Pemecahbelahan umat di Indonesia: Curhat Guru Utama Hikmatul Iman


Guru Utama Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI) yang juga imam besar madzhab Ahlu Ngimpleng Wal Jamaah, Dicky Zainal Arifin, mulai gerah karena banyak pahamnya yang dikuliti oleh Hikmatul Iman Watch. Dalam keputusasaan, beliau mengeluarkan artikel yang berisi curahan hatinya sebagai pihak yang difitnah.

Isi tulisannya tidak terlalu penting. Dua per tiga dari isi artikelnya hanyalah hasil copy paste dari entri Wikipedia tentang Christiaan Snouck Hurgronje. Di akhir artikel ini setidaknya ada beberapa point yang ingin dia sampaikan.

  1. Umat Islam di Indonesia sedang dipecah-belah dan diadu domba.
  2. HI menjadi korban hasutan pihak tertentu. (Red: Nama HIW sendiri tidak berani dia sebut.)
  3. Ada MUI yang ditekan untuk menyatakan bahwa HI menyebarkan paham sesat. (Red: Dicky tidak berani menyebutkan secara jelas bahwa itu adalah MUI Kab Cianjur.)
  4. Ada pesantren bernama “Al-Ikhlas” yang menerima pihak Hikmatul Iman. (Red: Dicky tidak berani menyebutkan secara jelas bahwa yang dia maksud adalah Jama’ah Tabligh Cianjur yang dipimpin oleh KH. Drs. Yahya Sholeh yang juga Imam Masjid Agung Cianjur.)

Apakah klaim ini benar dan sesuai faktanya? Mungkinkah ada pihak yang mampu menekan MUI Kabupaten Cianjur untuk mengeluarkan pernyataan tentang kesesatan paham HI? Benarkah paham sesat HI bisa diterima oleh pesantren? Kami akan menjawabnya nanti. Insya Allah. Untuk sementara, kami sarankan para murid HI dan fans Dicky meminta data yang lebih valid, tidak cukup hanya berdasarkan klaimnya saja yang terbukti banyak kedustaannya.

Pemecahbelahan umat di Indonesia

Sumber: https://www.facebook.com/notes/kang-ari/pemecahbelahan-umat-di-indonesia/10151905913824020

Christiaan Snouck Hurgronje
Christiaan Snouck Hurgronje

Di dalam sejarah tanah air kita tercatat seorang yang bernama Christiaan Snouck Hurgronje (lahir di Tholen, Oosterhout, 8 Februari 1857 โ€“ meninggal di Leiden, 26 Juni 1936 pada umur 79 tahun) adalah orientalis Belanda. Tamat sekolah menengah, dia melanjutkan ke Universitas Leiden untuk mata kuliah Ilmu Teologi dan Sastra Arab, 1875. Lima tahun kemudian, dia tamat dengan predikat cum laude dengan disertasi Het Mekaansche Feest (Perayaan di Mekah). Tak cukup bangga dengan kemampuan bahasa Arabnya, Snouck kemudian melanjutkan pendidikan ke Mekkah, 1884. Di Mekkah, keramahannya dan naluri intelektualnya membuat para ulama tak segan membimbingnya. Dan untuk kian merebut hati ulama Mekkah, Snouck memeluk Islam dan berganti nama menjadi Abdul Ghaffar.

Namun, pertemuan Snouck dengan Habib Abdurrahman Azh-Zhahir, seorang keturunan Arab yang pernah menjadi wakil pemerintahan Aceh, kemudian “dibeli” Belanda dan dikirim ke Mekkah, mengubah minatnya. Atas bantuan Zahir dan Konsul Belanda di Jeddah JA. Kruyt, dia mulai mempelajari politik kolonial dan upaya untuk memenangi pertempuran di Aceh. Sayang, saran-saran Habib Zahir tak ditanggapi Gubernur Belanda di Nusantara. Karena kecewa, semua naskah penelitian itu Zahir serahkan pada Snouck yang saat itu, 1886, telah menjadi dosen di Leiden.

Snouck seperti mendapat durian runtuh. Naskah itu dia berikan pada kantor Menteri Daerah Jajahan Belanda. Snouck bahkan secara berani menawarkan diri sebagai tenaga ilmuwan yang akan dapat memberikan gambaran lebih lengkap tentang Aceh.

