Ternyata Guru Utama Hikmatul Iman Tidak Tahu Waktu Kelahiran Rasul


Guru Utama Hikmatul Iman, Dicky Zainal Arifin, yang katanya sangat ahli berbahasa Arab, ahli teknologi, bahkan sampai dikenal alien ternyata tidak mengetahui sama sekali sejarah Nabi Muhammad saw. Mungkin karena nabinya adalah Hammadz si penguasa teknologi Lemurian, bukan Rasulullah Muhammad saw.

abu-lahab-adalah-bhallamin

Seperti inilah kualitas seorang Guru Utama Hikmatul Iman.

Penjelasan Ulama

Berikut adalah penjelasan yang mengutip dari berbagai referensi kitab ulama. Walaupun memang ada perbedaan pendapat, tidak berarti seseorang dapat dengan mudahnya menyatakan tanggal lahir rasul tidak jelas, seolah-olah Dicky ini sudah meneliti seluruh riwayat hadits yang berkaitan dengan kelahiran Rasul saw. Jika Dicky bisa mengetahui sejarah hingga masa Adhama (red: Nabi Adam) dan muridnya, Arkhytirema, apa sulitnya bagi dia mengungkap tanggal lahir pasti Rasul saw? Ataukah dia terlalu pengecut untuk mengungkapkan khayalannya ke depan umum dan memilih menebarkan keraguan saja di kalangan umat?

Tanggal Kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diperselisihkan secara tajam. Ada yang mengatakan bahwa beliau lahir tanggal 2 Rabiul Awal, 8 Rabiul Awal, 10 Rabiul Awal, 12 Rabiul Awal, 17 Rabiul Awal (Lihat al-Bidayah wa Nihayah karya Ibnu Katsir: 2/260 dan Latho’iful Ma’arif karya Ibnu Rojab hlm. 184-185). Semua pendapat ini tidak berdasarkan hadits yang shahih. Adapun hadits Jabir dan Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma yang menerangkan bahwa tanggal kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah tanggal 12 Rabiul Awal tidak shahih. Kalaulah shahih, tentu akan menjadi hakim (pemutus perkara) dalam masalah ini. Akan tetapi, Ibnu Katsir rahimahullah berkata tentang hadits tersebut, “Sanadnya terputus.” (al-Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Rajab hlm. 184-185)

Berhubung penentuan hari kelahiran beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak ada yang shahih, tidak mengapa kalau kita menukil pendapat ahli falak. Banyak ahli falak berpendapat bahwa hari kelahiran beliau adalah pada tanggal 9 Rabiul Awal, seperti al-Ustadz Mahmud Basya al-Falaki, al-Ustadz Muhammad Sulaiman al-Manshur Fauri (Sebagaimana dinukil oleh Shofiyurrohman al-Mubarokfuri dalam ar-Rahiqul Makhtum hlm. 62), dan al-Ustadz Abdullah bin Ibrahim bin muhammad as-Sulaim, beliau mengatakan,

“Dalam kitab-kitab sejarah dan siroh dikatakan bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam lahir pada hari Senin tanggal 10, atau 8, atau 12 dan ini yang dipilih oleh mayoritas ulama. Telah tetap tanpa keraguan bahwa kelahiran beliau adalah pada 20 April 571 M (tahun Gajah), sebagaimana telah tetap juga bahwa beliau wafat pada 13 Rabiul Awal 11 H yang bertepatan dengan 6 Juni 632 M. Selagi tanggal-tanggal ini telah diketahui, maka dengan mudah dapat diketahui hari kelahiran dan hari wafatnya dengan jitu, demikian juga usia Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan mengubah tahun-tahun ini pada hitungan hari akan ketemu 22.330 hari dan bila diubah ke tahun qamariyyah akan ketemulah bahwa umur beliau 63 tahun lebih tiga hari. Dengan demikian, hari kelahiran beliau adalah hari Senin 9 Rabiul Awal tahun 53 sebelum hijriah, bertepatan dengan 20 April 571 M. (Taqwimul Azman hlm. 143, cet pertama 1404 H)

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, “Sebagian ahli falak belakangan telah meneliti tentang tanggal kelahiran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ternyata jatuh pada tanggal 9 Rabiul Awal, bukan 12 Rabiul Awal.” (al-Qaulul Mufid ‘ala Kitab Tauhid: 1/491. Dinukil dari Ma Sya’a wa Lam Yatsbut fis Sirah Nabawiyyah hlm. 7-8 oleh Muhammad bin Abdullah al-Ausyan)

Dengan demikian, apa yang dirayakan oleh sebagian kaum muslimin pada tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya? (-ed muslim.or.id)

***
Penulis: Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi

Dikutip oleh muslim.or.id dari artikel 8 Faedah Seputar Tarikh Majalah Al-Furqon Edisi 08 th. ke-8 1430 H/2009 M

Sumber: http://muslim.or.id/manhaj/tanggal-kelahiran-nabi.html

Iklan

135 thoughts on “Ternyata Guru Utama Hikmatul Iman Tidak Tahu Waktu Kelahiran Rasul”

  1. Seperti kata bangsa Lemurian: Anjana Ambilka Anjana Balgika = Anda Marah Anda Bodoh .. Sudahlah kalian yang tidak percaya karena belum tahu bukti yang kuat tentang penemuan dan bahasan KD .. Dan saya juga memang blum tau bukti yang kuat itu .. Disini saya org yang netral tidak kesana tidak kesini .. Dan saran saya kalian juga tidak bisa memvonis KD sesat dong siapa tau beberapa taun kedepan KD bisa mempublikasikan bukti dari bahasan KD .. Lagian KD juga kan manusia punya HAM . tahukan HAM itu apa ? Dan yang mendukung KD juga gabisa marah marah juga.. Memang kalian itu kesel karna admin blog ini menyebarkan bahasan dan kata kata KD yang belum tentu KD itu salah tapi inget apa kata Bangsa Lemurian: Anjana Ambika Anjana Balgika .. Lebih baik kita introfeksi diri saja (termasuk saya) karena belum tentu kita lebih baik dari KD dan juga blum tentu diri kita lebih baik dari admin blog ini :)) saya disini gaada maksud untuk ceramahin toh saya sendiri juga cuma manusia biasa yang mempunyai segudang kesalahan .. Udahlah gaperlu dibahas toh kalo memang KD bner nanti juga ada beritanya dan juga kalo KD salah ntar juga ada infonya ya kan ? 🙂

