahui seberapa kemampuan alat tersebut terhadap efisiensi dan kenyamanan, dan dapat di kembangkan lebih baik kedepannya. maaf bila tidak sesuai topik terima kasih

  24. muhdiarto1112@gmail.com
    hanyalah rangkaian Aki – Motor penggerak – Dinamo – Charger + Converter DC ke AC (INVERTER)
    Aki menyalakan Motor – Motor menggerakan Dinamo – Dinamo memberi daya ke Charger – Charger charge Aki . Yang masing satuan komponen2 didalamnya sudah ada penemunya masing-masing. Jadi, bukan suatu temuan baru…,
    hanyalah PLTA ( Pembangkit LIstrik Tenaga AKI/Accu ) … era jadul, krisis energy yg ruwet..,
    cape deh,, di korup trus negri ini dari masa penjajahan sampai era sekarang,,… dari orang asing sampai orang dalem negeri sendiri,..
    Saran :
    Siapa berani mendukung ini di abad 21, sama-sama membangun bangsa menghadapi krisis enargi listrik dalam negeri , dengan Pembangkit listrik tenaga nuklir Damai yang dinantikan dinegri ini ada.
    Mendukung penuh Indonesia tenaga nuklir untuk tujuan damai…
    Membuat sentrifugal untuk memperkaya uranium sendiri.
    Ini bukan saatnya mencari penemuan baru, tapi mencari tantangan baru. Dulu bersatu bersama mengusir penjajah, sekarang mari bersatu membangun negeri.
    INDONESIA NUCLEAR POWER .
    “Kapan lagi !”
    Just a common mistake people might make, I think!

  25. Hal ini yang sangat sulit diterima oleh paradigma keilmuan terutama keilmuan fisika yang saya geluti yaitu adanya hubungan sebab akibat, sedangkan generator tanpa bahan bakar, tidak adanya hubungan sebab akibat yang dapat dijadikan acuan sebagai penggerak utama yang mengubah bentuk energi ke energi listrik itu apa, atau dengan kata lain energi awal yang menjadi pemicu adalah bentuk energi yang bagaimana, kalau dilihat dari foto merupakan rangkaian elektronik yang didalamnya akan terdiri dari bagian pengubah energi dari energi asal (baik dalam bentuk generator, solar cell atau lainnya), penyimpan energi, pengubah energi yang sesuai dengan kebutuhan. Dari gambar terlihat adanya rangkaian listrik, selama kawat dan komponen listrik (kapasitor dan lainnya) yang digunakan masih terbuat dari bahan semikonduktor, dapat dipastikan akan terjadi kehilangan energi yaitu menjadi panas, sehingga sampai sekarang tidak pernah dapat dibuat suatu alat yang dapat menghasilkan energi tanpa energi lain yang harus diubah terlebih dahulu.

  26. Menurut saya sih konsepnya sederhana :
    Aki – Motor penggerak – Dinamo – Charger + Converter DC ke AC
    Aki menyalakan Motor – Motor menggerakan Dinamo – Dinamo memberi daya ke Charger – Charger charge Aki , proses tersebut berulang secara kontinue jadi energi Aki tidak habis.
    yang perlu diperhatikan adalah berapa lama waktu untuk mencharge Aki agar tidak Tekor, karena daya yang diambil oleh Converter tergantung berapa watt yang dihasilkan semakin besar pasti juga semakin boros.

    Coba diperhatikan Aki pada sepeda Motor atau Mobil pernah gak dicopot dulu lalu di charge gak pernah kan Aki tersebut dicharge otomatis oleh mesin motor secara berulang ulang

    1. Accu atau baterai yang ada di sepeda motor dan mobil memang di”charge” atau di”isi” secara otomatis ileh pergerakkan mesin, tetapi accu tersebut mempunyai waktu hidup (lifetime) yang sangat bergantung berbagai kondisi yang mengakibatkan menurunnya efisiensi accu tersebut. Yang kemudian akan menghasilkan “loss energy ” atau kehilangan energi yang besar, sehingga menurunkan efisiensi kinerja dari accu.