Pada 1889, dia menginjakkan kaki di Pulau Jawa, dan mulai meneliti pranata Islam di masyarakat pribumi Hindia-Belanda, khususnya Aceh. Setelah Aceh dikuasai Belanda, 1905, Snouck mendapat penghargaan yang luar biasa. Setahun kemudian dia kembali ke Leiden, dan sampai wafatnya,26 Juni 1936, dia tetap menjadi penasihat utama Belanda untuk urusan penaklukan pribumi di Nusantara.

Sosok Snouck memang penuh warna. Bagi Belanda, dia adalah pahlawan yang berhasil memetakan struktur perlawanan rakyat Aceh. Bagi kaum orientalis, dia sarjana yang berhasil. Tapi bagi rakyat Aceh, dia adalah pengkhianat tanpa tanding. Namun, penelitian terbaru menunjukkan peran Snouck sebagai orientalis ternyata hanya kedok untuk menyusup dalam kekuatan rakyat Aceh. Dia dinilai memanipulasi tugas keilmuan untuk kepentingan politik.

Selain tugas memata-matai Aceh, Snouck juga terlibat sebagai peletak dasar segala kebijakan kolonial Belanda menyangkut kepentingan umat Islam. Atas sarannya, Belanda mencoba memikat ulama untuk tak menentang dengan melibatkan massa. Tak heran, setelah Aceh, Snouck pun memberi masukan bagaimana menguasai beberapa bagian Jawa dengan memanjakan ulama.

Demikianlah sosok Snouck Hurgronje yang dianggap sosok kontroversial khususnya bagi kaum muslimin Indonesia, terutama kaum muslimin Aceh.

Pada tanggal 9 Juli 1891, Snouck ke Aceh, bahkan menetap di Kutaraja (kini Banda Aceh). Ia menjadi orang “kepercayaan” Joannes Benedictus van Heutsz, jenderal Aceh yang kemudian menjabat Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1904-1909). Pengamatannya menghasilkan tulisan Atjeh Verslag, berisi laporan kepada Belanda tentang alasan mengapa Aceh harus diperangi. Sekitar tujuh bulan kemudian kembali ke Batavia. Pekerjaannya bertambah menjadi Penasihat urusan Pribumi dan Arab. Lembaga yang didirikan 1899 ini bisa dipandang sebagai cikal bakal Departemen Agama.

Selama tujuh bulan Snouck berada di Aceh, sejak 8 Juli 1891. Di Aceh, dia dibantu beberapa orang pelayannya. Baru pada 23 Mei 1892, Snouck mengajukan Atjeh Verslag, laporannya kepada pemerintah Belanda tentang pendahuluan budaya dan keagamaan, dalam lingkup nasihat strategi kemiliteran Snouck. Sebagian besar Atjeh Verslag kemudian diterbitkan dalam De Atjeher dalam dua jilid yang terbit 1893 dan 1894. Dalam Atjeh Verslag-lah pertama disampaikan agar kotak kekuasaan di Aceh dipecah-pecah. Itu berlangsung lama, karena sampai 1898, Snouck masih saja berkutat pada perang kontra-gerilya.

Nasehat Snouck mematahkan perlawanan para ulama, karena awalnya Snouck sudah melemparkan isu bahwa yang berhak memimpin Aceh bukanlah uleebalang, tapi ulama yang dekat dengan rakyat kecil. Komponen paling menentukan sudah pecah, rakyat berdiri di belakang ulama, lalu Belanda mengerasi ulama dengan harapan rakyat yang sudah berposisi di sana menjadi takut. Untuk waktu yang singkat, metode yang dipakai berhasil.

Snouck mendekati ulama untuk bisa memberi fatwa agama. Tapi fatwa-fatwa itu berdasarkan politik Divide et impera. Demi kepentingan keagamaan, ia berkotbah untuk menjauhkan agama dan politik. Selama di Aceh Snouck meneliti cara berpikir orang-orang secara langsung. Dalam suratnya kepada Van der Maaten (29 Juni 1933), Snouck mengatakan bahwa ia bergaul dengan orang-orang Aceh yang menyingkir ke Penang. ( Sumber : Wikipedia )

Namun taktik Divide et Impera jarang sekali ahli sejarah membahasnya secara detail , padahal itu sangat penting agar masyarakat menjadi waspada . Sekarang akan dibahas salah satu taktik atau cara pemecahbelahan umat yang sangat ampuh dan terbukti masih dipakai sampai sekarang . Bagian terpenting dari politik Divide et Impera adalah Aanzetten ( Mendorong/Menghasut ).

