HIW Menjawab Tuduhan Para Pembela Dicky Zainal Arifin: Ghibah


Para pecinta mati Dicky Zainal Arifin dan Lembaga Seni Bela Diri Hikmatul Iman (LSBD HI), mati kutu menghadapi argumen dan fakta yang dibawa oleh Hikmatul Iman Watch (HIW). Tidak ada jawaban lain selain hinaan, tuduhan-tuduhan tak berdasar, atau koar-koar menantang sampai mati. Terhadap fakta dan argumen HIW, mereka hanya bisa menyatakan bahwa HIW hanya tukang fitnah dan tukang ghibah.

Inilah salah satu dalil yang digunakan Dicky, pemimpin sekte aneh Islam versi Lemuria.

Facebook Kang Dicky - Memelas sebagai korban prasangka.
Facebook Kang Dicky – Memelas sebagai korban prasangka.

Benarkah tuduhan bodoh itu? Rangkaian tulisan ini akan menjawab tuduhan tidak penting mereka.

Definisi Ghibah

Apakah mereka yang mati-matian membela Dicky Zainal Arifin tahu apa yang dimaksud dengan ghibah? Jika kita melihat hadits nabi, ghibah adalah membicarakan kekurangan atau aib seseorang yang tidak dia sukai dan dia tidak ingin aib tersebut tersebar luas.

ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ

Ghibah adalah membicarakan saudaramu dalam perkara yg tidak ia sukai

HR. Muslim No.4690

Pertanyaan kami adalah:

Jika ini semua adalah aib, kenapa ini semua disampaikan secara terbuka –walaupun disamarkan dalam bentuk novel? Ataukah Anda –para pengikut sekte Dicky– hanya bermaksud ingin menyembunyikan paham-paham ini dari muka umum?

Pembahasan Para Ulama Tentang Ghibah

Berikut adalah dua dalil yang digunakan sandaran oleh para pendukung Dicky Zainal Arifin. Tentu saja, mereka tidak mengungkap secara mendalam syarah (penjelasan) para ulama mengenainya.

Al-Hujurat: 12

Al-Hujurat: 12

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Al-Hujurat: 12)

Dalam tafsirnya, ketika membahas ayat ini Ibnu Katsir juga membahas tentang ghibah.

والغيبة محرمة بالإجماع، ولا يستثنى من ذلك إلا من رجحت مصلحته، كما في الجرح والتعديل والنصيحة

Ghibah haram secara umum berdasarkan ijma kecuali ada kemaslahatan lebih besar, misalnya dalam perkara jarh, ta’dil, dan nasihat.

Sumber: http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMadhNo=1&tTafsirNo=7&tSoraNo=49&tAyahNo=12&tDisplay=yes&Page=3&Size=1&LanguageId=1

Jarh adalah penilaian kecacatan dalam hadits. Ta’dil adalah penilaian baik dalam hadits.

HR. Muslim No.4690

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَتَدْرُونَ مَا الْغِيبَةُ قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ قِيلَ أَفَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ فِي أَخِي مَا أَقُولُ قَالَ إِنْ كَانَ فِيهِ مَا تَقُولُ فَقَدْ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيهِ فَقَدْ بَهَتَّهُ

Tahukah kamu, apakah ghibah itu?

Para sahabat menjawab; ‘Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.’

Kemudian Rasulullah bersabda: ‘Ghibah adalah membicarakan saudaramu dalam perkara yg tidak ia sukai.’

Seseorang bertanya; “Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan?”

Rasulullah berkata: ‘Apabila benar apa yg kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya.’ [HR. Muslim No.4690].

Allah swt menyamakan ghibah dengan memakan daging bangkai manusia. Oleh karena itu, telah sepakat para ulama bahwa ghibah adalah sebuah dosa besar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلا تَجَسَّسُوا وَلا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah sebagian kalian menggunjingkan (ghibah) sebagian yang lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujuuraat: 12)

Namun, kita juga tahu bahwa hukum memakan daging bangkai bisa berubah jadi diperbolehkan ketika dalam kondisi darurat. Begitu pula dengan ghibah. Ghibah bisa jadi diperbolehkan dalam kondisi dan tujuan tertentu. Dalam kitab Al-Adzkar, Imam Nawawi merinci bahwa secara asal hukum ghibah itu diharamkan, namun ada beberapa jenis ghibah yang diperbolehkan.

Kitab Al-Adzkar, Bab Penjelasan Ghibah yang Diperbolehkan, Imam Nawawi As-Syafi'iy.
Kitab Al-Adzkar, Bab Penjelasan Ghibah yang Diperbolehkan, Imam Nawawi As-Syafi’iy.