      Dalam ilmu fisika dalam sub bidang thermodinamika terdapat bahasan mengenai hukum kekekalan energi, yaitu energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, dari pandangan sempit terlihat bahwa energi itu kekal, tetapi ada yang terlupa bahwa energi dapat berubah bentuk, yaitu berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain, dan inilah yang menjadi upaya manusia memanfaatkan energi ke bentuk energi yang berguna, seperti energi cahaya matahari diubah menjadi energi kimia melalui solar cell yang kemudian disimpan didalam accu yang kemudian akan diubah menjadi energi listrik oleh sebuah inventer, yang dengan menggunakan sebuah lampu energi listriktersebut dapat diubah menjadi energi cahaya sebagai penerang.

      Masih didalam ilmu thermodinamika, terdapat suatu hukum yang dikenal dengan nama efisiensi mesin carnott, yaitu tidak ada mesin yang mempunyai efisiensi mencapai 100, persen, sehingga hukum kekekalan energi sepertinya tidak dapat dipenuhi, tetapi sebenarnya hal tersebut benar adanya karena energi input yang diberikan semuanya tidak dapat menjadi energi output yang diharapkan dikarenakan adanya “disipasi energi” atau kehilangan energi dan biasanya berbentuk energi panas, misalnya pada peralatan elektronika hp, tv radio, akan terasa panas jika digunakan secara lama, hal ini merupakan bentuk kehilangan energi, sehingga sulit untuk membuat suatu alat yang dapat “menghidupkan atau memasok energinya kembali” untuk menjadi sumber energi masukkan secara penuh.

      1. Kalau alatnya buatan Dicky Zainal Arifin ini, Generator Tanpa Bahan Bakar, memiliki efesiensi lebih dari 100% karena selain menghasilkan energi tapi juga bisa mengisi dirinya sendiri.

      2. Dari pada mempermasalahkan tentang energi kang KD atow yang lainya, mending membuat energi listrik tenaga Jin wae euy… yang katanya Kang Jin bisa dimanfaatkan kemampuan nya, contohnya : Kang Jin bisa disuruh kirim benda (santet). Mungkin juga Kang Jin bisa disuruh ngayuh Dinamo…
        Apakah itu sudah termasuk free energi atau belum…. ?

    2. maf cma nambahin dikit masalah acu motor
      acu pada motor berpungsi sbagai start…dan tidak bisa charger sendiri..yg charger itu generator spul motor yg diputar oleh mesin berbahan bakar…..

    3. betul itu….tidak dicopot untuk dicharge karena mesin motor akan mencharge secara otomatis…..hanya saja yang gak boleh dilupakan adalah setiap minggu kita mesti isi bbm…..

  27. Nabi Muhammad SAW juga kayaknya dulu gini ya, dituduh gila karena meng-klaim telah melakukan Isra’ dari Makkah ke Masjidil Aqsa sewaktu malam dan saat waktu subuh sudah ada lagi di Makkah, bahkan juga meng-klaim telah menembus langit ke-7. Dulu sih melakukan perjalanan dari Makkah ke Palestina (pergi-pulang) dalam satu malam memang masih aneh, wong dulu kendaraannya naik unta, jadi aja ada yang nuduh gila. Kalo sekarang sudah sangat mungkin PP Makkah Palestina, karena udah ada teknologi pesawat jet.

    Masalah teknologi GTBB ini tinggal menunggu waktu saja yang membuktikan, akankan teknologinya terbukti ataukah ternyata memang khayalan belaka. Ane sendiri selaku orang awam sangat mendukung agar teknologi ini benar adanya, atau minimal ada alternatif yang cukup baik untuk memelihara keberlangsungan hidup manusia. Ditunggu karyanya! Buktikan siapa yang gila! Hehe

  28. saya malah kasihan sama semua orang di sini. Kenapa kalian tidak menemukan yang bermanfaat bagi rakyat negeri ini, Mau teori apa pun, mau bertentangan dengan fisika, atau apa pun, itu semua omong kosong. Negeri ini sedang gelisah akibat banyak pejabat yang ‘murtad’ sejak awal ordebaru sampai sekarang, ditambah lagi para ilmuwan yang saling ejek karena ada sebuah temuan. Mana karyamu…? Maaf saya tidak mendukung KD. Tapi apa yang dilakukan KD itulah yang selama ini saya cari. logikanya itu sangat irit energi, di rumah saya pake cara-cara KD,

    Alloh telah menurunkan akal buat manusia, bukan untuk saling salahkan, tapi mensyukuri karuniaNya dipergunakan untuk kepentingan umat manusia.