Cara ini terbilang sangat ampuh dan akan langsung mengenai sasaran pada masyarakat yang sudah jauh dari Tabayyun atau Konfirmasi , juga akan langsung diterima oleh mereka yang tidak mau berpikir secara baik . Allah SWT bewrfirman :

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”(QS. Al Hujuraat 6)

Firman Allah SWT yang memerintahkan agar kita selalu Tabayyun atau konfirmasi seharusnya kita junjung tinggi sebagai umat Islam , agar kita selalu damai dan tidak terjadi salah paham , dan tidak menyebabkan musibah pada suatu kaum . Akan tetapi kenyataannya sekarang , banyak sekali tokoh agama dan di masyarakat umum sekalipun , seolah-olah ayat ini hanya sekedar hafalan dan hiasan saja , makna dari perintah Sang Maha Pencipta tidak diindahkan sama sekali . Penghasutan dan pembentukan opini ini biasanya terjadi pada sebuah kelompok atau organisasi yang semakin membesar , dan mulai mengancam keberadaan kelompok atau organisasi lain .

Contoh kejadian , ini terjadi pada sebuah organisasi bernama Hikmatul Iman . Organisasi ini dibentuk pada pada tahun 1987 lalu di bulan April 1989 dibuatlah menjadi sebuah Yayasan bernama Hikmatul Iman . Kiprah awal adalah mengajarkan Bela Diri dan dikenal pula dengan nama LSBD Hikmatul Iman . Namun seiring perkembangan zaman dan juga tujuan awal dari Hikmatul Iman adalah Syi’ar Islam dan memakmurkan umat , maka agar tujuan tersebut bisa terealisasi dengan baik , proses adaptasi dengan berbagai kelompok di masyarakat harus dilakukan. Ini sangat penting mengingat banyak sekali kelompok di masyarakat yang memiliki pengertian berbeda di dalam segala hal , misalnya pada pengamat ruang angkasa , kita harus berbicara dengan bahasa mereka , atau pada seorang pengamat UFO , kita tidak berbicara dengan bahasa lain selain bahasa yang “menyambung” dengan mereka . Semakin lama Organisasi ini semakin membesar karena mengedepankan aplikasi , dan mulai merambah pada bidang : Kesehatan , Teknologi , Budaya , Peradaban , dan sebagainya . Islam adalah rahmat bagi alam semesta , inilah yang terus diperjuangkan dalam bentuk “karya nyata”.

Mulailah banyak pihak yang merasa terganggu , karena mungkin mengganggu eksistensi atau keberadaan . Sejak awal berdiri pun sebetulnya sudah banyak orang yang menjelek-jelekkan , ironisnya kebanyakan muncul dari pihak yang “katanya” mengedepankan Islam . Kejadian terakhir terjadi di salah satu kota di Jawa Barat , dimana sampai MUI kota tersebut mengeluarkan pernyataan tentang kejanggalan pemikiran pendiri Hikmatul Iman dan kegiatan Himatul Iman di bekukan di salah SMAN kota itu . Ini tidak akan terjadi apabila perintah Allah SWT mengenai Tabayyun ini dijalankan , bahkan ketika dari pihak Hikmatul Iman mendatangai Ketua MUI nya untuk konfirmasi , beliau menjawab dengan enteng “Ngarah Jempling” atau “Biar Hening” pihak yang setiap hari menekannya untuk menandatangani surat pernyataan.

Namun ada juga sikap yang wajib di contoh oleh semua kalangan agamawan. Sebuah Pesantren di Kota itu yang bernama Al-Ikhlas tidak terhasut , meskipun “sang penghasut” mengaku sebagai “pengamat aliran sesat”. Ketika disuruh menandatangani pernyataan , salah satu pimpinan Pesantren itu menolak . Inilah unsur kehati-hatian yang sangat baik dari ajaran Islam , dan dijalankan dengan baik pula. Pihak Hikmatul Iman pun diterima dengan baik disana untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Umat Islam di Indonesia memang sedang dipecah-belah agar selalu tidak bersatu . Dengan cara Aanzetten atau Mendorong / Menghasut , maka akan terjadi konflik yang berkepanjangan . Cara ini terbukti sangat ampuh karena yang disentuh adalah EGO . Membenturkan pendapat yang berbeda antara Ulama satu dengan Ulama lain adalah cara yang dipakai sejak Zaman Christiaan Snouck Hurgronje sampai sekarang . Umat dibuat lebih suka “berdebat” , daripada “berdiskusi” untuk mencari kebenaran secara objektif. Dibuat pula budaya “Penindasan” pada mereka yang berbeda paham atau pendapat. Vonis “Sesat” begitu mudahnya dilontarkan pada pihak yang berbeda pendapat. Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya kamu benar-benar dalam keadaan berbeda pendapat” (QS. Adz-Dzariyaat ayat 8)