  2. KONON katanya kang dicky bs Timetravel….tp tdk bs mengetahui WAKTU KELAHIRAN RASUL ??
    😯
    Jd selama ini kisah2 Timetrvaelnya hnya dusta Ngibul bin hoax?
    😮
    Setelah berTAHUN-TAHUN lathn TD dan mnggunakan brainaktifator(BA) Ternyata murid2 HI yg sdh ”merasa sok pintar”, logika dan akal sehatnya sdh mampet dicekoki indoktrinasi &bualan ngibul gurubesarnya bahkan tdk ada yg mampu membuat ”produk penemuan” spt yg dilakukan gurunya 😛

    perintah sujud kpd Dorpal tercantum dlm al Quran ayt brapa hadits nya diriwayatkan oleh siapa aspal ato maudhu??
    Msh mnganggap sujud ke dorpal sbg bagian ajaran Islam bukan sbg penyimpangan yg menyesatkan?

    Pasti murid2 KD yg sdh lama memakai BH….,eh BA tdk ada yg mampu jawab disini :mrgreen:

    Heuheuheu 😛 😆

  3. Takutnya BOS DICKY ini mengalami kepribadian ganda (Alter Ego) .. hari ini ngomong di palsu kan BHALLAMIN .. besok di palsu kan RHAMIDAR … wkwkwkwkwk … Delusi tingkat tinggi .. bukan ilmu tingkat tinggi .. wkwkwkwkwkwk .. ini info dari kaka seperguruan tunggal ilmu .. tunggal guru .. di karena kan apa yang di di bicara kan oleh BOS DICKY adalah 100% CONTEKAN alias COPY PASTE .. wkwkwkwkwk .. BOS DICKY tadi nya belum di izin kan untuk buka padepokan silat oleh guru tunggalnya .. wkwkwkwkwkwk .. Semoga BOS DICKY sudi meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya di blog ini .. wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  4. The transient # Iya habis lucu sih dengar ajaran BOS DICKY yang imoet .. saking IMOET nya di palsu kan oleh BHALLAMIN sampe anak cewek HAMIL … wkwkwkwkwkwk .. korban ajaran tenaga dalam /tenaga metafisika BOS DICKY juga imoet imoet … belum banyak belajar tentang SUNNAH .. jadi ya begini .. giliran belajar sunnah dari GOOGLE .. wkwkwkwkwkwk .. TENAGA DALAM TINGGKAT TINGGI adalah MUKJIZAT … ckckckckck .. wkwkwkwwkwk #prei OPLOSAN

  5. Baltik # Cepat sujud ke DORPAL .. biar cepat aktif sel otak nya .. wkwkwkwkwkwk … tapi yang IKHLAS jangan ngarep KESAKTIAN … sonoh sujud … wkwkwkwkwk … DORPAL .. #prei OPLOSAN

  6. Koreng gaib : Kalau malas mikir jangan lantas marah marah .. terus jangan CURHAT di radio streaming ah .. malu .. guru besar padepokan silat kerjanya CURHAT .. wkwkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  7. Baltik # Kenapa sewot baca lirik lagu ? Ingat pesan BOS DICKY yang TAJIR .. “TURUNKAN EGO MAKLUMI ORANG LAIN” .. Gitu aja sewot .. Dasar LEMURIA kawe 3 … Wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  8. DICK DICK KIBUL DICK YO
    DICK DICK KIBUL DICK YO

    Gua Dicky Zainal Arifin
    Penyebar bid’ah dan hobi nyesatin
    Novel Akitirem gua terbitin
    Nabi gua sendiri gua main-mainin

    Hikmatul Iman gua diriin
    Buat nipu awam gua aktingin
    TD TM ternyata transfer jin
    Tapi depan orang gua islam-islamin

    Lemuria Atlantis gua mitosin
    Akitirem segala gua cocok-cocokin
    Inca asalnya dari orang sunda
    Gobloknya murid gua ketipu semua

    DICK DICK KIBUL DICK YO
    DICK DICK KIBUL DICK YO

    Nih, yang lu kata otak 2,5% aja bisa bikin peginian.

  9. Lagu buat kang dicky ,.. Figur tercinta_

    Menolong harus dengan iklas tanpa perduli cibiran dari kanan kiri
    hanya berharap ridho allah

    kang dicky suka menolong orang yang sedang kesusahan
    3x
    yeee yeee…Yeeee……

  10. Indra # Saya meneliti semua yang di HIKMATUL IMAN tanpa bantuan AKI TIREM .. RHAMIDAR .. KULNAKA .. KARNAK .. coba saja tanya murid / senior HIKMATUL IMAN siapa KULNAKA itu pasti mereka BINGUNG dan harus minta petunjuk dari BOS DICKY .. wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  11. sy kloningan dicky kang,,muka mirip
    99%,postur tubuh 99%,suara dan
    dialek 99%.makax kemana mana
    pake masker kang,habis malu dikira
    tukang ngibul….hi hi hi hi

  12. Zanuura
    Enympphee-na
    Urephratha
    Syncroona … ini artinya apa yah ? kalau DEWA RA bahasa LEMURIA nya apa ? wkwkwkwkwkwkwk … HIDUP BHALLAMIN .. kapan nih mau memalsukan BOS DICKY lagi ? wkwkwkwkwk .. BOS DICKY kapan si HAMMADZ lahir tahun berapa yang benar ? wkwkwkwkwk .. HIDUP ETHNAM jangan cemburu ya kalau KANG BHALLAMIN nyamar jadi BOS DICKY .. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

      1. Pak wira kok tau banyak tentang istilah antah berantah versi dicky? Jangan jangan pak wira klonengan balamin wkwkwkkwkwkwwkwkwk… kasian balamin ya.. jadi biang kerok terus.. gapapa lah jadi klonengan balamin asal jangan hamilin cewek trus balamin yang disalahin ya 😀

  13. analisa sy anak hi bukanx tiarap krn dilarang dicky nimbrung di blog ini,tp udah kehabisan duit buat ke warnet ato beli pulsa.padahal mereka pagi,siang,sore,malam nyales produkx si “jenius 40%” dicky tp kagak laku2…..tanya kenapa?????

