Benarkah Ngimpleng Ada Dalilnya di Al-Qur’an?


Ngimpleng alias Mata Batin alias Terawang alias Astral Projection adalah metode yang diyakini Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) mampu melihat objek yang jauh atau tersembunyi secara objektif dan akurat. Ngimpleng juga dijadikan sebagai metode oleh Guru Utama mereka, Dicky Zainal Arifin, dalam menemukan kisah Lemurian yang kemudian dikaitkannya dengan aqidah Islam. Berdasarkan artikel di situs LSBD HI Bogor, ngimpleng ini juga diberi dalil dengan al-Quran dan atsar shahabat.

Tidak banyak yang bisa kami sampaikan selain nasihat bagi orang-orang bodoh yang berfatwa tanpa ilmu. Jalaluddin As Suyuthi rahimahullah (w: 911) menyebutkan sebuah riwayat:

لا ينبغى للعالم أن يسكت عن علمه ولا ينبغى للجاهل أن يسكت عن جهله قال الله

Artinya: “Tidak pantas bagi seorang alim untuk diam atas ilmunya dan tidak pantas untuk orang bodoh untuk diam atas kebodohannya, Allah Ta’ala berfirman:

[فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ} [النحل: 43]

Artinya: “… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”. (QS. An Nahl: 43).

Sumber: Menanggapi Maraknya Fatwa-Fatwa Tanpa Ilmu Dari Sebagian Kaum Muslimin

Artikel Lengkap

Berikut adalah artikel asli yang disebarkan oleh LSBD HI Bogor. Seutuhnya, tanpa editing. Anda juga bisa melihat screenshot sebagai buktinya.

Sandaran Al Qur’an dan riwayat mengenai “Astral Projection” ( AP )

galaksi

Surah Qaf, 50 : 22

لَّقَدْ كُنتَ فِي غَفْلَةٍ مِّنْ هَـٰذَا فَكَشَفْنَا عَنكَ غِطَاءَكَ فَبَصَرُ‌كَ الْيَوْمَ حَدِيدٌ ﴿٢٢

Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan lalai dari (hal) ini, maka Kami singkapkan daripadamu tutup (yang menutupi) matamu, maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam. (22)

Riwayat Umar bin Khattab r.a.

Diceritakan bahwa `Umar bin Khattab r.a. mengangkat Sariyah bin Zanim al-Khalji sebagai pemimpin salah satu angkatan perang kaum muslimin untuk menycrang Persia. Di Gerbang Nihawan, Sariyah dan pasukannya terdesak karena jumlah pasukan musuh yang sangat banyak, sehingga pasukan muslim hampir kalah. Sementara di Madinah, `Umar naik ke atas mimbar dan berkhutbah. Di tengah-tengah khutbahnya, ‘Umar berseru dengan suara lantang, “Hai Sariyah, berlindunglah ke gunung. Barangsiapa menyuruh esrigala untuk menggembalakan kambing, maka ia telah berlaku zalim!” Allah membuat Sariyah dan seluruh pasukannya yang ada di Gerbang Nihawan dapat mendengar suara `Umar di Madinah. Maka pasukan muslimin berlindung ke gunung, dan berkata, “Itu suara Khalifah `Umar.” Akhirnya mereka selamat dan memperoleh kemenangan.

Al Taj al-Subki menjelaskan bahwa ayahnya (Taqiyuddin al-Subki) menambahkan cerita di atas. Pada saat itu, Ali menghadiri khutbah `Umar lalu ia ditanya, “Apa maksud perkataan Khalifah `Umar barusan dan di mana Sariyah sekarang?” Ali menjawab, “‘Doakan saja Sariyah. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.” Dan setelah kejadian yang dialami Sariyah dan pasukannya diketahui umat muslimin di Madinah, maksud perkataan `Umar di tengah-tengah khutbahnya tersebut menjadi jelas