“Itulah sejauh-jauh pengetahuan mereka. Sesungguhnya Tuhanmu, dialah yang paling mengetahui siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dia pulalah yang paling mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Najm ayat 30)

Tabayyun atau konfirmasi memang sedang dibuat menjadi barang langka di Republik ini. Untuk itu , kita lah yang harus waspada , jangan sampai terpancing di dalam politik pemecahbelahan umat ini. Mengapa hal ini dibuat dan di rekayasa ? , karena apabila umat terbesar di Negara ini saling gontok-gontokkan , dan sibuk berantem sendiri , atau sampai terjadi konflik horizontal , maka ketika kekayaan alam Negara ini di keruk , mereka menjadi tidak perduli , dan pihak asing lah yang bersorak . Juga untuk mengalihkan perhatian dari urusan politik , agar mereka selalu ber-polemik di kalangan sendiri . Mohon segera membuka pengetahuan dan wawasan secara sangat luas , agar para pemeluk agama , baik itu Islam maupun agama yang lain , tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang justru akan membuat menyesal di kemudian hari .

Oleh karena itu , sebagai Muslim yang baik , kita akan menjalankan prinsip Tabayyun dengan baik dan benar. Ketika muncul sebuah berita bersifat menghasut , kita akan konfirmasi pada pihak terhasut , apakah benar seperti itu ataukah dipelintirkan hingga “terlihat” menjadi seperti itu . Para penghasut biasanya bersembunyi dibalik kalimat “Al Haq” untuk menutupi tujuan utamanya di dalam memecah belah umat , seperti itu pula yang dilakukan oleh Christiaan Snouck Hurgronje .

==========Allah SWT Maha Mengetahui============

Pemecahbelahan umat di Indonesia
Pemecahbelahan umat di Indonesia. Sumber: Facebook.

Artikel ini dimuat oleh Kang Ari, seorang anggota LSBD HI dan juga admin halaman Facebook Prodimar.

Kang Ari, admin Halaman Facebook Prodimar dan Anggota LSBD HI.
Kang Ari, admin halaman Facebook Prodimar dan Anggota LSBD HI.
Iklan

60 thoughts on “Pemecahbelahan umat di Indonesia: Curhat Guru Utama Hikmatul Iman”

  1. Fatih borneo # Petunjuk apa tuch yg udah di dapatkan ? sudah ketemu KULNAKA belum ? cerita disini dunks … wkwkwk #prei OPLOSAN

  2. anda yang tersesat hai @pengamat HIW> cuma mengamti ..komentar.. tapi tidak pernah melakukan pendekatan secara langsung> dan memvonis .!!!!> atau aku dan kami yang telah menemukan jalan yang telah diluruskan karena petunjuk yang nyata telah kualami.. hehehee

  3. Anonim @ Apakah admin sudah mengikuti HI untuk mengetahui kesesatan Hi ??? menurut saya sangat janggal ada nya sebuah pertanyaan tersebut. kalau di asumsi kan pada seorang polisi atau hakim maka akan terasa tidak ILMIAH !!!! #Oh ILMIAH

    1. Sudah. HIW berada di luar HI dan tidak memiliki kaitan apa pun dengan HI, tapi kami memperoleh banyak info dari anggota HI, baik masih aktif maupun mantan anggota.

    1. Ya, dengan adanya Dicky. Umat terpecah menjadi yang membela Dicky dan tidak membela Dicky. HIW mengajak semua untuk menjauhi paham Dicky dan kembali ke paham-paham yang telah diajarkan para ulama-ulama terdahulu.

      Masyarakat bisa menilai siapa yang sesungguhnya memecah belah.