  14. Kalau murid HI faham JUNNA sujana gk ya ? wkwwkwkwk .. bahasa LEMURIA ko nyontek dari bahasa ARAB ? katanya cikal bakal ZHUNNDA ? wkwkwkwk .. ANJANA AMBIKA ANJANA BALGIKA .. ini doanks yang mirip bahasa SUNDA .. wkwkwkwkwk .. HIDUP ATLANTIS .. HANCURKAN LEMURIA .. USIR LEMURIA DARI BUMI .. SEJARAH AKAN TERULANG .. HIDUP BHALLAMIN .. HIDUP ETHNAM .. wkwkwkwkwkwkwkwk .. AYO bhallamin PALSUKAN bos dicky kembali .. wkwkwkwkwkwkwk .. HIDUP BHALLAMIN usir ZNEZENELLA .. wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

    1. Kalo DRULA apaan Kang? Akitirem masih bayi dikejar anjing supersonik ya? Komet Haley kerjaan Akitirem ya? Badar itu dulu nama PLANET? Akitirem sekolahnya cuman streaming Youtube doang ya?

  15. Asal kalian ketahui bahwa yang kalian anggap ILMU NGIMPLENG pada perguruan kami (HIKMATUL IMAN) adalah proses ANALISA … wkwkwkwkwkwk .. lalu apa fungsi tebar tebar panas di kepala/PINEAL GLAND ? wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  16. Bicara soal kloning, saya mencoba mengkloning lukman tetapi tidak bisa karena dia sekarang berganti dialek, jawa, sunda, betawi, surabaya, dan bahasa lainnya yang saya tidak mengerti. Mungkin para murid dicky bisa memberi pencerahan?

  17. The Transient # Paling hasil IMPLENGAN anak hikmatul iman anda itu adalah PERDANA AHMAD tukang RUQYAH yang WAHABI … wkwkwkwkwk .. persis BOS DICKY yang gembar gembor WAHABI di open dialog .. wkwkwkwkwk .. apa gk bisa NGIMPLENG ? wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  18. Rocketball # Anda KLONINGAN saudara WIDJODJO SALIM ya ? wkwkwkwkwk .. kata pendekar TEBAK TEBAKAN hikmatul iman .. wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

    1. sy kloningan dicky kang,,muka mirip 99%,postur tubuh 99%,suara dan dialek 99%.makax kemana mana pake masker kang,habis malu dikira tukang ngibul….hi hi hi hi

  19. mau bikin lagu ahhh,judulnya kibal-kibul,aliran musik dangdut koplo…silahken dinikmati:

                   abang dicky kok ngibul teyusss
                   tak takutkah abang sama dosa
                   jangan bodohi akyu teyusss
                   akyu takut abang nanti berlumur dosa
    
          duit bisa dicari bang dengan cara yg halal
          mungkin sekarang abang belum sadar
          jgn ajari muridmu bang jadi pengkhayal
          nanti muridmu sujud depan dorpal di umbar umbar
    

    Reff:
    kibal-kibul bang dicky tukang kibul
    dapur gak ngebul jgn jadi alasan
    kibal-kibul bang dicky hobby ngibul
    kalau ketahuan jangan banyak alasan

          abaaang jangan sok pamer
          semua juga tau itu hasil ngibul
          cuma murid bahlul yg bisa di setir
          sampai nganggap abang bagai seorang rasul
    

    silahkan bagi teman2 yg mau nambahin atau rubah aliran musikx biar tambah rancak….hi hi hi hi

  20. Kalau BATU MERAH DELIMA sudah pernah di bahas BOS DICKY di YOUTUBE yah ? hebat yah BOS DICKY bisa membongkar itu biar pun TELAT karena itu TRIK LAMA ahli METAFISIKA loh .. sama seperti TRIK pecah pantat botol yang sering di atraksi kan HIKMATUL IMAN … wkwkwkwkwk .. kalau mau tahu mustika merah delima yang asli ada di ETHNAM karena itu perhiasan milik dia tapi sayang nya BOS DICKY kalah SAKTI .. wkwkwkwkwk .. buktinya BOS DICKY tidak bisa menyamar menjadi BHALLAMIN tapi BHALLAMIN bisa menyamar menjadi BOS DICKY … wkwkwkwk .. HIDUP ETHNAM .. HIDUP ATLANTIS .. HANCURKAN LEMURIA .. wkwkwkwkwk .. #prei OPLOSAN

  21. Yang bilang gua kloningan pada ngerti komputer ga sih?
    Tau nggak caranya identifikasi kloningan? katanya SEL OTAK SUDAH PADA AKTIF?
    AHLI BERPIKIR?

  22. SKULL CRYSTAL .. apaan tuh ? wkwkwkwkwk .. kaya mainan ponakan saya yang bisa nyala .. wkwkwkwkwk .. itu bisa di pakai kalau sudah ditemukan dengan jumlah 13 … kaya HARRY POTTER yah ? emang ada penjelasan HADITS tentang skull crystal ? paling kata BOS DICKY hadits nya di buang oleh BHALLAMIN … wkwkwkwk .. HIDUP BHALLAMIN .. HIDUP ETHNAM .. HIDUP ATLANTIS … enyah kan LEMURIA … wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  23. Hidup ATLANTIS hancur kan LEMURIA bersama BOS nya !! buat LEMURIA pindah ke planet lain seperti dahulu .. wkwkwkwkwk .. BHALLAMIN bisa menyerupai BOS DICKY tapi bos dicky tidak bisa menyerupai BHALLAMIN .. wkwkwkwkwk .. ayo ETHNAM support kang BHALLAMIN .. wkwkwkwkwk .. mumpung si AKI TIREM lg molor di GEDUNG PADRANG … wkwkwkwk .. HIDUP ATLANTIS SEJARAH AKAN TERULANG .. LEMURIA akan MINGGAT .. wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  24. Baltik # Sudah bisa NGIMPLENG ? pakai bilang KLONINGAN … wkwkwkwkwk .. terus nanti bilang HIW adalah WAHABI … wkwkwkwk .. kaya BOS DICKY bilang di open dialog .. wkwkwkwkwk .. anda layak jadi KAKI KANAN bos dicky .. wkwkwkwkwk .. chiaaaattt #prei OPLOSAN