Menurut al Taj al-Subki, `Umar r.a. tidak bermaksud menunjukkan karamahnya ini, Allah-lah yang menampakkan karamahnya, sehingga pasukan muslimin di Nihawan dapat melihatnya dengan mata telanjang, seolah-olah `Umar menampakkan diri secara nyata di hadapan mereka dan meninggalkan majelisnya di Madinah sementara seluruh panca indranya merasakan bahaya yang menimpa pasukan muslimin di Nihawan. Sariyah berbicara dengan `Umar seperti dengan orang yang ada bersamanya, baik `Umar benar-benar bersamanya secara nyata atau seolah-olah bersamanya. Para wali Allah terkadang mengetahui hal-hal luar biasa yang dikeluarkan oleh Allah melalui lisan mereka dan terkadang tidak mengetahuinya. Kedua hal tersebut adalah karamah.

Ada dalil ngimpleng di Al-Qur'an?
Ada dalil ngimpleng di Al-Qur’an?
Iklan

58 thoughts on “Benarkah Ngimpleng Ada Dalilnya di Al-Qur’an?”

  1. Rumus pemahaman dicky yang aneh-aneh dan menyimpang

    Malaikat hafadzoh = dari nur = cahaya = aura = perlindungan = tenaga metafisika = energi

    kalau demikian kiranya, maka sungguh menyimpang!!! Mencomot ayat lalu merasionalisasi tanpa ilmu!!! Cocoklogi jahil!!!

  2. Bagi manusia ada malaikat malaikat yang menjaga (hafadzah) di sebut AURA oleh SYEKH DICKY !!!! lalu bagaimana dengan AURA tanaman,air,batu,etc ??? apa SYEKH DICKY ngga faham ??? lalu bagaimana konsep AURA menurut agama non muslim yang melibatkan CAKRA ???? padahal CAKRA menurut syekh dicky NON SENSE !!!! Terus apa itu AURA ??? adakah rumus / DALIL secara RELIGI/SAINS ???? #mohon pencerahan ILMIAH

  3. Kalau membaca profil SYEKH DICKY (guru besar HIKMATUL IMAN) tertulis bahwa beliau tidak pernah berguru di perguruan lain !!!! apakah betul pernyataan itu ??? apakah syekh dicky tidak pernah berguru ??? kita kembalikan ke nurani SYEKH DICKY !!!! #Oh ILMIAH

  4. Mana ini DALIL aura ???? Aura adalah ENERGI yang dapat mewujudkan segalanya !!!! jadi AURA itu apa ??? apa rumus AURA kalau memang bersifat ILMIAH ???? hal GAIB .. perkara GAIB ???? siapa yang membikin definisi seperti itu ???? AVATAR ??? apa itu AVATAR ???? apa ada DALIL religi atau sains ??? bagaimana menurut SYEKH DICKY ???? #oh ILMIAH

    1. @Wiranata: Mohon tidak mengulang-ulang pertanyaan yang sama. Kami sudah mengungkapkan bahwa dalil HI untuk aura ada di http://id.wikipedia.org/wiki/Hikmatul_Iman_Indonesia#Tenaga_metafisika

      Kekuatan metafisik ini tanpa batas, selama kita mau memperkuatnya. Didalam Al-Quran surat Ar-Raad:11 dinyatakan bahwa manusia dijaga oleh sesuatu yang dibahaskan dalam tafsir Al-Quran dengan istilah malaikat, mungkin zaman dulu belum ada istilah energi sebab apabila yang dimaksudkan adalah malaikat, Al-Quran biasanya menyatakan dengan namanya, misalnya Malaikat Jibril. Energi ini yang kita kembangkan sehingga menjadi dahsyat sekali.