  4. Apa sih yang di maksud pemecah belah AGAMA ??? mana ini DALIL tentang AURA /TM ???? ko bisa punya DALIL gk berani di adus dengan DALIL ???? tapi konon dalilnya SHAHIH menurut SYEKH DICKY !!!! jadi apa arti pemecah belah AGAMA ??? dari dulu kaum ORIENTALIS salalu KETAKUTAN bila mengutak atik ISLAM di karena kan ilmu MUSTHAHALA HADITS !!!! coba baca kisah SNOUCK,VANDER PLAS,etc !!! Jangan berdasarkan ucapan SYEKH DICKY !!!! #oh ILMIAH

  5. Kang anton @ Loh ko malah jawab begitu di web sini ??? kan banyak yang baca !!!! nanti HI malah rusak gara gara kang anton loh !!!! nanti kang anton di cap BHALLAMIN 378 sama SYEKH DICKY loh !!! saya sih gk masalah di cuekin sama Kang anton .. tapi namanya gk ILMIAH #oh ILMIAH

  6. Sudah ada yang mahir NGIMPLENG seperti umar bin khatab belum ???? sudah ada DALIL tentang AURA belum ???? AURA berhubungan dengan IMAN gk sih ???? sudah kebet kebet KITAB belum ??? sudah cari info di GOOGLE belum ??? tapi harus di konfirmasikan dulu dengan SYEKH DICKY di khawatir kan DALIL nya bikinan BHALLAMIN 378 !!!! atau malah di cap sebagai BHALLAMIN 378 loh !!!! #oh ILMIAH

  7. Anak HI ngimplengnya sudah sejauh mana nih ???? sudah ada yang bisa seperti umar bin khatab ??? sudah ada yang bisa membelah laut belum seperti musa as ???? cerita dunks .. kalau bermanfaat saya juga tertarik loh dengan bukti yang autentik loh !!! #ILMIAH

  8. Bagaimana cara memperkuat IMAN ya ??? barometer KEIMANAN itu apa menurut HIKMATUL IMAN ????? adakah perkataan GANJIL dari ibnu sina,alfarabi,alkindi,albiruni,alkhawrizmi dalam meneliti TEKNOLOGI ????? Mereka adalah khazanah ilmuwan muslim sepanjang zaman loh !!!!! #ILMIAH

  9. 31-10-2013 Tasikmalaya masih di landa gempa bumi !!! apa alat ANTI GEMPA BUMI ala SYEKH DICKY tidak berfungsi ??? padahal kalau berfungsi kan sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia !!! bahkan bisa menjadi TROBOSAN bagi ILMUWAN DUNIA !!!! oh iya belum ada DALIL tentang TD /TM ya ??? kalau TD/TM dalilnya bisa di QIYAS gk ya dengan anjuran nabi tentang BEROLAH RAGA ???? ada yang bisa jawab masalah QIYAS ????? kalau TD/TM ini bisa dipakai untuk menghancurkan PLANET,NGIMPLENG,RAGA SUKMA,TELEPATI (Yang aneh aneh) kalau jaman nabi ada gk ??? fokus di masalah QIYAS ya !!! kalau dalil TD/TM menurut SAINS kira kira ada tidak ???? 31-10-2013 Tasikmalaya masih di landa gempa bumi !!! apa alat ANTI GEMPA BUMI ala SYEKH DICKY tidak berfungsi ??? padahal kalau berfungsi kan sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia !!! bahkan bisa menjadi TROBOSAN bagi ILMUWAN DUNIA !!!! oh iya belum ada DALIL tentang TD /TM ya ??? kalau TD/TM dalilnya bisa di QIYAS gk ya dengan anjuran nabi tentang BEROLAH RAGA ???? ada yang bisa jawab masalah QIYAS ????? kalau TD/TM ini bisa dipakai untuk menghancurkan PLANET,NGIMPLENG,RAGA SUKMA,TELEPATI (Yang aneh aneh) kalau jaman nabi ada gk ??? fokus di masalah QIYAS ya !!! kalau dalil TD/TM menurut SAINS kira kira ada tidak ???? #ILMIAH

  10. Belum ada DALIL tentang AURA nih !!! mau pakai DALIL sains tapi NASA (National Aeronautics and Space Administration) sudah GULUNG TIKAR .. mau pakai DALIL religi harus konfirmasi dengan SYEKH DICKY dulu loh !!!! oh iya ada yang tahu ANOMALI di masjid Al Awas ??? kalau menurut SYEKH DICKY ada apa nya yah ???? ALIEN kah ???? hal itu bukan barang baru loh .. Anomali itu sudah ramai di bicara kan sejak tahun 1980 loh !!!! mohon pencerahan. terima kasih #ILMIAH

  11. Siapa yang sudah mahir NGIMPLENG ???? IMPLENGIN saya dunks !!!! kalau mau belajar MUKJIZAT perlu waktu berapa lama ???? perlu latihan berapa jam/hari ???? ada yang bisa menjelaskan ???? #ILMIAH