  25. Koreng gaib # Mau ikutan SAKTI seperti BALTIK gk ? yang semangat yah bela BOS DICKY jangan lupa belajar HADITS dari mbah GOOGLE .. wkwkwkwkwk .. terus tanya ke BOS DICKY hadits nya SHAHIH gk ? kalau anda tidak tanya kemungkinan anda di anggap BHALLAMIN yang menyamar menjadi MURID HIKMATUL IMAN loh … wkwkwkwkwkwk .. Hidup ATLANTIS enyahkan LEMURIA seperti dahulu .. wkwkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  26. Baltik # Selamat TM anda akan segera di naik kan oleh BOS DICKY pada saat latihan gabungan .. wkwkwkwkwk .. ciye baltik jadi SAKTI .. ciye baltik jadi ILMUWAN out of the box .. ehem .. chiaaattt .. wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

    1. Satuan TM berapa sekarang kang? Kalo rutin sujud ke DORPAL setelah khatam baca novel ARKHYTIREMA jilid 1 sampai 2B di sepertiga akhir malam sambil bilang SAMPRAZAAN memperkuat TM ga kang?

      1. Maaf nih ya gua banyak ngata2in soal sujud ke DORPAL, lu-lu pada yang sewot baca nih: https://sites.google.com/site/rerolet/kalimat

        ^Perintah Sujud hanya KEPADA ALLAH SWT^

        Apa yang GU kalian lakukan:
        https://drive.google.com/file/d/0B45X88gS5kJTMVg4ZHczbm9ORk0/
        Beliau sendiri yang ngomong.
        https://hikmatulimanwatch.org/2013/12/20/pengakuan-dicky-zainal-arifin-diusir-penjaga-masjid-nabawi/

        Mana ada ahli tauhid, SUJUD kepada BENDA MATI FIKTIF berbentuk BOLA yang tidak pernah ada dan memfitnah bahwa Nabi Muhammad SAW membangun rumah diatas si DORPAL itu? Mau ikut-ikutan syirik?
        Kalo masih juga belain dicky, koplok kalian udah kebablasan.

  27. Koreng gaib # PROF. YOHANES SURYA .. ikut tenaga dalam gk ya ? ko bisa atraksi ala HIKMATUL IMAN ? wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  28. Di HIKMATUL IMAN tidak ada patokan iuran .. tapi pakai SUBSIDI SILANG .. kalau mau sel otaknya aktif .. ya beli BRAINWAVE .. wkwkwkwkwk .. kalau mau sehat .. ya pakai ASCLEPIUS .. wkwkwkwk .. kalau mau hasil latihan nya bagus sebelum latihan .. ya beli RAGANI … wkwkwkwk … BOS DICKY getoh loh .. wkwkwkwkwk .. #prei OPLOSAN

    1. Wahhh widjojo sudah membuktikan semua manfaat teknologi dan hasil pemikiran kd,,,,tapi kenapa lou tetep bego yahhh,, sabar saja dan sering ditapi sama kd biar dikit2 lou pada ga ooon2
      Banget,,,,, selamat mencoba gratis lou berobat ke kang dicky,,,

      1. Gpp lou kan kaki tangan bhalamin,,,tar lou dikasih mungkin updatetan terbaru gimna caranya buat org supaya selalu bercerai erai dan tidak bersatu…eehhhh widjojo widjojo kenapa lou harus pake banyak akun kloning ,,, apakah lou bikin supaya seolah2 banyak yang org dengki dan iri,,ke kd padahal itu akun cuma satu aja lou yang buat,,

    2. bagus jenius ini ,kreatif ..tu kan makin terbukti kd itu jenius .. Kan bagus bisa membuka lapangan kerja baru … Membantu pembangunan negara menuju kemakmuran..

      1. Emang ada alatnya yang jalan? Emang alatnya ada yang beneran? RAGANI paling air sirih campur pala campur cabe ama merica dikit ama ketumbar. Paling ntar DORPAL buat lu pada sujudin dari gips diisi timah dicat pilox warna silver

  29. Ini saya ungkit teknologi kd buat menantang kalian yang ngaku Lbih cerdas dri kd .Kalau tidak bisa ngalahin ini aja ..Makin trbukti kmampuan otak kalian memang rendah dri kd ./roket botol itu mengandalkan daya tolak air ,sdangkan demo kang dicky sangat sangat beda.. Nah tu… Kan ketahuan lagi tingkat kmampuan otaknya rendah ..Analisisnya tidak akuratt..
    Kalau soal kmampuan otak ini saja belum dibuktikan …Maka akan selamanya tetap di pandang rendah dari kd … Tetap di pandang tidak realistis mengkoreksi pmikiran kd … Sulit memang mahluk 2,5% .. Smpai sampai presiden pejabat mahluk 2,5% menjalankan negara gak becus.. Cma gelar akademis yang dipanjang2kan .. Tapi kmampuan otak rendah kurang nutrisi

    1. Dan saya yakin keampuan mbak koreng cuma 0.5%. diliat dari cara berpikirnya seperti itu.. klo logikanya dcky lebih dari 2.5% dia dah jadi menristek. Keliatan kok klo mbak koreng oon. Demo diky kaya pe jual obat aja didewa dewakan..

    2. Eisntein kemampuan otaknya 2,5% , bisa membuat Nuklir, Habibie jg 2,5% bisa bikin Pesawat . Yg 40% harusnya sdh bisa membuat lbh dari, Tapi…………? Semua hanya wacana dan wacana, kl teknologinya ga bisa dubuktikan alasan banyak dihalangin pihak2 lain.
      Dulu pernah bilang mau bikin mobil yg konsumsi bahan bakarnya 1 liter bisa untuk jalan 100 KM, tapi manaaa..?