اعلم أنَّ الغيبةَ وإن كانت محرّمة فإنها تُباح في أحوال للمصلحة، والمُجوِّزُ لهَا غرض صحيح شرعي لا يمكن الوصولُ إليه إلا بها، وهو أحد ستة أسباب‏:

Ketahuilah bahwa ghibah meski pada asalnya diharamkan, sesungguhnya boleh pada kasus-kasus untuk mewujudkan kemaslahatan, dan kebolehan ini harus dilandasi tujuan yang benar dan syar’i yang tidak mungkin dicapai kecuali dengan mengghibah. Diantaranya dalam enam sebab-sebab berikut ini:

Sumber: http://irfanabunaveed.wordpress.com/2013/01/14/penjelasan-al-allamah-al-imam-al-nawawi-tentang-perincian-ghibah-part-i/

Silakan baca bab rincian ghibah secara lengkap di blog Irfan Abu Naveed atau langsung baca kitabnya.

Salah satu ghibah yang diperbolehkan adalah dalam rangka mengungkap perkara yang bisa merusak agama. Bagi yang masih memiliki akal sehat akan bisa menilai bahwa paham-paham yang disebarkan Dicky ini jelas bertentangan dengan ajaran agama Islam sebagaimana telah diungkapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur.

Masih Mau Mengaku Sebagai Korban Ghibah?

Bagi para pendukung Dicky Zainal Arifin yang masih tetap memelas dan meminta dikasihani sebagai korban ghibah, kami anjurkan Anda untuk mengkaji lebih mendalam paham Dicky ke ulama atau MUI terdekat. Sejauh ini, tidak pernah ada satu pun ulama yang menyatakan kami telah berghibah karena mengungkapkan paham Dicky yang aneh ini.

Iklan

25 thoughts on “HIW Menjawab Tuduhan Para Pembela Dicky Zainal Arifin: Ghibah”

  1. Yang di maksud AGAMA itu apa sih ? kalau menurut SYEKH DICKY aturan gawe manusia !!! trus kalau ISLAM itu agama lama atau agama baru ???? #mohon pencerahan

  2. PERBEDAAN PENDAPAT ADALAH RAHMAT … ini yah dalil HADITS nya ???? tapi berbeda PENDAPAT dan berbeda SEJARAH lain JUGA loh !!!! intinya SYEKH DICKY itu kan ingin membenar kan SEJARAH islam .. sebaiknya di SOSIALISASIKAN di hadapan UMAT islam di seluruh DUNIA !!! (agar tidak ada kudeta HATI) !!!!! anak HI ada yg tahu HAARP (high frequency active auroral research program) ????? (harus nya sih tahu kan ILMIAH) !!!! #Salam pencerahan

  3. boleh ateuh beda dalil/pendapat mah ,tapi ngak usah berantem juga kali,bukannya Muslim teh Rahmatan Lil Alamin,gara2 KAng Dicky punya teori..yang ngak sama sama teori qta trus di hujat,yang harus qta yakin mah….agama yang terakhir sekarang agama Islam dengan RAsulnya Muhammad,tp teuteup weh banyak yang yakin sama agama terdahulu,ya namanya panggilan hati kali ya,wallohu Alam…,

  4. ikhwan s @ iya saya setujuh sm saran nya tapi kalau ketemu kira kira SYEKH DICKY punya DALIL nya ngga ??? karena ini masuk dalam bidang RELIGI bukan SAINS (menurut saya) tapi kalau ini bidang SAINS silahkan buktikan DALILnya #mohon di cerah kan secara ILMIAH

  5. ia tunggu saja sirah nabawiyah versi kang dicky mudah2han jadi di buat. Tapi jangan terlalu berharap ya karna ___menurut kontroversi hati aku_ ini rawan labil ekonomi yeaaah basicly kita taulah open mind kang dicky out of boks kudeta kemakmuran .pasti bacycle di pertimbangkan dahulu balance oleh kang dicky …

  6. Untung om iwan delsu gk SAKTI klo sakti kan takut juga di sumpahin .. secara kita gk punya ilmu ANTI SUPATA #mohon di cerah kan secara ILMIAH

  7. AMA MONYET ADMIN HIW MAH MENDINGAN KETAWA AJA DAH, CAPEK LADENIN ORANG GILA DAN STRESS HAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHHA, TAKUT ADMIN ????? HAHAHHAHAHAHAHAH OTAK PERLU DISERVICE YAH MACAM ADMIN HIW INI,CARI DEH PSIKOLOG CUMA NGOMONG DISINI GAK ADA MANFAATNYA 🙂 HAHAHHAHAHAHAHAHAHAH