  12. “ADMIN HIW KAYAK BANCI KALENG ENTE ”

    “KAYAK ANDA, YANG TINGKAT KECERDASANNYA KAYAK ANAK SD SUKA NGAMBEK”

    “anda tuh manusia yang paling bodoh yang pernah saya jumpai tatkala menjadi admin, mana otak cerdas kamu wahai admin manusia beleguk tolol aja”

    “dasar otak udang maneh admin hiw jefrie jeprut orang stress”

    “admin hiw macem si jefrie tukang fitnah macam banci itu”

    “ocagn, woi otak udang,………….,makanya datang ke tempat terapi HI liat dengan mata kepala elo yang dungu itu”

    “kan dia pengecut dan banci. otak widjojo juga agak2 miring.”

    “moal sieun aing jeng sijefri banci!”
    ————————————————————————————————–

    Para pembaca yg budiman, silahkan simpulkan sendiri ya ๐Ÿ˜€

  13. AURA sudah ketemu DALIL nya belum nih ??? murid HI yang tingkat NGIMPLENG nya sudah setara dengan SYEKH DICKY ada gk nih ??? IMPLENGIN saya dunks !!! #ILMIAH

  14. Pemantau HIW @ ulah sok THARUNK teu meunang awon eta teh saur kaum LEMURIA bising aya mah kaluarkeun DALIL na wae pedah kacida INTELEK Saur kaum LEMURIA deui #ILMIAH

  15. Alhamdulillah HIW telah mengingatkan kita tentang bahaya dicky dan HIers. Setidaknya, dari komentar mereka di blog ini kita jadi tahu bahwa mereka sangat sok hebat, sok benar, sok ilmiah. Kata-kata mereka sangat tidak senonoh. Kita bisa tahu kok dari nada pelecehan pada pilihan kata yang digunakan para prodicky. Isi otak mereka tertumpah pada kebusukan kata yang diucapkan dalam cara mereka menfitnah HIW. Propaganda busuk DICKY dan HI sangat mudah terbaca bagi orang-orang yang mau berpikir secara jernih. Harap saudara-saudara kaum muslimin berhati-hati terhadap lolongan propaganda dicky dan HInya yang mengajak pada kegelapan.

    1. Seperti itulah kadar keimanan dan intelektualitas mereka. Biarlah orang-orang yang tidak jelas jenis kelaminnya ini menuduh kami banci. Biarlah orang-orang anonim sok jagoan ini menyebut kami pengecut. Biar saja pembaca yang menilai faktanya.

    2. namanya juga panik, logika, nalar dan pikiran dingin di by-pass.. yg keluar langsung emosi.

      dikasih bukti2 ilmiah bukannya dibantah pake bukti2 ilmiah juga, malah ngelantur gak keruan..

  16. widjojo. yeuh aing oge aya di cianjur. sarua jeng si jefri tukang fitnah te a. moal sieun aing jeng sijefri banci!

    1. Silakan. Identitas admin HIW sudah jelas, posisinya jelas, fotonya jelas. Anda tinggal datang. Anda sendiri yang tidak jelas identitasnya, tidak jelas jenis kelaminnya. Mungkin banci ya?

      Sebaiknya tidak banyak omong. Memalukan. ๐Ÿ™‚

    2. @pemantau hiw DI cianjur. SUDAHLAH KALAU MEMANG ANDA MERASA ORANG YANG BENAR DAN SILAHKAN BERTEMU DENGAN ADMIN HIW DI MUI. KALAU TIDAK BERANI MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERKATAAN YANG SUDAH TERLONTAR LEBIH BAIK SEMBUNYI SAJA TERUS.

      COBA DATANG & TEMUI MUI CIANJUR BARENG ADMIN HIW, BUKTIKAN KALAU MUI CIANJUR MENDUKUNG FAHAM HI. JANGAN CUMA OMONG AJA DIGEDEIN SOK JAGO.

      SAYA INGIN TAU APAKAH OMONG BESAR ANDA SESUAI DENGAN NYALI ANDA. ATAU PENGECUT SEPERTI GURU ANDA.

  17. admin hiw macem si jefrie tukang fitnah macam banci itu buat apa dipamerkan fotonya. orang macem jefrie tunggu aja hukuman dari ALLAH SWT. ditantang gelut jeng aing oge percuma. kan dia pengecut dan banci. otak widjojo juga agak2 miring. yah neng widjojo hahahaha. gak senang yak admin widjojo. silahka maunya apa? saya tnggu jawabannya maunya apa hehehehe.