      1. ralat

        ane baca ni copas dari Ms Word terjemahannya ar Ra’du 11

        11. bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah[767]. Sesungguhnya Allah tidak merobah Keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

        ket:
        [767] Bagi tiap-tiap manusia ada beberapa Malaikat yang tetap menjaganya secara bergiliran dan ada pula beberapa Malaikat yang mencatat amalan-amalannya. dan yang dikehendaki dalam ayat ini ialah Malaikat yang menjaga secara bergiliran itu, disebut Malaikat Hafazhah.
        [768] Tuhan tidak akan merobah Keadaan mereka, selama mereka tidak merobah sebab-sebab kemunduran mereka.

        komentar ane:
        perlindungan ini kan bukan dari tubuh manusia tapi memang diluar diri manusia,,,, yakni malaikat hafazhah ….. dan malaikat hanya menjalankan perintah Allah,,,, bukan perintah manusia….. apalagi malaikatnya banyak dan bergiliran ….. sementara tenaga metafisika kan diolah manusia …. apalagi harus dilatih untuk mengamalkannya ….. jadi ane kata ayat tersebut tidak tepat sebagai dalil ilmu tenaga metafisika
        kalo dicky menterjemahkan malaikat sebagai energi juga kurang tepat sebab dalam bahasa Arab energi itu thooqoh طاقة…. sekali lagi طاقة = energi ….. boleh dicek kok di google translate

        lagian di wiki disebut kata MUNGKIN ….. jadi jelas sekali artikel LSBD HI di wiki itu mereka-reka dan memaksakan dalil

      2. Alasan yang pernah saya dengar dari salah satu murid HI adalah kata malaikat itu adalah tafsiran, tambahan dari ayat qur’an tersebut. Menurutnya, jika memang yang dimaksud adalah malaikat dari cahaya, maka akan disebut namanya langsung, misal Jibril, Mikail, dan seterusnya.

        Cara tafsir yang sama digunakan juga sebagai dasar dalam menafsirkan lailatul qadr di bulan ramadhan sebagai malam turunnya energi berlimpah. Ini pernah kami bahas di https://hikmatulimanwatch.org/2012/08/15/lailatul-qadr-menurut-dicky-zainal-arifin-guru-utama-hikmatul-iman/ dan https://hikmatulimanwatch.org/2012/10/02/paham-kang-dicky-lailatul-qadr-adalah-malam-terjadinya-fluktuasi-energi-dan-metode-baru-melihat-hilal/.

      3. Subjek artikel ini tidak memenuhi kriteria kelayakan umum maupun kebijakan kelayakan Wikipedia lainnya: Tokoh, Organisasi, atau Web. Anda dapat membantu mengembangkan artikel ini agar memenuhi unsur kelayakan. Cara yang paling tepat adalah mencari dan mencantumkan referensi dari sumber-sumber dari pihak ketiga. Apabila dalam dua minggu artikel ini belum memenuhi kelayakan, Anda dapat mengalihkan, menggabungkan, atau memberikan {{hapus:kelayakan}}, sesuai dengan Wikipedia:Kebijakan penghapusan.
        Artikel ini tidak memiliki paragraf pembuka yang sesuai dengan standar Wikipedia.
        Artikel ini harus didahului dengan kalimat pembuka: Hikmatul Iman Indonesia adalah ……..
        Tolong bantu Wikipedia untuk mengembangkannya dengan menulis bagian atau paragraf pembuka yang informatif sehingga pembaca awam mengerti apa yang dimaksud dengan “Hikmatul Iman Indonesia”.
        Wikifikasi
        Artikel ini perlu diwikifikasi agar memenuhi standar kualitas Wikipedia. Anda dapat memberikan bantuan berupa penambahan pranala dalam, atau dengan merapikan tata letak dari artikel ini.
        Untuk keterangan lebih lanjut, klik [tampilkan] di bagian kanan.[tampilkan]

  5. Kalau manusia bisa menjadi AVATAR maka apa lagi masalah malaikat & jin .. arti nya SYEKH DICKY bisa menjelaskan DALIL nya ??? merubah DNA mungkin ???? #oh ILMIAH

      1. Anton sudah merasa cukup pintar karena mau ikut-ikutan mengurusi kami? Kalau belum, gak perlu ikut-ikutan komentar di sini. Urus saja diri sendiri dulu.

