Membandingkan Nabi Khidr versi Islam Sunni dan versi Islam Lemurian dari Hikmatul Iman


Sepintas, aqidah paham Islam versi Lemurian bawaan Dicky Zainal Arifin —Guru Utama Hikmatul Iman— tidak berbeda dengan Islam Sunni. Namun, jika ditelusuri secara mendalam ternyata tetap ada perbedaan signifikan. Salah satunya dalam keyakinan tentang Nabi Khidr. Artikel ini akan membandingkan keyakinan tentang Nabi Khidr versi aqidah Islam Sunni dan aqidah Islam Lemurian.

Nabi Khidr Menurut Aqidah Islam Lemurian

Aqidah Islam Lemurian yang bersumber dari kitab Arkhytirema —disamarkan sebagai novel— menyatakan Nabi Khidr dengan nama lain Khried. Ini bisa ditemukan dalam salah satu diskusi di Facebook.

KHRIED di Novel ARKHYTIREMA adalah Nabi Khidr. Sumber: Arsip HIW

Dalam kitab mereka, Arkhytirema, dinyatakan bahwa Khried adalah keturunan Bangsa Alien Vestrass dan memiliki tenaga dalam tinggi sejak bayi.

Penjelasan tentang Nabi Khidr (Khried) d novel Glosarium Arkhytirema jilid 2A.
Penjelasan tentang Nabi Khidr (Khried) d novel Glosarium Arkhytirema jilid 2A.

KHRIED (Red: Nabi Khidr as) seorang anak bangsa VRESTASS yang mengerti bahasa Lemurian. Ibunya bernama KHLENTIA, ayahnya bernama KLEVRATRA. Energi KHRIED kecil berakselerasi sebanyak 70%, yaitu ketika Arkhytirema diserang oleh empat raja bangsa besar. Energi serangan itu kemudian menjadi energi yang memisahkan KLAD dari mithocondria pada tubuh Arkhytirema dan bayi KHRIED yang sedang dalam pelukannya. Setelah itu, KHRIED diserahkan dan oleh ADHAMA (Red: Nabi Adam as).

Glosarium Novel ARKHYTIREMA Buku Kedua SHANTYADUTHA

Nabi Khidr Menurut Aqidah Islam Sunni

Berbeda dengan Islam Lemurian yang mengandalkan khurafat dan khayalan hasil melamun (ngimpleng) Guru Utama mereka, Dicky Zainal Arifin, Islam Sunni tetap mengandalkan dalil dan menjauhkan diri dari sikap sok tahu. Berikut beberapa poin tentang Nabi Khidr:

  1. Ulama berbeda pendapat, apakah Khidr itu nabi ataukah orang sholeh yang memiliki kedudukan istimewa di sisi Allah.
  2. Khidr adalah nama gelar. Gelar itu muncul berdasarkan keterangan dari hadits shohih Bukhari bahwa beliau pernah duduk di atas tanah putih lalu tiba-tiba berguncang di belakang beliau berwarna hijau.
  3. Sebagian ulama dan tokoh sufi meyakini bahwa Khidr masih hidup. Namun pendapat terkuat menyatakan bahwa beliau sudah wafat.

Artikel Lengkap Nabi Khidr Versi Islam

Berikut adalah artikel lengkap dari situs Konsultasi Syariah membahas identitas Nabi Khidr dengan merujuk pada dalil dan penjelasan dari kutub para ulama. Sungguh berbeda dengan Nabi Khidr versi Hikmatul Iman yang bersumber dari khayalan guru utama mereka, Dicky Zainal Arifin.

Tentang Nabi Khidir

Pertanyaan:

Adakah hadis yg shoheh atau ayat yg menerangkan tentang adanya nabi khidir!????

Dari: Sdr. Jordi

Jawaban:

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

Kisah tentang Khidr Allah sebutkan dalam al-Qur’an di surat al-Kahfi,

فَوَجَدَا عَبْدًا مِنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِنْ لَدُنَّا عِلْمًا
Lalu mereka (Musa dan muridnya) bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. (QS. Al-Kahfi: 65).

Ada beberapa perbedaan pandangan tentang Khidr

Pertama, apakah beliau nabi ataukah bukan?

Ulama berbeda pendapat, apakah Khidr itu nabi ataukah orang sholeh yang memiliki kedudukan istimewa di sisi Allah.

