Menghitung Lompatan Luar Biasa Kang Dicky


Penggunaan Tenaga Dalam diklaim Hikmatul Iman memungkinkan seseorang untuk melompat melebihi rekor atlet kelas dunia.

Fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah :

….

Untuk meringankan tubuh. Anda mungkin tidak akan percaya bahwa seorang ahli tenaga dalam dapat berlari jauh lebih cepat daripada sprinter juara dunia atau melompat melebihi rekor dunia yang ada.

Sumber: Tenaga Dalam

Satu-satunya bukti yang bisa mereka berikan adalah foto lompatan luar biasa Guru Utama mereka, Kang Dicky. Dalam foto di bawah, dikatakan bahwa tinggi lompatan itu kurang lebih 3-5 meter.

Lompatan KD di foto ini diklaim HI setinggi 3-5 meter.

Benarkah lompatan ini mencapai 3-5 meter? Dalam artikel ini, Tim HIW akan mencoba menghitungnya.


Metode Perhitungan

Untuk menghindari kesalahpahaman pembaca dan memperoleh hasil perhitungan yang ilmiah, kami akan membahas cara perhitungan yang kami lakukan. Untuk perhitungan ini, kami menggunakan software editor online gambar online pixlr. Melalui software kami akan membandingkan foto lompatan dengan foto referensi yang mendekati. Kami tidak akan mengklaim bahwa metode ini 100% akurat. Tapi, kami yakin ini hasilnya masih terbilang masuk akal.

Proses editing di Pixlr.com

Menghitung Tinggi Lompatan

Untuk menghitung tinggi lompatan, pertama-tama kita harus membuat perkiraan tinggi Kang Dicky. Dari Google Image, kami memperoleh foto Kang Dicky sedang berdiri bersama rekan-rekannya. Sangat sesuai untuk perhitungan kita. Dari foto ini terlihat bahwa tinggi Kang Dicky hampir sama dengan rata-rata peserta lain.

Foto Kang Dicky dan rekan-rekannya

Dari Wikipedia, kita bisa memperoleh bahwa standar tinggi rata-rata orang Indonesia adalah 1,580 m. Agar perhitungan ini lebih adil, kami buat Kang Dicky lebih tinggi dari standar dengan mengasumsikan 1,7 m. Faktanya, Kang Dicky terhitung pendek dan tidak mungkin setinggi ini. Kami memang pernah melihat Kang Dicky secara langsung.

Diasumsikan tinggi Kang Dicky 1,7 m

Selanjutnya, kami ambil gambar Kang Dicky dalam posisi berdiri dan menyimpannya ke dalam foto lompatan. Dengan membandingkan terhadap tinggi Kang Dicky (1,7 m), kita peroleh bahwa tinggi batu adalah 55% dari tinggi Kang Dicky, yaitu 0,9 m.

Menghitung tinggi batu

Dengan membandingkan tinggi Kang Dicky (1,7 m), kita bisa menghitung bahwa tinggi lompatannya waktu itu adalah 2,04 m. Hasil perhitungan ini sangat jauh jika dibandingkan dengan klaim awal HI, yaitu 3 sampai 5 meter.

Tinggi lompatan Kang Dicky sekitar 2 m lebih

Membandingkan Akurasi Perhitungan dengan Lompat Batu di Nias

Mungkin Anda masih meragukan metode perhitungan ini karena hanya mengandalkan gambar saja. Wajar saja karena perspektif foto –yaitu posisi foto diambil– memang bisa mempengaruhi hasil perhitungan. Itu sebabnya kami menambahkan tinggi Kang Dicky hingga 10 cm di atas rata-rata tinggi orang Indonesia, walaupun kami tahu bahwa sesungguhnya beliau terbilang pendek. Kami juga tidak ingin mengklaim bahwa metode perhitungan ini sangat akurat.

Oleh karena itu, kami coba untuk membuat perhitungan dengan metode yang sama untuk Lompat Batu di Nias. Dari Google Image, kami memperoleh foto Lompat Batu yang serupa dengan foto lompatan Kang Dicky, sama-sama diambil dari depan.

Lompat Batu di Nias

Pertama, kita hitung tinggi Kang Dicky ketika melompat. Dengan membandingkan Kang Dicky berdiri dan Kang Dicky melompat, kita peroleh bahwa tinggi dalam posisi melompat adalah 0,986 m.

Menghitung tinggi Kang Dicky dalam posisi melompat

Dari asumsi bahwa tinggi ketika melompat adalah 0,986 m, kita bisa memperoleh bahwa tinggi lompatan adalah 2,5 m.