    Insyaflah wahai ilmuwan, Indonesia tidak akan maju jika kalian berkutat pada teori yang membelah akal sehat menjadi beringas kayak begini….. Salam

    1. Saya setuju dengan tulisan Oom OTO, yang dimana hukum fisika apa lah itu namanya (saya kurang faham), hukum yang dibuat oleh manusia, yang mungkin suatu sa’at akan tumbang dengan penemuan penemuan teknologi masa selanjutnya.
      Contohnya jaman dahulu orang orang mengatakan bahwa dunia ini berbentuk datar, tapi kenyataanya berbentuk bundar dan sesuai dengan bentuk bentuk planet yang lainya……..
      Juga semua benda akan jatuh ke bawah, karena ada gravitasi, tapi tak berlaku bagi benda (materi yang berat jenisnya lebih ringan dari udara.
      (benar apa nggak ya………)

  29. anda gak baca ya jangankan admin ato kang dicky ilmuan CERNpun gak bakalan mampu buat generator konsep overunity kan sudah dijelaskan di artikel diatas

  30. ini adalah penemuan yg bagus walau mungkin kalau dinyalakan kontinyu akan meti dalam seminggu atau kurang. Jelas lebih murah operasionalnya dibanding dengan genset bbm.
    Teruskan berkarya……

    1. Sebaliknya, pasti akan jaya Bangsa Indonesia dengan alat ajaib penemuan Dicky Zainal Arifin ini. Satu-satunya bangsa di dunia yang mampu menghasilkan free energy. Jangan sampai Dedy Mizwar diintimidasi oleh CIA dan menggagalkan penemuan ini.

      Semoga setelah kesuksesan penemuan ajaib ini, Dicky Zainal Arifin akan mengenalkan bangsa kita ke leluhurnya yang sudah hilang –Nabi Adam dengan teknologi kloningnya yang luar biasa canggih.

      1. –Nabi Adam itu leluhur Umat manusia kt smua,
        kl Lemurian leluhurnya King Julien bgs lemur &Kang Diki 😛 😀

  31. Kebodohan biasanya cenderung dimiliki oleh seorang yang mempunyai ilmu tinggi/merasa dirinya tinggi sehingga buta [tutup mata] akan hal-hal baru yang tidak sesuai dengan apa yang di pelajarinya.

    Sekedar saran aja nih, solusi yang simple buat mas Widjojo, kl memang hoax mungkin mas bisa bikin generator tersebut sesuai dengan teori yang mas “PERNAH lIHAT/DENGAR” di artikel ini, gak perlu sama dengan yang KD buat, soalnya kl ngeliat artikel di atas, mas hanya memperlihatkan suatu teori purbakala yang opininya di perkuat oleh orang yang mempelajari teori purbakala tersebut, mungkin bisa di katakan kurang lebih [masih terkait dengan paragraf di atas] “kl sudah jadi pendukung fanatik suatu teori pasti orang tersebut akan mempertahankan teori tersebut” kasus kyk gini dah banyak terjadi.

  32. Hahaha betul – betul diluar masuk akal. kalo KD pake teknologi reaksi fisi bisa disebut energi tak terbatas kayak matahari.
    Lah ini jelas jelas sudah diterangkan di hukum termodinamika dan newton mau dilanggar.

    Simplenya gini aja guys lu makan cukup sepiring saja setelah itu kerja selama 10 hari tanpa makan. gimana ?

    silahkan para pakar untuk meneliti dengan seksama disertai landasan teori – teori yang ada.

    kaosnya aja salah mana ada lemurian geographic. hahaha

    1. kl makan cukup 10 piring saja setelah itu kerja selama sehari sj tanpa makan. Gimana ? 😕 :mrgreen:

      dRalat sedikiiiittt sj ya inti matahari itu reaksi Fusi nuklir, kl reaksi fisi di bom atom kyk hiroshima nagasaki

      monggooo diralat & dkompirmasi lg kl msh krg betul,

  33. para ilmuwan sulit nerima pemikiran/penemuan yg tdak sesuai dgn pengetahuan mreka krena hal itu akan membuat mreka hrus mulai dri awal lgi..dan gelarnya yg tinggi pun akan runtuh…