  18. hey bujang koreng kawe 16 tolong ya kalau bikin nikname yang beda.itu punya sayaa.. Kamu scara tidak langsung menjelek2kan nikname saya .. Apakah kang dicky ada mencontohkan menjelek2kn orang

  19. ocagn, woi otak udang, rejeki kang DICKY bukan ADMIN HIW yang ngatur, kang gak nyari duit dari HI justru HI yang menjadi guru untuk mensejhahterakan umat, mulut ELO tuh poerlu di kumur pake deterjen bung ocagn, lagian terapi di HI gratis kok gak perlu bayar, makanya datang ke tempat terapi HI liat dengan mata kepala elo yang dungu itu ๐Ÿ™‚

  20. WOIadmin hiw kenapa komentar saya nggak kamu tampilkan. dasar admin hiw pengecut hahahahahahaha, sudah jelas ada bukti terpampang jelas rekaman dan somasi di bilang HI gak ada bukti, dasar otak udang maneh admin hiw jefrie jeprut orang stress hahahahahaahahahaa

    1. Kang,…ana juga boleh dibilang pro KD,saran ana buatlah tulisan yang lebih enak dikit gitu…
      hati2lah harum tidaknya,besar tidaknya HI secara nama sedikit banyak dipengaruhi oleh para anggotanya atau para simpatisannya, termasuk cara mereka mengcounter “serangan2” dari luar…. maaf hanya ngingetin aja ya kang…

    2. Komentar saya di Ruqyah Watch ga pernah di approve tuh. Tapi ID2 pemalsuan org2 yg kontra HI yang hanya dimuat. Cara2 PENGECUT. Seharusnya anda ngaca dulu.

    3. @PEMANTAU ADMIN HIW DI CIANJUR. Coba mana rekamannya? dan coba tampilkan bukti surat ANTI REKOMENDASI MUI ke HIW!! Ada? Kalau tidak ada berarti cuma omong kosong.

      Jawaban SOMASI isinya bukan menjawab tapi mengalihkan ke topik lain. Mana jawaban point2 yang di kritisi di jawaban somasi? Apa di jawaban somasi ada pembahasan “Yunus ditelan Abanes/Adam masih hidup/ dan lain2”?. Itu sudah jelas mau menghindar perhatian dari pokok persoalan. Masyarakat bukan orang yg bodoh, mau mengalihkan perhatian?

  21. Apanya yang menolong orang, justru admin hiw itu cuma pintar ngomong aja, kang duit tau dari mana anggota hi tergelincir, justru iman anak anggota HI kuat, gak seperti admin yang suka memfitnah dan dengki serta hasut, justru umat lebih tahu mana yang tukang fitnah dan yang tidak suka memfitnah, di sodorkan bukti otentik rekaman pertemuan hi dengan ketua mui cinajur malah bilang itu rekayasa, dan jelas surat rekomendasi dikeluarkan karena paksaan admin hiw sehingga mui cianjur salah mengeluarkan surat itu biar “jempling” kata ketua mui cianjur, kasihan sekali!!!!!

    1. Silakan ditunjukkan bukti rekamannya.

      Jawaban somasi dari HI โ€”yang tidak digubris oleh HIWโ€” sudah kami muat di https://hikmatulimanwatch.org/2013/07/14/surat-konfirmasi-hikmatul-iman/.

      Surat konfirmasi bernada gugatan dari HI โ€”yang tidak dianggap dan tidak dijawab MUI Cianjurโ€” sudah kami muat di https://hikmatulimanwatch.org/2013/07/28/gugatan-dicky-zainal-arifin-guru-utama-hikmatul-iman-terhadap-surat-rekomendasi-mui-kabupaten-cianjur/.

      Keimanan murid HI terhadap Kang Dicky memang kuat.

  22. Alangkah berbahagianya orang-orang yang menolong orang lain dari kecelakaan. Contoh, tim HIW yang telah menolong saudara-saudara kita yang tergelincir dalam perangkap pemikiran si dicky. Semoga semakin banyak saudara kita yang tertolong. Dan, semoga ummat waspada terhadap tipudaya si dicky

  23. anda tuh manusia yang paling bodoh yang pernah saya jumpai tatkala menjadi admin, mana otak cerdas kamu wahai admin manusia beleguk tolol aja, hanya bisa tukang fitnah disodorkan bukti nyata malah menolak, kurang suka kometar saya, cari aing euy di cianjur, hati-hati maneh euy admin hiw hahahahahahahah

      1. Kalau tidak salah katanya bentuk tubuh manusia bisa mencerminkan karakter,cobalah perhatikan kedua nya yang satu posisi kepala nya biasa yang satu lagi menengadah agak terangkat dagu…..mungkinkah bisa dijabarkan satu berkarakter biasa satu lagi keukeuh,angkuh……mudah mudahan ini hanya teori ilmu psikologi…..