Mayoritas ulama mengatakan bahwa beliau adalah seorang nabi. Inilah pendapat yang kuat, dan banyak dalil yang mendukungnya, diantaranya,

1. Allah perintahkan Musa ‘alaihis salam untuk belajar kepada Khidr, sebagaimana yang Allah ceritakan dalam surat al-Kahfi.

قَالَ لَهُ مُوسَى هَلْ أَتَّبِعُكَ عَلَى أَنْ تُعَلِّمَنِ مِمَّا عُلِّمْتَ رُشْدًا….
Musa berkata kepada Khidhr: “Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?” … (QS. Al-Kahfi: 66).

Hingga Khidr memberikan syarat,

قَالَ فَإِنِ اتَّبَعْتَنِي فَلَا تَسْأَلْنِي عَنْ شَيْءٍ حَتَّى أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا
Dia berkata: “Jika kamu mengikutiku, Maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apapun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu”. (QS. Al-Kahfi: 70).

Jika Khidr bukan nabi, tentu ada orang yang bukan nabi, yang dia lebih tahu dari pada nabi. Karena dalam persitiwa di atas, Khidr lebih tahu dari pada Musa. Dan bagaimana mungkin ada nabi yang dia diperintahkan untuk belajar kepada selain nabi.

2. Khidr mengatakan di akhir pertemuannya dengan Musa,

رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ، وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي
Itu semua dilakukan karena rahmat dari Tuhan-Mu, dan aku tidaklah melakukannya karena murni keinginanku…(QS. Al-Kahfi: 82).

Artinya, Khidr melakukan semua perbuatan itu atas perintah Allah dan wahyu dari-Nya, bukan kemauan beliau sendiri. Dan orang yang mendapatkan wahyu khusus seperti yang dilakukan Khidr, hanya mungkin didapatkan seorang nabi.

3. Syaikh Syuaib al-Arnauth mengutip sebuah keterangan,

وكان بعض أكابر العلماء يقول: أول عقد يحل من الزندقة اعتقاد كون الخضر نبياً، لأن الزنادقة يتذرعون بكونه غير نبي إلى أن الولي أفضل من النبي، كما قال قائلهم:مقام النبوة في برزخ … فويق الرسول ودون الولي
Sebagian ulama besar mengatakan, ‘Ikatan pertama yang dirusak oleh orang zindiq (munafik) adalah status Khidr sebagai nabi. Karena orang munafik memanfaatkan status Khidr ‘bukan nabi’ untuk beralasan bahwa wali lebih afdhal dari pada nabi. Sebagaimana mereka mengatakan,

Kedudukan nabi di barzakh… sedikit di atas rasul, di bawah wali… (Tahqiq Shahih Ibnu Hibban, 14/110).

Kedua, siapa nama asli beliau?

Khidr adalah nama gelar dan julukan. Mengapa dinamai Khidr?

Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا سُمِّيَ الخَضِرَ أَنَّهُ جَلَسَ عَلَى فَرْوَةٍ بَيْضَاءَ، فَإِذَا هِيَ تَهْتَزُّ مِنْ خَلْفِهِ خَضْرَاءَ
“Beliau dinamai Khidr karena beliau duduk di atas tanah putih, tiba-tiba berguncang di belakang beliau berwarna hijau.” (HR. Bukhari 3402, Turmudzi 3151, dan Ibnu Hibban 6222).

Yang dimaksud ‘tanah putih’: tanah kering tanpa tumbuhan.

Mengenai nama aslinya, ada perbedaan pendapat di kalangan ahli sejarah. Kamaluddin ad-Damiri (w. 808 H.) mengatakan,

إن اسم الخضر مضطرب فيه اضطرابا متباينا والأصح -كما نقله أهل السير وثبت عن النبى صلى الله عليه وسلم كما نقله البغوى وغيره -أن اسمه “بليا”، وأن أباه يسمى “ملكان”، وكان من بنى إسرائيل ومن أبناء الملوك ، وفر من الملك وانصرف إلى العبادة
Nama Khidr diperselisihkan. Dan yang benar, sebagaimana yang dinukil ahli sirah, dan berdasarkan hadis nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagaimana yang dinukil oleh al-Baghawi dan yang lainnya, bahwa nama beliau adalah Balyan. Dan ayahnya bernama Malkan. Termasuk bani Israil dan keturunan kerajaan. Beliau lari dari kerajaan dan menghabiskan waktunya untuk ibadah. (Hayat al-Hayawan al-Kubro, 1/271).