Tinggi lompatan sekitar 2,5 m

Dari artikelartikel yang kami temukan, tinggi batu itu kurang dari 2 m. Di bawah Anda bisa melihat bahwa batu itu sedikit lebih tinggi dari penduduk Nias. Angka 2,5 meter yang kami peroleh walaupun tidak mungkin akurat, tapi masih terbilang masuk akal.

Perbandingan tinggi batu dan orang

One of the famous tourism in this area is Lompat Batu Pulau Nias or Stone jumping or Fahombo is one of particular initiation from Nias. Stone jumping or Fahombo is the tradition carried out by a man wearing traditional clothes Nias, and jump over a stone monument-like building (the pyramid) with the upper surface flat. The height was less than 2 (two) meters with a width of 90 centimeters (cm) long and 60 cm.

Sumber: Stone Jumping Nias

Perlu diperhatikan bahwa dalam Lompat Batu di Nias, si pelompat menggunakan batu titian ketika melompat. Anda bisa melihatnya dalam video di bawah. Apakah Kang Dicky ketika melompat pun menggunakan batu titian? Tidak ada informasi pasti tentang ini.

Rekor Dunia Lompat Tinggi

Dibandingkan dengan rekor dunia lompat jauh, baik lompatan Kang Dicky maupun Lompat Batu (dengan batu titian) masih terbilang rendah.Javier Sotomayor dari Kuba adalah pemegang rekor lompat dunia saat dengan tinggi 2,45 meter yang dibuatnya di tahun 1993.

Lompat jauh di Olimpiade

Menghitung Klaim HI Bahwa Tinggi Lompatan KD 3 Meter

Hikmatul Iman mengklaim bahwa tinggi lompatan itu sekitar 3-5 meter. Angka ini sebetulnya sangat meragukan karena perbedaannya (range = 2 meter) terlalu tinggi. Jika kita asumsikan bahwa tinggi lompatan itu adalah 3 meter (tinggi minimal) maka akan kita temukan bahwa tinggi Kang Dicky dalam posisi melompat –dari kepala hingga pinggang– adalah 1,56 m. Sungguh angka yang mustahil karena berarti tinggi KD harus lebih dari 3 m.

Jika tinggi lompatan 3 m maka tinggi Kang Dicky dari kepala hingga pinggang adalah 1,56 m.

Penutup

Dari perhitungan kami, lompatan Kang Dicky memang sangat tinggi, lebih dari 2 m. Kami mengapresiasi kemampuan ini dan kami akui bahwa kami pun belum tentu sanggup melakukannya. Namun, ini tidak cukup untuk dijadikan bukti klaim kehebatan Tenaga Dalam yang dikatakan mampu melampaui rekor dunia (2,45 m). Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa Kang Dicky melompat dengan bantuan batu titian seperti Lompat Batu di Nias.

Kemungkinan terburuk adalah Kang Dicky lompat dari atas batu dan kemudian diklaim sebagai melompati batu tersebut. Jika ya, tentunya ini menjadi pembohongan terhadap publik. Kita cukup berbaik saja dan anggap bahwa ini mustahil dilakukan Kang Dicky.

Klaim bahwa Tenaga Dalam bisa meningkatkan kemampuan fisik seseorang hingga melebihi atlet kelas dunia masih meragukan dan perlu pembuktian yang lebih valid.

Iklan

14 thoughts on “Menghitung Lompatan Luar Biasa Kang Dicky”

  1. Sehebat apapun kemampuan kang dicky, tetap tidak sehebat apa yang ada di dalam pikiran para muridnya. Yg paling berbahaya adalah ketika para anggota HI berbicara masalah agama tapi tanpa merujuk kepada pnjelasan para ulama. Maka mereka jadi sesat dan menyesatkan.

  2. KD ini terlalu banyak klaimnya. seperti halnya brain aktivator, teknologi air (ternyata masih pake listrik PLN), TD 2.5% (satuan tenaga itu %) dll

    apakah perlu ditelanjangi satu persatu, sudahlah minta maaf saja sama masyarakat umum atas segala penipuan yang dilakukan sebelum ajal tiba.

  3. klu saya bukan yg pro dan kontra, saya cuma mengamati. Hal2 seperti itu jangan lah jd perdebatan, biarlah menjadi dokumentasi kelopoknya. Coba lihat waktu dedy cowbueze menyetir dengan tutup mata, berjalan di atas kolam renang di ancol, dll. Banyak orang menilai pakai jin atau apalah. Biarkan semua itu menjadi hiburan masing2. Jangan di perdebatkan, contoh ahmadiah yg jelas2 islam masih beda nabinya, Tp masih ada akatifitasnya. Habis denger tausyah, naik motor aja tidak pakai helm dan jalannya slap-slip membahayakan orang lain. Intinya sabar diri, sadar diri, menghimbau boleh tp jangan memaksa.