  34. terima kasih atas tanggapannya,..menurut saya presentasi KD yg katanya dilakukan di KADIN itu juga walau cuma untuk tahap awal cukup bisa dijadikan bukti walau mungkin baru dalam ranah hipotesa sementara, why? karena memang baru diperkenalkan dilingkungan orang2 yg tdk cukup berkompeten di bidangnya..ini buat sy langkah maju dari KD untuk berprilaku fair,..dulu biasanya dia selalu “koar2” di lingkungannya sendiri bukan?
    jadi stidaknya klaim mas wijoyo yakni “tipu2” juga tidak 100% benar bahkan cenderung penuh tendensi sinisme seperti yg pernah sy ungkap di postingan sebelumnya, sorry mas sy bukan ahli bahasa tapi sy juga cukup tahu percis mana kata2 yg punya tendensi negatif dan mana yg tidak. 🙂

    sekarang masalahnya tinggal dibedah sendiri oleh orang2 yg benar2 ahli dibidangnya dan tunggu apakah energi yg dihasilkan akan terus menghasilkan output secara kontinue? atau berhenti suatu saat kelak?
    jadi sekali lagi kalau sy tinggal menunggu kelanjutan berita nya… atau jika aa kemampuan dan didukung oleh transparasi dari KD akan sy bongkar dan telaah benda buatannya itu dan dikaji secara dalam ketimbang antipatif,sinis dan cenderung mendahulukan stigma negatif pada pihak yg sudah kadung dilabeli musuh sehingga apapun yg datang darinya sudah pasti dilabeli hoax,omong kosong,tipuan,trik murah etc…sikap yg kurang bijaksana sy kira 😀

    Sekali lagi sy tidak dalam posisi apapun disini, krn sy cuma mengkritisi sj,…dan sy jamin jika memang untuk kesekian kalinya temuan KD ini juga cuma omong kosong, maka yakinilah sy pun akan “menjauh” kembali

    بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا
    تَعْمَلُونَ
    Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
    (QS: Al-Maidah Ayat: 8)

    salam mas…

    1. ilmu saya memang tidak terlalu tinggi. tapi kalo masalah inverter, itu jelas mengubah arus DC ke AC.

      membuat generator AC itu jauh lebih enak daripada DC, disamping itu lebih slim. dan masih banyak keuntungan generator AC ini. silakan cari di google kalo nggak percaya.

      test diatas, harusnya dibuktikan dengan mencopot accu (aki). dimana atau setidaknya aki diganti dengan kapasitor saja, jika cuma untuk menyimpan arus sementara.

      pada kenyataanya, akinya nempel. jelas inverter itulah kunci dari alat yang dipublis tersebut. tidak lebih tidak kurang.

      oh ya, silakan cari maksud kata dalam aki 12v 3AH. anda akan tidak heran jika bisa menyalakan 600watt. tapi tentu saja tidak 1 jam lagi lama nyalanya. hehehe.

      1. Kawan saya membuat rangkaian aki untuk menyalakan semua lampu satu rumah bila mati lampu. Arus berasal dari listrik pln yang disimpan di aki. Kira2 setara 600 watt nyala yang hasilkan. Tapi, dari sekian lama digunakan, hanya mampu bertahan sekira 3 jam. Setelah itu harus diisi lagi seharian. Mungkin bila memakai time travel maka hambatan waktu bisa diatasi dan jadilah gtbb ala dicky.

      2. 600 watt=12 Volt kali 50 Amper, jika akinya hanya 3,5 Amper maka energinya maksimum adalah 12 volt X 3,5 Amper= 42 watt

      3. bos ane mau tanya ,untuk menghilang jedah ketika pln ganti generator oleh relay ,karena selalu drop voltage shg ngg bisa mengcover motor

      4. kalau aki 12v x 3Ah bisa nyala 600 watt dapat darimana rumusnya? 12 volt x 3 ampere cuma 60 watt…kecuali kapasitas akinya 50 ampere kayak aki mobil om…