  24. MANA KATANYA DEMOKRATIS SEMUA TULISAN HARUSNYA DITAMPILKA. CONTOH TUH KD YG GAK PERNAH BLOK SIAPA PUN LAIN KAYAK ANDA, YANG TINGKAT KECERDASANNYA KAYAK ANAK SD SUKA NGAMBEK XIXIXIXIXXIXIXIXX

    1. Coba tanya kenapa Dicky, pujaan dan panutan Anda, tidak berani bertemu langsung dengan admin HIW dan mendiskusikan paham-pahamnya di Kantor MUI Jawa Barat. Padahal, salah satu muridnya sempat menjanjikan pertemuan itu. Padahal, dia terus menerus curhat mengajak tabayun.

  25. kan ente terus yang memaksa mui cianjur bikin surat rekomendasi dan ente sudah disomasi kok gak ada jawaban, kenapa ente diam aja mas bro admin, takut yah??? kasihan,kasihan,kasihan

  26. saya dah liat langsung dialog kd dan ketu mui cianjur, hehehehe, dah jelas banget dalam pernyataan ketua MUI cianjur surat yg dikeluarkan MUI CIANJUR ILEGAL karena dipaksakan oleh ADmiN HIW, biar jempling dan MUI cianjur gak dipaksa-paksa terus
    heheheheheh ๐Ÿ˜€ jujur dong kena dampratnya kok gak diceritain ๐Ÿ™‚ hihihihihihihih

    1. Hahahaha… ๐Ÿ™‚ Silakan Anda berpendapat begitu, bukan urusan kami.

      Kami menyarankan Anda dan siapa pun (baik pro atau anti HIW) untuk bertanya langsung ke Kantor MUI Cianjur di Jalan Imun Sulaeman No. 21 Cianjur 43211, telpon: (0263) 265703, atau email: muicianjur@gmail.com.

      Terserah pembaca apakah mau mengambil informasi dari dicky sebagai pihak yang dipermasalahkan atau langsung dari MUI yang mengeluarkan pernyataan.

  27. hehehehe admin hiw cerita dong kenapa waktu ke pesantren al-ikhlas didamprat karena memaksa menanda tangani pernyataan HI sesat, jangan suka berbohong yah admin HIW, kasihan,kasihan,kasihan, mau bukti KD ketemu MUI cianjur datanglah bersilahturahmi ke Kd takut yah admin, pastinya takut Ente admin kan ente duluan yang bikin fitnah hahahahahahahaha

    1. Silakan tanya langsung pada murid HI Arif Budiman (https://www.facebook.com/profile.php?id=100000897862479&ref=ts&fref=ts) yang ketemu langsung admin HIW di Al-Ikhlas, markas Jamaah Tabligh. Dialah yang sempat menjanjikan akan mempertemukan HIW dengan KD di Kantor MUI Jabar.

      Kami persilakan Anda untuk menunjukkan bukti bahwa admin HIW didamprat oleh Jamaah Tabligh.

      KD memang ketemu Ketua Umum MUI Cianjur, kami sudah tunjukkan fotonya. Yang kami permasalahkan adalah pernyataan bohongnya tentang dukungan MUI Cianjur terhadap paham-pahamnya.

      Kami tidak perlu bukti dari KD. Ingat, kami punya akses langsung ke MUI Cianjur. Informasi langsung dari MUI Cianjur tentu lebih kuat daripada info dari KD.

      Jika Anda ingin bukti, silakan tanya langsung ke Kantor MUI Cianjur di Jalan Imun Sulaeman No. 21 Cianjur 43211, telpon: (0263) 265703, atau email: muicianjur@gmail.com.

  28. oo, jadi maksud si dicky HIW gitu yg memecah belah umat??

    Mungkin maksud si dicky : HIW memecah belah sumber pendapatan finansialnya karena makin banyak ummat yg sadar berkat pencerahan yg konsisten disampaikan HIW sehingga terapi-nya tidak laku

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s