Ketiga, apakah beliau masih hidup ataukah sudah meninggal?

Sebagian ulama dan tokoh sufi meyakini bahwa Khidr masih hidup. Keyakinan ini membuka peluang khurafat besar-besaran. Beberapa orang sufi mengaku ketemu Khidr dan dia menyampaikan beberapa pesan yang notabene mengubah ajaran syariat.

Ada 2 alasan utama untuk mengatakan bahwa pendapat Khidr masih hidup jelas jauh dari kebenaran,

1. Jika Nabi Khidr masih hidup, sudah seharusnya beliau muncul di hadapan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, menjadi sahabat beliau dan membantu perjuangan beliau menyebarkan islam. Sementara tidak kita jumpai ada keterangan dari ahli sejarah manapun bahwa ada sahabat Nabi senior yang bernama Nabi Khidr.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa Nabi Isa akan turun di akhir zaman, dan beliau akan bersama-sama imam Mahdi dan kaum muslimin, melanjutkan dakwah islam.

2. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di hadapan para sahabat,

لا يبقى على رأس مائة سنة ممن هو على وجه الأرض أحد
“Tidak akan tersisa seorang-pun di muka bumi ini pada seratus tahun yang akan datang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dan Khidr termasuk dalam hadis tersebut.

Kita tidak membahas lebih panjang masalah ini, dan selengkapnya bisa anda pelajari di: Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

Allahu a’lam.

Sumber: Konsultasi Syariah

Iklan

17 thoughts on “Membandingkan Nabi Khidr versi Islam Sunni dan versi Islam Lemurian dari Hikmatul Iman”

  1. Kang anton #Jempoollll … ngemeng ngemeng barometer iman yang baik versi HIKMATUL IMAN kumaha kang ? bisa matahin KIKIR berapa rangkap ? bisa ngancurin batu kali sebesar KERBAU berarti beriman ya kang ? wkwkwkwkwk #prei NGEDEN

  2. Kalau hujan di jakarta di modifikasi maka akan terjadi ketidak seimbangan pada alam .. kalau di bandung tidak terjadi banjir maka daerah lain akan terkena dampak nya .. maka kita (SUPERMAN dari LEMURIA) harus bersabar ! jakarta 7 -2-2014 .. wkwkwkwk #prei MENDEM

  3. Kepada rekan rekan HIKMATUL IMAN yang membaca atau mengintip atau mengimpleng blog HIW ini di mohon partisipasi nya untuk menangani bencana alam baik yang akan terjadi (gunung roketenda NTT) ataupun bencana BANJIR yang melanda indonesia setiap tahun !! sampai hari ini 6-2-2014 BANJIR masih terjadi ! #prei MENDEM

      1. Konon Setan, Iblis dan penjahat JG DIBUTUHKAN utk mengetahui yg baek dg yg jahat yg benar dg yg salah …..
        # Leres nya kang?

      2. Salah…Setan atau penjahat dibutuhkan untuk ladang amal dan mengukur tingkat ketaqwaan kita..supaya tidak seperti mereka, kelakuannya seperti setan yang suka menghasut,mencaci,menghina,penyebar kebencian, jauuuuuuuuuuh sekali dari makna bersuci/wudlu yg rahmatan lil alamin….

  4. Paham dicky adalah paham yang mempersulit penganutnya. Semua yang menjadi pengikut setia dicky dan mengamalkan apa kata dicky pada hakekatnya menambah-nambah dalam mempersulit diri memahami agama. Kenapa? Karena semua pemahaman mereka bergantung kepada pemahaman dicky. Para penganut ajaran dicky itu tidak bisa memahami agama tanpa merujuk pada informasi spiritual dari dicky. Padahal, kalau mau mengikuti pemahaman ulama ahlussunnah, maka semuanya menjadi mudah dan memang kaidah yang diajarkan para ulama adalah mempermudah pemahaman dan pengamalan agama. Beda dengan ajaran dicky yang menyusahkan pengikutnya. Pengikut dicky disuruh mikir-mikir sendiri sementara hasil pemikiran sendiri mereka diujung-ujungnya masih kosong tanpa hasil sehingga menelan bulat-bulat perkataan dicky. Doktrin dicky adalah 1. Dicky selalu benar. 2. Jika dicky salah lihat doktrin 1. Nah begitulah kira-kira susahnya pengikut dicky mencari kebenaran. Disuruh mikir-mikir sendiri tapi tetep doktrin dicky yang dipake. Sungguh paham yang mempersulit penganutnya mencari kebenaran.