  35. pertamax

    alhamdulillah sudah ada pemerhati temuan KD ini yg sepertinya bisa dikatakan cukup punya ilmu untuk menilai apakah temuan KD ini layak atau tidak…dan kalau sy baca lagi teryata memang temuan KD ini tidak bisa disebut “inovasi baru” karena memang hanya memanfaatkan apa yg sudah ada dan mixing teknologi semata… namun perlu dicermati juga bahwa Klaim yang mengatakan bahwa GTBB mampu menghasilkan energi baru tanpa input energi sama sekali adalah tidak benar secara ilmiah, sayangnya baik penulis maupun KD tidak bisa menjabarkan lagi secara ilmiah klaim masing2…sehingga kesimpulan akhir menurut saya belum bisa diambil; penulis belum bisa membuktikan secara ilmiah ketidak benaran klaim itu dan begitupun dengan KD belum bisa menjelaskan secara penuh…

    Layak ditunggu kelanjutan beritanya…

    1. Pernah dengar hukum termodinamika dan hukum kekekalan energi? Keduanya sudah terbukti berlaku secara umum, untuk apa lagi dibuktikan ulang?

      Dalam prinsip sains, seandainya bisa ditunjukkan satu saja contoh kasus yang melanggar keduanya, maka otomatis kedua hukum tadi runtuh.

      Jadi, yang perlu menunjukkan bukti adalah Dicky….

      Rumus rahasia hukum kekekalan energi versi Dicky yang akan terus selamanya dirahasiakan dan hidup di khayalan para pemujanya. 🙂

      1. hmmm…sperti biasa lagi2 mas widjojo cuma bisa menyudutkan KD dgn dalih yg dipaksakan..gpp sy sudah maklum dan terbiasa 😀
        sudah jadi hal yg lumrah apabila ada suatu klaim yg tdk wajar atau menyalahi “hukum” yg berlaku secara umum akan dipandang suatu yg absurd dan mustahil seolah “hukum” yg berlaku secara umum itu adalah sesuatu yg absolut…
        sy bukan ilmuwan dan bukan pemerhati teknologi tapi sy memiliki minat yg cukup besar terhadap sesuatu yg baru untuk itu wajar bagi sy untuk tdk terlalu antipati terhdapat inovasi2 baru apalagi jika sikap antipati itu dicemari dengan sikap antipatif terhdapat “pihak dibelakangnya”

        dan untuk itu sudah semestinya dan cukup adil rasanya jika pihak yg pro dan kotra itu juga dalam kadar yg sama untuk membuktikan kedua2nya siapa yg paling valid secara ilmiah atau tidak…

        dan harap pula dicatat, sekali lagi penulis dalam hal ini muhamad firmansyah juga belum secara gamblang mematahkan klaim KD, beliau hanya mengatakan TIDAK MUNGKIN,..siapapun bisa mengatakan itu termasuk mas widjojo atau sy…apalagi mengait2kan hukum termodinamika dengan klaim KD…

        sy tidak dalam posisi siapapun disini..jika memang temuan KD ini sudah dibuktikan tidak mungkin secara ilmiah,.pen. artinya temuan KD ini cuma tipuan atau trik dan lagi2 ratusan atau ribuan murid HI tertipu dan dibodohi oleh orang yg tamatan sekolahnya gak nyambung sama sekali dengan teknologi ….. kacian 😥

      2. seolah “hukum” yg berlaku secara umum itu adalah sesuatu yg absolut…

        Sains itu tidak absolut, tapi bergantung pada hasil pengamatan. Sejauh ini, hukum termodinamika dan kekekalan energi sudah teruji benar. Seandainya ada satu contoh kasus yang melanggarnya, misal mesin ciptaan Dicky, maka hukum ini batal.

        Ya, Dicky yang harus membuktikan. Selama tidak terbukti, maka tipu-tipu apalagi sudah nyata bertentangan dengan hukum yang sudah teruji.

        Jangan dibalik logikanya. Selama tidak terbukti tipu-tipu, maka dianggap nyata.

      3. apalagi mengait2kan hukum termodinamika dengan klaim KD…

        Loh, hukum termodinamika ini berlaku secara umum, pada mesin apapun, mesin motor, mesin mobil, tubuh manusia, gerakan jatuh bebas, dll. Gerakan Anda sehari-hari pun tidak lepas dari hukum termodinamika. Energi yang Anda makan tidak 100% berubah jadi kerja, efisiensinya kurang dari 100%, ada yang digunakan untuk melawan gravitasi, ada untuk melawan friksi gaya gesek, dst.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s