  30. Baltik # Tingkatkan daya IMPLENG anda .. kopstand sana 24 jam .. wkwkwkwk .. kalau sudah MAHIR bantu cari pesawat malaysia airlines .. kalau perlu anda kejar ALIEN yang ngumpetin pesawat tersebut seperti bualan BOS DICKY .. wkwkwkwkwkwk .. jangan lupa SUJUD dulu ke DORPAL .. biar sel otak anda aktif .. wkwkwkwk #prei OPLOSAN

    1. DORPAL dibawah mesjid Nabawi loh kata Kang Dicky, inget, jangan salah arah ya! harus bisa ngimpleng arah ke DORPAL dengan tepat jangan malah ke mekah! DORPAL ya inget, DORPAL!

  31. turunkan ego,maklumi kalo dicky ngibul….(kasihan klo gak dimaklumi,nanti dapur dicky gak ngebulll)….any question??

    1. Waduuuuuhhh wadukk,, oooon banget lou jo,,, kalau lou bisa turunkan ego dan maklumi org,, kenapa louuuu sewottttt,,,ah gue oplos dehhhhh huahuahua wkwkwkwkwwk… gimana jo ada pertanyan lain?

  32. Murid HIKMATUL IMAN itu pemberani loh dan tidak menbual … anehnya setiap janjian dengan admin fakta berbicara lain .. wkwkwkwkw .. LAIN DI MULUT LAIN DI HATI … wkwkwkwk .. padahal BOS DICKY selalu mendengungkan jangan NATO .. wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  33. Oh iya bisnis kalung & gelang ASCLEPIUS punya BOS DICKY sukses gk ? wkwkwkwkwk .. ko gk ada kabarnya ? kalah saing sama BIOSFIR punya ATLANTIS ya ? wkwkwkwkwk .. INTELEK & ILMIAH .. wkwkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

  34. Baltik # ini masalah AQIDAH bukan masalah SAKTI atau TEKNOLOGI .. BOS DICKY tidak mempunyai KAPASITAS dalam hal ini !! masih mau nipu UJI TENAGA DALAM pecah pantat botol ? Silahkan BOS DICKY menjelaskan faham ABHANES di hadapan umat islam !! wkwkwkwkwk .. coba tanya ke PROF. YOHANES SURYA tentang JIN BOTOL kebanggaan LSBD HIKMATUL IMAN .. pasti jawaban beliau .. wkwkwkwk .. INTELEK getoh loh #prei OPLOSAN

    1. Lou bodoh banget kenapa lou tanyague,, lou tanya kang dicky langsung,,, takut apa sih jo,,, jo, eeh boleh tau ga,, emang lou agamanya apa sih ,,?….

      1. Baltik.. cuma segitu kapasitas otakmu? Coba deh brain aktivator djpake.. tempelin speaker yang biasa buat kontes car audio kelas spl kejidatmu dengan volume penuh biar jawabnya agak ilmiah.. setidaknya ilmiah menurut HI

  35. Asal di ketahui oleh para pembaca blog HIW .. setelah sekian lama mengkritisi pelajaran yang ada di LSBD HIKMATUL IMAN yang di kenal sangat FRONTAL di kalangan dunia persilatan belum pernah di respon dengan oleh fihak BOS DICKY … wkwkwkwk .. timbul pertanyaan mengapa bos dicky diam seribu bahasa ? wkwkwkwkwk #prei OPLOSAN

    1. Timbul pertanyan kenapa lou sewot banget lou takut org jadi pada sadar, lou takut org lebih cerdas, lou taku orgbakal lebih bisa bermanfaat untuk umat,, lou takut apalagi,,, lou udah pada ketakutan banget,,, dasar lou org cuma bisa nato alias lou banyak omong karena lou ga bisa action,,, wkwkwkwkw..kasihan banget….

      1. takut apaan???sy disini cuma nyela2 dan ngejek ajaran dicky dan murid2x yg b*go2…..turunkan ego,maklumi kalo dicky ngibul.hi hi hi hi

      2. sy rocketball menyataken akan mengikuti dan menjadikan dicky za sebagai guru dan panutan sy dan keluarga sy seumur hidup jika dia bisa membuktikan secara ilmiah atau agama(salah satux sj) bahwa nabi Yunus AS di telan kapal selam atau bukan dia yg menghamili gadis (yg katax) naksir sm dicky sampai membuahkan anak tp dicky bilang yg melakukan bhalamin(sy jg minta bukti fisik bhalamin klo memang betul dia ada dan eksis sampe bisa hamilin org) secara ilmiah atau agama…..gmana ada muridx yg mau jelaskan?atau dickyx sekalian silahkan di jelaskan!!!!

  36. Koreng gaib # Anda jangan sok tahu soal HADITS .. kalau HADITS itu sudah di IMPLENG oleh BOS DICKY belum ? .. wkwkwk ..anda udah bisa matahin KIKIR GANTUNG belum ? wkwkwkwk .. BOS DICKY ngomong ngalor ngidul DARK SIDE MOON segala macam .. bla .. bla .. bla .. qo masangnya JIN botol ngamuk ? mbok masang yang CANGGIH supaya gk malu maluin LEMURIA indonesia .. wkwkwkwk …kalau teori JIN BOTOL tanya sama PROF. YOHANES SURYA .. pasti beliau bilang … wkwkwkwkwk .. jangan bawa HADITS sebelum di teliti BOS DICKY .. wkwkwkwk #prei OPLOSAN

  37. Tu kan makin kelihatan saja kmampuan otaknya di bawah standar. Cara ngibul saja blum jenius.. Mainan anak SD mana botol meledak…
    Itu percobaan orang jenius (kang dicky) hasil mikir .Itu demo prinsip dasar anti gravitasi .. Makanya pke barang bekas dulu wajar meledak kan bukan prototipe ..
    Kalian yang konon mengaku lebih cerdas dri kd apa buktinya ,ayo 1 atau 2 saja teori ,percobaan yang otentik keluar dari otak sendiri hasil mikir…
    Tidak ada yaaa
    ya memang tidak sanggub .. Kemampuan otaknya jauh di bawah kd .. Maklum kd manusia super yang bikin kalian kebingungan bingunggg karna belum meningkatkan kemampuan otak maksimal.. Orang jenius kelas berat itu mang bgitu sering dikatakan gila oleh orang yang berkemampuan otak rendah karna otaknya gak sanggub melebihi kapasitas.. Goyah karna kurangnya nutrisi..