    1. bismillahir rahmannir rahim, assalamu alaikum saudaraku seiman, setelah sy membaca blog ini kenapa yang ada hanya saling memperlihatkan egoisme diri masing-masing, sedih saya elihat sesama muslim seperti ini, sedangkan masih banyak masalah umat muslim yang terjadi disekitar kita yang mungkin tidak menjadi fokus perhatian, seperti di syiriah, mesir, irak dan palestina dll, termasuk di negara kita, kenapa di blog ini yang dibahas masalah yang menurut admin hiw sebagai kesesatan?, saran saya, untuk masaah ini sebenarya cukup sederhana, sebaiknya admin hiw dan pak dicky yang menurut admin hiw mengajarkan ajaran sesat bertemu dan saing dialog secara pribadi tanpa membawa pendukung masing-masing, sampaikan didialog antara admin hiw dan si dicky yang menjadi pokok masalah oleh admin hiw, jika memang admin hiw merasa apa yang di sampaikan si pak dicky ini sesat sampaikan didialog tersebut, serta berdoalah kepada ALLAH SWT minta diberi petunjuk soal ini, nabi Muhammad SAW aja jika ada masalah selalu mohon petunjuk kepada ALLAH SWT serta bersilahturahmi dengan orang yang sedang bermasalah dengan beliau, sedang kan disini saya lihat admin hiw selalu disampaikan di blg ini serta beranggapan ini bukan ghibah dan sesuaidengan syariat, alangkah elok jika admin hiw dan si bapak dicku saling bertemu muka tanpa bawa pendukung masing-masing serta didokumentasikan pertemuan ini sebagai bukti, karenanya jauhkan hati masing-masing terhadap merasa diri benar, sehingga tidak ada lagi masalah tantangan kepada diri admin blog hiw ini seperti yang admin hiw tulis, saya yakin ini muncul karena kekesalan atas apa yang ada di blog ini sehingga menimbulkan kemarahan, dan jika terjadi misalkan admin hiw dan orang yang menantang admin hiw terjadi pertarung siapa yang diuntungkan mungkin salah satu akan mati gak menyelesaikan masalah, tolong gunakan hati nurani yang jauh dari bisikan setan yang senang membuat sesama umat islam saling gontok-gontokan, semoga admin hiw dan si pak dicky bisa bertemu secara pribadi tanpa membawa penduung masing-masing, saya yakin admin hiw tau tempat dicky atau minimal no hp dicky untuk janjian bertemu ditempat netral dan tanpa ada yang mengikuti pendukung masing-masing, dan saya yakin juga admin hiw orang yang berpendidikan tinggi akan senang silahturahmi dan berdialog dengan dicky untuk mencari jalankeluar atas masalah ini, dansaya yakinpula si pak dicky juga sebaliknya, semoga saran saya ini dibaca dengan hati yang bersih dan selalu beristighfar agar jauh dari bisikan iblis laknatullah alaih, amiin ya Robalallamin!!!

  8. Masa sih kita termasuk alien ? ALIEN jenis apa ? trus hebatnya ALIEN apa sih ? maaf loh ya kita share aja di sini (tentunya dengan DALIL loh baik religi ataupun SAINS) !!!! oh iya kalau huruf LEMURIAN termasuk bahasa ALIEN yah ? #mohon di cerah kan secara ILMIAH

  9. Udah bisa NGIMPLENG sampai mana mas ??? yakin banget BENAR ??? patokan DALIL nya apa ??? kalau akhirat ke IMPLENG belum mas ? Ada alien gk mas di AKHIRAT ??? #Mohon di cerah kan secara ILMIAH

    1. Pak Iwan Delsu, Anda menyebut Admin HIW menggonggong seperti anjing, dilahirkan dari induk yang juga suka menggonggong, ibunya mungkin tukang zinah. Apakah itu sebuah ucapan yang baik?

      Apa Anda yakin Anda sendiri tidak sedang mengghibah, menghasut, atau memfitnah?

      Iwan Delsu, murid Hikmatul Iman pembela setia Dicky Zainal Arifin. Bekerja sebagai kameramen MNCTV. Sumber: Facebook.

  10. http://www.youtube.com/watch?v=qwT4cIz9Xow LIHATLah ini,dari pada hati kalian sibuk berdengki dan hasut dan membahas yang tidak ada ujungnya, dan merasa benar sendiri sebaiknya mulut mu yang seperti anjing yang mengong-gong itu serta berhati seperti manusia berhati iblis, gunakan enrgi kalian hai admin hiw untuk menghasilkan karya nyata untuk kaum muslim jangan seperti anjing-anjing yang ada di admin hiw ini!!! nauzubillah min zalik semoga admin hiw kembali ke sisi ALLAH SWT dengan hina dina!!!!

  11. lihat saja nanti diakhirat di hari penghisaban .. Siapa yang benar dan salah
    tapi di duniapun sudah bisa dirasakan.biasanya hatinya tidak akan tenang jika berbuat aniaya pada saudaranya sendiri(saudara se iman) .
    Ingat di akhirat masih ada proses .proses penghisaban
    semoga selalu ingat batas antara mengkritisi dan menjelek-jelekkan

    1. setuju sekali, admin hiw yang seperti disini dirinya merasa dia yang terbaik dan tidak ada saah dan dosa dengan menampilkan dalil-dalil yang membenarkan pendapat mereka, semoga admin HIW di panggil ALLAH SWT dengan penuh hina dina, aamiinn!!!!

  12. Intinya kalau memang apa yang di AJAR kan syekh DICKY sesuatu yang BENAR (ADHAMA,KHIRED,ABHANES,HAMADZ,BHALAMIN) seharusnya di AJAR kan ke semua UMAT manusia di DUNIA (khususnya yang beragama ISLAM) !!!! apakah untuk BENAR harus mengikuti PERNAFASAN ala HIKMATUL IMAN ???? #mohon di cerah kan secara ILMIAH

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s