    1. Sebetulnya, kalau diamati pihak HI sendiri —termasuk Dicky sekalipun— tidak ada yang berani memberi kesimpulan secara tegas.

      Mereka mungkin sebetulnya takut mengungkapkan ke masyarakat luas secara luas. Mereka hanya bisa mengajak berfikir, meneliti, tanpa mereka sendiri menyampaikan hasil pemikiran mereka.

      Di kalangan intern, barulah Dicky berani mengungkapkan secara terbuka pemahaman anehnya seperti tenaga dalam Nabi Irsa (Isa as versi HI) atau Nabi Khreid (Khidr versi HI).

      Terhadap umum, menyatakan Novel Arkhytirema sebagai fakta saja tidak berani. 🙂 Sungguh sikap pengecut yang luar biasa.

      1. ada pepatah yg blg:
        berani krn benar,TAKUT(tdk berani) krn SALAH

        para nabi BERANI menyampaikan scr luas kpd masyarakat umum sesuai dg perintahNYA krn mengetahui yg diungkapkannya PASTI BENAR dari Tuhan

  5. Saya kira agama islam diturunkan dengan bahasa yang mudah yaitu bahasa dikalangan manusia sendiri supaya mudah dimengerti dan tidak memberatkan manusia tidak seperti bahasa lemuria yang sulit dimengerti dan terlalu hightech yang memang bahasanya dikarang-karang oleh GURU BESAR HI. Kalau QUR’AN Bahasanya mudah, dari orang buta huruf,SD,SMP,SMA sampai Profesor bisa mempelajarinya. Saya tidak bisa membayangkan kalau orang ngaji QUR’AN bahasanya memakai bahasa LEMURIAN!? Saya sangat prihatin terhadap murid-murid HI yang menjadi korban AMBISI GURU BESARNYA. Jangan disuruh mikir tapi pakailah LOGIKA YANG BENAR BERDASARKAN KENYATAAN BUKAN ANGAN-ANGAN.

  6. Aneh ya kalau musim kemarau selalu banyak yang ngaku bisa modifikasi cuaca (pawang hujan) tapi giliran musim hujan selalu BANJIR !! tiap tahun loh .. kira kira para AHLI TENAGA DALAM bilang apa ya ? alasan nya apa ya ? katanya energi bisa di guna kan untuk apa saja tapi tetap banjir #prei MENDEM

  7. Admin # kalau ada rekaman terbaru dari SYEKH DICKY tolong dipasang linknya .. soalnya seru .. ada bahas SUPERMAN .. HOLOGRAM .. TAL’UH yang di indonesia menjadi TELUH ! banyak ILMU yang sangat ILMIAH yang di dapat bahkan super ILMIAH .. dan semua yang di bahas oleh SYEKH DICKY murni pemikiran beliau bukan nyontek loh !

  8. Wironoto kusumo @ hai kembaran saya .. anda LEMURIA juga ? ko pakai aksara O harusnya pakai aksara A karena LEMURIA suka aksara A .. sapta = sapto … wiranata = wironoto .. sebab LEMURIA adalah ZHUNDA yang penuh kemakmuran .. betul gk ? kalau betul tolong angguk angguk kepala ya ? wkwkwkwk … Jaga nama baik wironoto kusumo .. wkwkwkwk .. icikiwir #prei mendem

  9. Admin # Ada rekaman dari Radio online HI yang terbaru gk ? seru dengarin SYEKH DICKY cuap cuap di radio online .. nambah ilmu loh … wkwkwkwkwk .. kata beliau ada jenis JIN yang bisa melakukan TELEPORTASI nana nya JIN TAL’UH kalau di indonesia jadi TELUH .. ini syekh dicky yang bilang loh ! ada yang pernah kenalan sama JIN TAL’UH ? #Icikiwir

    1. Sepertinya anda yakin dengan cuap cuap SYEKH DICKY,,udah jadi fans yahh,,, nambah lagi dech pengikut KD hebat euy KD,, diikuti berbagai pihak,, bravo KD…..

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s