    1. makax klo dicky beraksi jgn ditelan mentah2 reng,,ayo berpikir open mind,dan kritislah…buka2 lagi buku kimia smp kelas 3 reng,ada dsitu penjelasan botol plastik gerak sendiri.malah di kimia sma lbh canggih lg botol plastik dibikin roket air atau aquarocket.sengaja sy nggak mau jelasin dsini caranya biar si koreng ngasah2 otakx yg tumpul akibat kelamaan di bego2in si dicky.cayooo koreng belajar lagi biar pinter beneran,jgn pinter dibuat2 ala dicky….

    2. Gue kasih dech 1000 jempol,,, emang org yang sewot itu org yang penakut,,,takut kebodohannya lebih kelihatan karena dia cuma bisa NATO,,, org yang iri itu jelas sekali org yang lemah ka mampu nandingin jadi cuma bisa cuapp doang,,,hehehe org yang bodoh dan juga tidak berguna,,, tapi lumayan lhh cuap 2 doang gue punya gajih kok,,, mana mau gua cuap sini cuap sinu kalau ga ada duit,,, kasihan banget boneka, boneka…

  38. @wiranata lu jangan banyak ketawak ntar otak lu makin nurun kmampuannya: Rasulullah shallallâhu ‘alaihi
    wa sallam bersabda:
    (( َﺓَﺮْﺜَﻛ ﺍﻟﻀَّﺤِﻚَ ، ﻓَﺈِﻥَّ ﺍﻟﻀَّﺤِﻚِ ﺗُﻤِﻴﺖُ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐَ ﻻَ ﺗُﻜْﺜِﺮُﻭﺍ .)) Artinya: “Janganlah kalian
    banyak tertawa!
    Sesungguhnya banyak
    tertawa dapat mematikan
    hati.”

      1. Ada kang.. kan yang hamilin cewek tu jelas jelas balamin kan guru mereka yang bilang ndiri.. yang jadi pertanyaan balamin yang nyamar ato bahkan malah dicky sendiri adalah balamin yang sebenernya ups…

      2. Dalam kasus balamin menyamar jadi dicky.. terus teranh saya bingung dan kebingungan yang sangat manusiawi.. apa balami ln yang me yamar jadi dcky atau malah dickynya sebenernya pencipta tokoh balamin untuk dinadikan kedok.. atau malah dicky yang menyamar jadi balamin?
        Hmm.. baldicky

      3. SAYA SUDAH TAHU SEKARANG.
        Bhalamin itu=> BHAMILIN = Bade ngeHAMILIN (mau ngehamilin, bhs.sunda)

      4. Wwkkwkwk jos arti bhalamin yang sebenernya .. masa kaya gitu dijadiin ulama bagi pengikut sekte..

  39. Koreng gaib # kalau ORB itu apa ? uap JIN yah ? karena jin di ciptakan dari api jadi ada uapnya ? PEMBODOHAN terselubung ! apa lagi yang mengatakan seorang yang mengaku faham METAFISIKA !! siapa itu KULNAKA yg ada di gunung padang cianjur ? jin atau bukan ? emang dasar bangsa LEMURIA selalu menyontek ATLANTIS … wkwkwk … LEMURIA gk punya MALU … wkwkwkwk #prei OPLOSAN

  40. Koreng gaib # Kalau si HAMMADZ kapan lahirnya tanggal berapa hari apa & tahun apa ? tanya ke BOS DICKY yah #prei OPLOSAN

    1. -Mlesetin Nama Nabi
      -Ngfitnah Nabi Adam AS, Khidir AS, Nuh AS, Musa AS,Ibrahim AS, Muhammad SAW dan lain sebagainya.
      -Menyebarkan paham2 sesat
      -Jadi pembimbing umroh gadungan
      -Sujud ke Dorpal
      -Mengaku tidak pakai jin tapi TM sendiri ternyata jin

      Kalo seandainya polisi syariah saudi bisa kayak interpol panggil ke sini buat nangkep KD, wah udah deh.

      Makanya Kang Dicky Tobat Nasuha Kang. Mumpung masih idup kang.

  41. Koreng gaib # kalau anda sudah bisa bikin apa ? masa apa apa terserah BOS DICKY … wkwkwkwk .. pasang dunks experimen anda di youtube masa membanggakan experimen orang lain … wkwkwkwkwk .. anda bisa levitasi ? wkwkwk … #prei OPLOSAN

  42. di publish di jurnal ilmiah mana anti gravitasi si big mouth dicky????udah diuji dmana???..murid sama guru sama2 ngasal….#kasihansamamuridnyadicky

  43. klo jin/tuyul di botol ngamuk itu maenan anak kecil,masa waktu smp kamu gak pelajari di kimia reng??kamu yg duluan klaim dicky punya alat anti gravitasi,publish dong!!baru sy publish alat sy….gmana reng????

  44. kang dicky=guntur bumi=eyang subur=lia eden=ahmadiyah=wong alus=isa bugis=ulil absar abdallah=syi’ah=madi kendari=ldii====>MENYIMPANG….any question reng????

  45. kalau kd ada tu faktanya dipublis tentang anti gravitasi.. Jin botol ngamuk
    .. Yang sepele aja dulu coba bikin juga anti gravitasi. Untuk sedikit membuktikan pengakuan kalian yang konon katanya lebih cerdas dari kd .. Kalau tidak bisa dan kebingungan artinya kemampuan otak kalian masih jauh dibawah level ..otak kd yang super cerdas
    saran langkah awal mungkin cukupi dulu nutrisi otak… Banyak banyak minum minyak ikan

  46. kalian bisa bikin anti gravitasi= tidak
    .bisa terbang =tidak
    .kd bisa ,artinya lebih super dari anda semua di sini yang otaknya kurang nutrisi. Buktinya kalian kebingungan dengan kehebatan kd .. Kebingungan…

    1. jelas sy bisa bikin alat anti gravitasi malah skrg sy kemana mana terbang sendiri pake alat ciptaan sy,tp gak pernah ketemu si dicky di udara.malah dicky kemana mana msh pake mobil dan pesawat….jd sopo yg membual reng?????