  6. Syekh dicky belajar beladiri, td, tm, dll dari syekh dicky yang berasal dari masa depan. mirip doraemon gurunya karena pakai mesin waktu

  7. Kalau boleh tahu SYEKH DICKY ini pernah belajar beladiri tidak sebelum mendirikan HIKMATUL IMAN ????? #mohon pencerahan. ILMIAH

  8. Inilah fakta tidak ilmiah keilmuan mukjizat HI

    1. Dicky gurunya
    2. muridnya yang tingkatan api saja bisa melumerkan besi hanya dengan tatapan mata
    3. dicky bisa menghancurkan planet
    4. Guru Utama lebih hebat dari murid

  9. Sekali kali SYEKH DICKY tampilin foto HASIL mengolah Tenaga Dalam/Tenaga Metafisika yang paling dahsyat dunks (Jalan diatas air,levitasi,teleportasi,etc) masa foto DEMO nya hanya matahin kikir,siram air keras,jalan di atas api,di pukul balok .. itu mah kan biasa biasa saja !!!! padahal IBLIS saja Tenaga Metafisika nya kalah loh sama HIKMATUL IMAN !!!! #oh ILMIAH

  10. Kang anton @ Jelasin soal ISRA MI’RAJ dunks !!!! emang isra mi’raj itu muhammad saw ngapain sih menurut kang anton ???? #ILMIAH

  11. Sudah jelas kalau HI itu tidak bisa berdalil dan mereka sangat jahil! Keluarlah kalian semua dari HI! Daripada kalian nantinya menyesal!

  12. SYEKH DICKY ini belajar beladiri dimana sih ???? ko belum ada yang jawab dalil AURA nih ???? AURA & IMAN ada kaitan nya gk sih ???? DALIL nya apa ya ???? #mohon pencerahan ILMIAH

  13. Musadiq @ Coba jelaskan penafsiran SYEKH DICKY menurut anda !!! anda kan sudah mengerti pemahaman tafsir malaikat menurut SYEKH DICKY .. coba jelaskan disini !!!! #pencerahan ILMIAH

  14. Kesalahan fatal!!! Sudah tahu surat qof ayat 20 sampai 22 itu tentang besok di hari kiamat, masih saja digunakan sebagai dasar hukum ngimpleng! Salah besar!!!

    Kesalahan fatal!!! Sudah tahu riwayat umar di atas bukanlah riwayat untuk dasar hukum apapun, tapi masih digunakan untuk dasar ngimpleng!!! Dasar anak HI tidak mikir!!! Menelan aja bulat-bulat omongan bualan tanpa ilmu!!!

    Kesalahan fatal!!! Apa kata dunia ilmiah??? Apa kata ilmuan sedunia???

  15. Masih belum ada yang jawab tentang AURA masih cari DALIL dari kebet kebet KITAB !!! tapi kalau dapat DALIL tolong kasih tahu SYEKH DICKY dulu biar di IMPLENG kualitas haditsnya !!! kalau gk nanti di marahin loh di cap BHALLAMIN 378 !!!!! #ILMIAH

  16. KAROMAH atau MAUNAH atau MUKJIZAT ???? selain DALIL hadits umar bin khattab di atas dalil apa lagi yang SYEKH DICKY ketahui ??? untuk menentukan suatu hukum diperlukan banyak DALIL agar tidak terjadi KESALAHAN yang FATAL !!! ko gampang banget anak HI berdasarkan hadits umar bin khattab lalu mengaku mempunyai MUKJIZAT /KAROMAH ????? di dalam hadits ada ilmu MUSTHAHALA HADITS !!!! Ilmu ini yang bikin ORIENTALIS mundur dalam mengotak atik islam !!!!! #ILMIAH

    1. yg jago ngimpleng.. hpnya masih pake phonebook ga sih? nih ane mau jual hp yg ga ada buku teleponnya dan ga bisa buka sms masuk? ada yg minat ga?.. keuntungan dari hp ini 50% buat kemajuan umat.