    1. Nice comment agan iyus

      btw HI ini apa ya??
      perguruan silat??

      sepertinya gurunya orang hebat..

      tapi komentar-komentar di sini membuat tertawa geli…

  4. Simple…klo diliat dr latar belakang di belakang batu tampaknya ruang untuk ancang2 begitu sempit. Hal ini akan mengakibatkan sulit untuk melompat lebih tinggi. Sebagaimana diketahui untuk melompat tinggi memerlukan kecepatan serta kekuatan otot, v^2=v0^2+2as, utk mencapai v tinggi perlu a (percepatan, fungsi otot : kaki, dada, jantung) dan s (jarak, m) yg tinggi. Sulit rasanya membayangkan KD berlari begitu cepat di tanah berbatu tajam utk akselerasi, sulit pula membayangkan beliau landing di tanah berbatu jika membayangkan ilmu fisika tentang momentum, kaki beliau tidak akan sanggup menahan beban tubuhnya. Kemungkinanya adalah beliau melompat dari batu.

  5. apa perlu semua dipublikasikan??\
    untuk apa??untuk menunjukan kehebatan diri??
    buat siapa??buat HI atau yang lain??
    kalo mau lihat KD demo saran ane buat mas widojo ikut dong HI secara benar..jangan cuma sampai dasar 4
    tapi terus
    pasti suatu saat anda akan lihat KD demo
    lagian dalam bidang apapun yang namanya master jarang tuh mau demo
    teman sy yang benar-benar kaya hidupnya sangat sederhana
    biasa orang kalo masih setengah pasti banyak maunya
    maksudnya setengah kaya,setengah sakti, setengah tenar

  6. jd inget samo hung? sy membyangkan isi perut samo hung kepala dan daging ba**,
    Samo hung jg bs loncat setinggi itu tapi menggunakan kawat baja dan katrol saat syuting pilem hongkong
    kalau benar KD bs lompat spt itu lagi mana rekaman foto dan videonya yg terbaru?
    Krn KD dan pelatih senior HI kemana mana seringkali selalu membawa kamera foto/video utk membuat rekaman dokumentasi kegiatan dan peristiwa sehari2

    mungkin sekarg KD jd paranoid kalau kegiatanya didokumentasikan dg kamera foto/video???

    1. Kang Saepudin,menurut ana bukan disini tempatnya jika tulisan anda penuh nuansa sinisme dan kebencian yang spertinya begitu dalam ( apa mungkin anda kalah bersaing dengan anak HI dalam hal memperebutkan wanita? Hingga seperti ini? Maaf.. )
      Ana rasa latihan apapun atau mungkin bentuknya demo dan unjuk kebolehan tidak musti harus di dokumentasikan ke pihak luar seperti anda, dan lagi ada kepentingan apa? Juga apa urugensinya? Biasanya untuk kasus2 tertentu, sebagian besar guru-guru utama tidak mungkin unjuk kebolehan hanya untuk publicity murahan seperti yang anda minta. Terima kasih.

  7. Gak lah… ente2 ini benar2 tidak tahu-menahu, karena tidak melihat langsung… bisanya hanya “memfonis…” Dalam kondisi fisik sekarang meskipun gendut KD masih lincah & gesit melakukan jurus2 silat yg sangat sulit… (jd inget Samo Hung… hehe…) gw sendiri melihat langsung, ketika KD mengajarkan salah satu jurus dalam 1 kali lompatan beliau melakukan 3 kali gerakan tendangan di udara ke berbagai arah sebelum kakiknya mendarat mulus di tanah… dan itu masih blm menggunakan TD… gw sendiri kesulitan & tdk bisa meniru jurus tsb padahal fisik saya jauh lebih kecil dr KD… apalagi ente2 semua… XD

  8. foto lompatan KD dia atas batu itu sdh lamaaaa sekali…..
    Rekaman/dokumentasi foto atau video yg terbaru tdk ada
    kyknya KD skrg sdh terlalu gendut dn buncit, saat melatih murid HI hnya suaranya sj yg lantang tdk bs loncat spt itu lagi

      1. Gak lah… ente2 ini benar2 tidak tahu-menahu, karena tidak melihat langsung… bisanya hanya “memfonis…” Dalam kondisi fisik sekarang meskipun gendut KD masih lincah & gesit melakukan jurus2 silat yg sangat sulit… (jd inget Samo Hung… hehe…) gw sendiri melihat langsung, ketika KD mengajarkan salah satu jurus dalam 1 kali lompatan beliau melakukan 3 kali gerakan tendangan di udara ke berbagai arah sebelum kakiknya mendarat mulus di tanah… dan itu masih blm menggunakan TD… gw sendiri kesulitan & tdk bisa meniru jurus tsb padahal fisik saya jauh lebih kecil dr KD… apalagi ente2 semua… XD

Tulis komentar balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s