    2. M ak koreng.. kita nggak bingung kok.. percaya sama saya deh.. justru dicky yang sekarang bingung mencari kebohongan baru untuk menutup kebohongan lama yang mulai diketahui orang banyak.. 😀

    3. Anti Gravitasi apanya, itu jin botol dari bahan kimia dislow motion, jadi terlihat seolah2 melayang. Naudzubillah goblok tenan ente.

  47. Koreng gaib # Bikin bahan bakar dari air tapi BOS DICKY pakai mobil berbahan bakar BENSIN .. tidak EFEKTIF … wkwkwkwk .. Menganjurkan berfikir ILMIAH tapi percaya SUPERMAN & NINI ANTEH .. wkwkwkwk #prei OPLOSAN

  48. Koreng gaib # Bisa terbang ko naik pesawat terbang .. MUBAZIR ilmunya … wkwkwkwk .. Sel otak anda terlalu aktif .. ckckck .. wkwkwk #prei OPLOSAN

    1. Bikin botol melompat trus meledak iya.. saya yakin mbak koreng tau dimi bisa gitu aja bersumber dari “katanya”

      1. Hmmmmm… permasalahan hi adalah mendefinisikan kata “ilmiah” 😀
        Klo bagi mereka hal seperti itu ilmiah.. bagi yang bisa berpikir sehat itu adalah mai an anak kecil.. mungkin kalo dibikin skala yang lebih besar alat antigravitasi versi dicky bisa diganti dengan tabung gas ukuran 3 kg.. saya kira lompatan dan ledakanya sama. Dan mungkin cukup ilmiah menurut mereka

  49. Kalau dicky manusia super kecerdasan dan kemampuannya di level super, kenapa tidak bisa mengetahui tanggal lahir nabi secara meyakinkan?
    Kalau memang superman, mengapa tidak pernah ikut tes DNA?
    Kalau memang otak super, mengapa tidak pernah ikut tes IQ? Atau ikut olimpiade? Atau ada yang tahu guru SD, SMP, SMAnya biar cerita nilai ulangan harian di bawah 8? Atau ijazahnya bagaimana nilainya? (mungkin sudah direkayasa bhallamin)

    1. Va bakalan berani ikut test dna.. tar ketauan deh sapa sebeenerya yang nyamar jadi balamin trus hamilin perempuan..untuk iq dicky bisa diliat dari cara dia ngomong.. cuma iq standar aja..ngomong cuma dibolak balik seputar “prekuwensih”, alien, sama hoax yang lain..jangan2 balamin itu malah dicky sendiri.. bagaimana dia menyesatkan ajaran.. membuat cerita bohong dan membutakan pengikutnya sehingga iman kepada isi novel dan bualanya? Itu sifat balamin kan?

  50. Koreng gaib # Ceritain Casper dunks versi BOS DICKY .. pasti seru .. CASPER setan dari bangsa LEMURIA bukan ? anda tanya sanah sama MBAP DICKY … wkwkwkwk #prei OPLOSAN

  51. Koreng gaib # SUPERMAN emang benaran ada ya ? wkwkwkwk .. kalau BATMAN ada gk ? kalau NINI ANTEH sama si CANDRAMAWAT ada gk ? begini kah cara orang yang berotak CERDAS ? kasih tahu BOS DICKY jangan ASBUN #prei OPLOSAN

  52. susah memang daya tangkap mahluk yang otaknya kurang nutrisi .. Beda dengan kang dicky yang nutrisi otaknya selalu cukup

    1. BJ Habibie nggak sepaham dengan KD otaknya kurang nutrisi?
      Guru2 besar, para doktor2 dan dosen di ITB,UI, dan universitas2 yang bermutu lainnya yang nggak sepaham sama KD otaknya kurang nutrisi?
      Ulama2 besar masa kini yang di seluruh dunia yang hafal quran dan ribuan hadis otaknya kurang nutrisi?
      KAMU yang otaknya kurang nutrisi.

    2. Nutrisi otak dari produk kd? Wadow… pantesan gampang dicuci otak.. suplemen gak jelas gitu kok.. dari omongan mbak koreng dah keliatan kok klo ente koreng yang kurang nutrisi.

  53. Sembah tuh sono Superman. Gw ingetin lagi, Ciri2 Dwight York sama Kang Dicky sama.
    -Sama2 Cult leader
    -Sama2 brainwash pengikut
    -Keluar dari pemahaman agama Islam yang benar dan membumbui dengan aneka kebohongan.
    -Dianggap suci dan bersih dan merupakan orang yang dianggap seperti Nabi oleh apra pengikutnya
    -Tidak bisa membuktikan kebenaran omongannya
    -Sifat fasik muncul dari kasus kasus yang tidak mau diakui anggotanya, Dwight York memerkosa anak kecil, KD dengan kasus BHALAMIN menghamili wanita dan fitnah2nya.

  54. Alam semesta ini masih multiversi teknologi belum dapat menjangkau semua. Sedangkan kang dicky menggunakan yang lebih canggih dari teknologi .. Jadi apa yang kita pahami adalah yang pernah kita lihat ,sedangkan yang kd pahami adalah yang belum kita lihat untuk menjangkau itu harus dengan kemampuan super .Jadi jangan terburu buru dulu mengatakan orang ngibul .. Kalian belum faham dan bingung ya karna kalian memang tidak se super kd . Seperti dibilang tadi kd itu sudah kelas berat …
    Orang super bisa mengenali orang “tidak super”
    tetapi orang “tidak super” belum tentu dapat memahami orang super
    .
    Tidak mungkin kang dicky berbohong ..Coba saja dilihat dari jejak rekam beliau yang banyak menebar kebaikan ba’k superman .. Sedangkan kalian itu virus virus penjahat penjahat kelas kerupuk kulit .. Kalau si supermen mau tinggal di sikat kalian semuaa lenyap di bawa angin .. Tetapi kalian bsa sdkit berlega hati karna superman penuh pemakluman selama ini superman telah membuktikan salah 1 motonya ‘turunkan ego maklumi orang lain’ ..