  17. Itu yang namanya musadiq orangnya goblog bleugug kemplu!!! Kalau tidak tahu dasar hukum dalam Islam jangan asal bicara tanpa ilmu!!! Bisa sesat menyesatkan!!! Akalnya belum sampai sudah berani bicara hukum. Belajar sana yang bener!!! Omonganmu justru semakin memperjelas penyimpangan dalam pemahamanmu!!!

  18. klo kyai muinya menerawang pakai kalimat2 quran dan zikir ya..makanya ngakunya pakai malaikat….. yg punya ilmu terawang bukan cuma kd kok…sy prnah lihat di tv ketua mui atau anggotanya prnah berkomentar tentang kejadian santet yg menimpa seorang perempuan.masih ingat ada dulu ada prempuan yg prutnya ditumbuhi kawat? nah itu…. beliau(org mui) kurang lebih seperti ini.menurut TeraWaNgan sy itu kawat klo udah dicabut/operasi ga bakalan tumbuh lagi… dan beliaupun prnah berkomentar tentang hipnotis dan katanya masih boleh klo digunakan tuk kebaikan. maaf ga nyambung…

  19. dari sikap sayidina umar.mustahil hal itu trjadi kebetulan..kalaupun kebetulan kenapa beliau bersikap seolah2 sudah bisa menampakan diri dilain tempat.. ada juga kisah sayidina ali yg menantang para jamaah agar bertanya kepadanya tentang sesuatu didunia maupun diakhirat. lalu ada yg merasa tertantang dan bertanya ‘dimanakh jibril sekarang berada?. lalu sayidina ali menerawang kesegala penjuru,atas dan bawah…lalu berkata ,kamulah jibril! singkat cerita.. si penanyapun mengaku dan kembali kewujud aslinya dan sayapnya melingkupi setiap orang yg hadir…

  20. Saya tanya soal surat qof ayat 22. Apa jawaban yang saya dapatkan? Penafsiran dicky terhadap surat qof ayat 22 sebagai dalil ngimpleng adalah batil! Itu ayat menerangkan tentang pandangan manusia yang ditajamkan pada hari kiamat!!! Keterangan waktu “pada hari itu” atau sebagian mengartikan “pada hari ini” itu merujuk ayat 20 yang menyebutkan hari yang diancamkan yang maksudnya hari ditiup sangkakala (maksudnya kiamat). Jadi, bukan dalil untuk ngimpleng!!! Pentafsiran dicky batil!!!

  21. Riwayat umar pada artikel diatas bukanlah riwayat tentang suatu dasar hukum!!! Itu adalah riwayat tentang kisah karomah sahabat!!! Adalah batil ketika mengambil riwayat itu untuk dijadikan dasar hukum ngimpleng!!! Kalau riwayat itu memang untuk dasar hukum ngimpleng, maka ulama salaf pasti mendakwahkan ngimpleng kepada umat!!! Namun, itu riwayat bukanlah dimaksudkan untuk dasar hukum ngimpleng!!! Sekali lagi bukan!!! Jadi, pentafsiran dicky terhadap riwayat umar tersebut adalah pentafsiran yang batil!!!

  22. Iman bertambah adalah dengan ketaatan, dan berkurang adalah dengan maksiat atau kedurhakaan! Jadi klaim dicky bahwa iman bertambah diukur dari penambahan tenaga dalam atau semakin hebat kemampuan ngimpleng, maka, klaim dicky ini adalah batil!!!

    Semakin taat kepada Allah dan semakin menjauhi larangan ataupun syubhat maka semakin kuat iman!!! Bukan kuat dengan TD, TM, Ngimpleng!!! Bukan pula dengan teknologi canggih!!!

    Oleh karena itulah, maka kita harus bisa memahami iman menurut pemahaman Rasul dan sahabat. Kita harus juga mengenali apa yang menambah iman dan apa yang menguranginya. Sehingganya kita tidak terjerumus ke dalam penyimpangan pemahaman iman seperti penyimpangan dicky!!! Pemahaman seperti dicky batil!!!

  23. Bagaimana cara memperkuat keimanan saya yang masih LEMAH ??? adakah cara KHUSUS untuk mempertebal KEIMANAN saya yang masih LEMAH ???? apakah SYEKH DICKY mempunyai tips untuk memperkuat KEIMANAN saya ???? apa tanda orang yang BERIMAN kuat ???? #mohon pencerahan ILMIAH

  24. Menafsiri malaikat sebagai energi? Penafsiran gila! Padahal, kata-kata yang ada dalam Al Qur’an selalu sesuai untuk segala jaman! Jadi kalau disebut kata malaikat maka yang dimaksud adalah malaikat! Bukan energi! Emangnya energi listrik adalah malaikat listrik??? Sungguh keji penafsiran yang dilakukan dicky! Dia mengotak atik pemahaman iman menjadi kacau balau! Perlu dipermak sel otaknya!

    1. duit@kamu salah faham.inilah akibatnya berdiskusi dgn salah satu diantara dua musuh…yg diterangkanya cuma yg bisa buat org lain salah paham…

      1. Musadiq: Kami hanya mengutip tulisan mereka secara utuh tentang tafsir malaikat = energi. Itu bukan tafsiran kami. Silakan Anda cek langsung dalam diktat mereka.

  25. Sudah ada yang punya KAROMAH kaya umar bin khattab belum ???? latihan tebar panas nya berapa jam/hari ????? DALIL aura belum nongol juga nih ???? sebenarnya AURA itu apa sih ???? #ILMIAH

    1. Dalil Tenaga Metafisika menurut Hikmatul Iman adalah QS Ar-Raad ayat 11.

      Kekuatan metafisik ini tanpa batas, selama kita mau memperkuatnya. Didalam Al-Quran surat Ar-Raad:11 dinyatakan bahwa manusia dijaga oleh sesuatu yang dibahaskan dalam tafsir Al-Quran dengan istilah malaikat, mungkin zaman dulu belum ada istilah energi sebab apabila yang dimaksudkan adalah malaikat, Al-Quran biasanya menyatakan dengan namanya, misalnya Malaikat Jibril. Energi ini yang kita kembangkan sehingga menjadi dahsyat sekali.

      Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hikmatul_Iman_Indonesia#Tenaga_metafisika

      Bahasan ini terdapat juga di diktat Hikmatul Iman.

  26. Sudah ada yang punya MUKJIZAT seperti umar bin khattab belum ???? NGIMPLENG ya ???? IMPLENGIN saya dunks !!!!! #ILMIAH

  27. SYEKH DICKY kalau sandaran Tenaga Dalam/Tenaga Metafisika ada di Al Quran gk ??? ayat berapa ??? surat apa ??? tolong di kita di kasih tahu dunks .. saya sih IMAN nya masih LEMAH .. apa perlu saya ikut HIKMATUL IMAN ???? terus metode memperkuat IMAN itu bagaimana apa perlu pakai penafasan ??? kalau tenaga dalam SAHABAT nabi muhammad Saw berapa persen ???? #ILMIAH

  28. Belum nongol juga DALIL tentang AURA !!! mau BERDALIL pakai dalil SAINS tapi NASA (National Aeronautics and Space Administration) sudah GULUNG TIKAR !!! jadi pakai DALIL apa ??? Religi ??? harus konfirmasi dulu sama SYEKH DICKY ???? #Oh ILMIAH

  29. Ayo KITAB nya di kebet kebet dulu terus temukan DALIL nya .. tapi ingat loh harus sesuai dengan SYEKH DICKY barangkali DALIL nya PALSU buatan BHALLAMIN loh !!!! silahkan munculkan ucapan ucapan ULAMA tapi harus yang sesuai sama SYEKH DICKY loh !!! #ILMIAH