    1. Anda sudah paham Dicky, berarti Anda ini sekelas Superman juga ya? Silakan keluar dari blog kami, percuma Anda berbicara pada kami yang “tidak super”.

      Kami tidak berminat untuk berdiskusi dengan Superman.

      BTW: Superman kalah oleh Batman.

    2. Kemampuan super einstein, tesla dan lain lain bisa dipahami orang awam.walupun dulunya einstein dan kawan kawan dianggap gila tapi akhirnya diterima dengan pembuktian secara ilmiah bukan hanya dengan kata “saya pernah ada tu alatnya…” tapi ga pernah diliatin… sedangkan pemikiran orang yang tidak waras susah diterima oleh orang berakal sehat.. pemikiran bodoh dicky hanya diterima oleh orang super bodoh yaitu pengikutnya yang jarang melek, udah tertutup matanya oleh bualan manusia pembohong super. Pengetahuan dicky yang bagai virus kerupuk.. asal anda tau. Disini ada seorang peneliti yang ikut mempertanyakan masalah energi dengan muridnya dicky.. dan beliau hanya mendapatkan omong kosong dari murid hikmatul iman yang super hoax 😀

      Pengetahuan tidak didapatkan dari merem. Ngeden dan memusatkan pikiran wkkwwwkwkwkkwkw

  55. kalo percaya omonganx dicky tanpa ada bukti ilmiah dan akurat dan(lagi)tdk pernah kamu kritisi walau gak masuk akal itu namax gejala idiot eh bukan gejala tapi sudah idiot….

  56. makanya kd tidak pernah mau menjawab karna tidak level ,kd itu sudah kelas berat .. Jdi tidak mungkin kelas kacang kulit mengkoreksi kelas beratt sangat tidak realistis.. Ni terbukti di sini demo kemampuan otak terendah..di tunjukk2kin lagi

    1. Presenting Koreng Gaib, Ladies and Gentlemen!
      Sambutlah! DEMO KEMAMPUAN OTAK TERENDAH! LIHAT POSTINGAN BELIAU!

    2. Kami tidak perlu jawaban Dicky Zainal Arifin karena kami tidak bertanya. HIW menyampaikan pernyataan dan paham-paham Dicky langsung dengan buktinya. Jelas-jelas berasal dari Dicky.

    3. Kd tidak mau menjawab karena kd tidak punya cukup jawaban untuk melawan alquran dan hadist..kd memang sudah keliatan kelas berat ilmu ngibulnya terbukti muridnya yang “cerdas” sudah taklid buta.. semua kebenaran adalah perkataan dicky.. terbukti kemampuan otak pengikut sekte hi sudah sangat turun..percaya kepada tukang ngibul dan berpegangan kitab novel

      1. Tahun 2009 atau 2010 saya agak lupa, saya membaca tentang orang ini di internet.
        Persis Kang Dicky yang kamu agung-agungkan itu. http://en.wikipedia.org/wiki/Dwight_York
        Bikin aliran sesat juga dengan cocoklogi plus mitologi “ilmiah”nya bahkan lebih parah karena tidak hanya Islam yang dilecehkan, bahkan mengaku Isa Al Masih,lihat salah satu namanya. Kang Dicky itu persis seperti York ini di mata orang-orang waras.

    1. Ngatain peruqyah dengan sebutan perupiah.. dan doa dikatain jampi jampi itu termasuk penurunan otak nggak? Itu dicky sendiri yang bilang loh.. hati hati guru ente dah turun kemampuan otaknya..soalnya dia ngatain orang juga..

  57. Kita semua sudah tahu kalau dicky suka dengan angka 40 %. Yah, kira-kira sekitar itulah kemampuan akal dan otak nya. Dengan kata lain konsentrasi 40/100 = koplak

  58. ini sich tololpedia ala dicky,,,koreng gaib sayang ayo berpikir knapa nabi adam msh hidup??mana tuh kapal selam yg nelen nabi yunus???klo mau berpikir jalan2 noh ke blog enigma yg sudah membuktikan foto yg di tsunami jepang itu hoax lengkap dengan penjelasan ilmiahx.debat di sana aja klo mau yg ilmiah2.klo kamu bw ajaran dicky kesana insya allah mereka akan ngetawain kamu sambil koprol….

  59. tingkatkan dahulu kemampuan otak anda .kan guru tercinta kang dicky mengajak kita untuk berpikir .gtu aja .kalau malas mikir ya jangan lantas marah2 ..jangan2 anda ini anak gendut yang pemarah

    1. Silakan tingkatkan dulu kemampuan otak Anda sebelum berkomentar di blog kami.

      Kalau tidak bisa jawab pertanyaan kami –seperti tentang DNA iblis yang pernah disinggung Dicky Zainal Arifin atau nasib wanita yang dihamili Bhallamin yang menyamar sebagai Dicky– tidak perlu berkelit dengan menyuruh kami meningkatkan kemampuan otak.

    2. Katanya kemampuan otaknya udah tinggi? Katanya bisa njelasin warna langit planet lain? Katanya udah bisa ngimpleng? Tahu nggak ukuran tubuh saya aslinya?Tahu nggak tingkat pendidikan saya apa? Tahu nggak arti berpikir yang sebenarnya itu beda dari “berpikir” ala KD ?

    3. Loh bukanya kami udah mikir bagaimana bohongnya guru anda.. bahkan saya 2x nanya tentang dna anak balamin yang menyamar jadi dicky nggak anda jawab juga. Satuan apa yang digunakan untuk mengurkur kemampuan otak versi dicky? Apa kaya satuan prosentase tenaga dalam yang sampe sekarang juga g pernah tau ambil patokan darimana? Anda harusnya berpikir Juga.. gimana dicky katanya mau nulis sejarah muhamad klo unntuk tanggal lahirnya saja tidak tau? Apakah anda sudah berfikir tentang itu?

    4. Bahasa anak HI..,sok kepinteran. Tp ga pernah bisa membuktikan apa yg di omonginnya. Semua info dari Gurunya ditelan mentah2 tanpa dipikir dulu ( padahal Gurunya sendiri utk yg mengajarkan utk Berpikir dan berpikir) , terus dengan sombongnya menyebarkan ke orang lain seakan yg paling bener.

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s