  30. Ada yang sudah mahir NGIMPLENG gk seperti SYEKH DICKY ???? bisa melihat SUPER VISI ????? IMPLENGIN saya dunks !!!!! #ILMIAH

  31. bahkan dalil ngimpleng yang didasarkan dengan FISIKA QUANTUM saja tidak ada kecocokan sama sekali.

    artinya hanya kebohongan baik ditilik dari sisi ilmiah (barat) maupun dalil yang ada dalam Al Qur’an ataupun hadist.

    ini adalah salah satu pembohongan yang dilakukan oleh HI dan pengikutnya untuk menarik orang luar kedalam kesesatan mereka. bahkan guru HI saja belum tentu paham tentang fisika quantum.

    ketika murid/guru guru HI ditantang berbicara tentang fisika quantum, mereka akan kabur dan akan mengatakan “Tingkatan Keilmiahan kamu lebih rendah”. itulah HI, yang isinya pembo”H”ong “I”lmiah.

  32. Pencocokan dalil ya? Hehehehe. Pentafsiran yang menjual dalil-dalil dengan harga murah! Hanya untuk membenarkan ilmu dukunnya. Apa jelas disebut dalam dalil ada “TD”, “TM”, “ngimpleng”? TD, TM, Ngimpleng dalam bahasa arab apa ya? Kalau ruqyah semua tahu bahasa arab dan jawanya, tapi kalau TD, TM, Ngimpleng? Wah wah wah memaksakan tafsir. Ayo kang widjojo, datengin narasumber dari HI dan ahli tafsirnya untuk menjelaskan. Saya tidak paham dengan penafsiran mereka. Tidak gamblang!

    1. Salah satu kesimpulan MUI Cianjur tentang Hikmatul Iman dalam Surat Rekomendasi:

      Keberadaan ilmu ngimpleng (terawang) di Hikmatul Iman yang bisa jadi dibimbing oleh setan.

      Sumber: https://hikmatulimanwatch.org/2013/05/29/surat-rekomendasi-majelis-ulama-indonesia-kab-cianjur-tentang-paham-menyimpang-hikmatul-iman/

      Penjelasan tentang ngimpleng Dicky Zainal Arifin dalam kesimpulan Komisi Pengkajian dan Pengembangan MUI Cianjur:

      Ngimpleng, menerawang dalam bahasa Arab adalah khoyyala = khorroma. Pengasuhnya bisa malaikat, bisa setan. Atau bahkan lebih dominan setan. Beda-beda dikit lah dengan “lamunan sistematis”.

      Sumber: https://hikmatulimanwatch.org/2012/12/06/koreksi-terhadap-hikmatul-iman-artikel-dari-anggota-komisi-pengkajian-fatwa-majelis-ulama-indonesia-kab-cianjur/

      1. Jadi benar bahwa tidak ada dalil yang jelas menyebutkan ngimpleng, td, dan tm baik dalam Al Qur’an maupun hadits dan tidak juga dalam penafsiran ulama salaf

      2. klo kyai muinya menerawang pakai kalimat2 quran dan zikir ya..makanya ngakunya pakai malaikat….. yg punya ilmu terawang bukan cuma kd kok…sy prnah lihat di tv ketua mui atau anggotanya prnah berkomentar tentang kejadian santet yg menimpa seorang perempuan.masih ingat ada dulu ada prempuan yg prutnya ditumbuhi kawat? nah itu…. beliau(org mui) kurang lebih seperti ini.menurut TeraWaNgan sy itu kawat klo udah dicabut/operasi ga bakalan tumbuh lagi… dan beliaupun prnah berkomentar tentang hipnotis dan katanya masih boleh klo digunakan tuk kebaikan. maaf ga nyambung…

  33. Itu ayat ASBABUN NUZUL nya apa yah ???? Terus umar bin khattab latihan TM yah ??? kalau TM dalil Al quran nya apa ??? malaikat hafadzah yah ??? kasih penjelasan dunks kita juga kan mau tahu #Ilmiah

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s